IMPLEMENTASI DAN PELATIHAN PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI COVID-19

Rizka Albar, Muhammad Bayu Wibawa, Niza Aulia, Fajar Mubaraq, Gusti Faulan

Abstract


Pandemi COVID-19 secara global telah banyak mendorong perubahan diberbagai sektor, termasuk dalam kehidupan masyarakat yang mengalami banyak perubahan dengan menerapkan social and physical distancing, Social and physicaldistancing berdampak pada dunia pendidikan. Selama pandemi Covid-19 secara global ini merobah metode pembelajaran dari tatap muka menjadi metode pembelajaran secara Jarak jauh (Daring). Untuk mengurangi dampak dari penyebaran Corona Virus Disease(COVID-19) ini maka sebagai alternatif, pemerintah Indonesia memutuskan agar semua kegiatan belajar dan mengajar dilaksanakan secara jarak jauh (Daring). Oleh sebab itu Guru dan siswa diharuskan berinovasi dan juga beradapatasi dengan metode pembelajaran secara jarak jauh (Daring). Halini sesuai dengan surat edaran Nomor 4 Tahun 2020  dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. yaitu tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Pada sisilain pembelajaran jarak jauh (daring) merupakan suatu keharusan bagi para guru, anak didik dan orang tua. Namun pada kenyataanya sebagian besar guru, anak didik dan orang tua di sekolah dasar hingga menengah belum menguasai pembelajaran jarak jauh (daring) ini. Pelatihan ini bertujuan untuk melatih para guru, anak didik dan orang tua untuk menggunakan  aplikasi berbasis media online untuk pembuatan, pengelolaan materi, dan evaluasi pembelajaran jarak jauh serta mempersiapakan para guru, anak didik dan orang tua untuk menuju era revolusi pendidikan 4.0.

 

Kata Kunci: Covid-19, Pembelajaran Jarak Jauh (Daring), Revolusi pendidikan 4.0, Media Pembelajaran Online.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.