OPTIMALISASI E-PAYMENT BAGI PELAKU UMKM
Abstract
Perkembangan teknologi kini berkembang semakin signifikan khususnya pada sektor perdagangan. Di Indonesia e-commerce telah berkembang sangat pesat, bahkan secara beberapa tahun belakangan ini e-commece telah mengalahkan pasar tradisional. Hal ini mempengaruhi proses pembayaran pada pengguna e-commerce. Semakin berkermbang pesatnya e-commerce tersebut menuntut optimalisasi e-payment sebagai solusi pembayaran yang baru. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan tentang e-payment bagi pelaku UMKM. Penelitian ini melibatkan 10 konsumen yang melakukan traksaksi pembayaran pada UMKM Emping Melinjau (Kerupuk Mulieng) Â dan 2 pemilik UMKM Emping Melinjau (Kerupuk Mulieng) serta karyawan yang membantu proses produksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa optimalisasi digital payment mampu memberikan kemudahan pembayaran bagi pihak pelanggan dan kemudahaan pembukuan transaksi bagi penjual.
Kata Kunci: E-Payment dan UMKM
Technological developments are currently increasingly significant, especially in the trade sector. In Indonesia, e-commerce has developed very quickly, in fact, in recent years, e-commerce has outperformed traditional markets. This affects the payment process for e-commerce users. The increasingly rapid development of e-commerce demands the optimization of digital payments as a new payment solution. This activity aims to provide understanding and skills about E-Payment for MSMEs actors. This research involved 20 consumers who made payment transactions at Emping Melinjau MSME (Mulieng Crackers) and 3 Emping Melinjau MSMEs owners (Mulieng Crackers) as well as employees who assisted in the production process. The results of this study indicate that optimizing digital payments is able to provide easy payment for customers and easy transaction bookkeeping for sellers.
Keywords: E-Payment and MSMEs.
Full Text:
PDFReferences
(https://smesco.go.id/ di akses pada desember 2022).
Murdjito. G. (2012), Metode Pengabdian Masyarakat. Disampaikan pada Pelatihan Metodologi Pengabdian kepada Masyarakat.
Nugraha, D. (n.d.). 4 Jenis Digital Payment Yang Populer di Indonesia. https://www.paper.id/blog/bisnis/digital-payment-indonesia.
Rumondang, A., Sudirman, A., Effendy, F., Simarmata, J., & Agustin, T. (2019).
Wardani, A. P. Y. K., & Darmawan, N. A. S. (2020). Peran Financial Technology pada UMKM: Peningkatan Literasi Keuangan Berbasis Payment Gateway. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 10(2), 170. https://doi.org/10.23887/jiah.v10i2.25947
Yuliarisa, Y., Yandari, A. D., Wiraraja, U., & Wiraraja, U. (2022). Mikro Di Kabupaten Sumenep (Studi Kasus Usaha Mikro Pengguna Fintech Payment Shopeepay Dan Ovo). 12(1), 63–71.
Refbacks
- There are currently no refbacks.