PEMBUATAN ANIMASI PROSES TERBENTUKNYA PELANGI DENGAN MENGGUNAKAN BLENDER DI DESA MATA IE
Abstract
masyarakat luas dan siswa di sekolah. Banyak cara agar para peserta didik dapat mandiri dalam belajar, salah satunya
adalah cara penyampaian materi dengan animasi. Animasi merupakan salah satu bentuk visual bergerak yang dapat
dimanfaatkan untuk menjelaskan materi pelajaran yang sulit disampaikan secara konvensional. Pembelajaran proses
terbentuknya pelangi merupakan salah satu materi tentang pembiasan cahaya dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
bagi siswa kelas V (lima) semester 2 (dua) di Sekolah Dasar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menjadikan
animasi proses terbentuknya pelangi sebagai media pembelajaran kepada siswa. Animasi ini dibuat dengan
menggunakan software Blender. Hasil perancangan animasi proses terbentuknya pelangi berupa penjelasan dasar
mengenai proses pembiasan sinar matahari yang diuraikan dan dipantulkan oleh tetesan-tetesan air hujan yang
dikemas dalam sebuah animasi 3D. Metode pengujian animasi proses terbentuknya pelangi yaitu menggunakan
motode TAM (Technology Acceptance Model). Berdasarkan data kuisioner diperoleh hasil bahwa animasi proses
terbentuknya pelangi mampu memberikan manfaat kepada siswa-siswi. Hal ini dibuktikan dengan tingginya nilai-nilai
positif pada penilaian kuisioner.
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta:PT.
Raja Grafindo Persada.
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Binanto, I. 2010. Multimedia Digital - Dasar Teori
Dan Pengembangannya. Yogyakarta: CV
Andi Offset.
Haryanto. 2012. Sains untuk SD Kelas V. Jakarta:
Erlangga.
Madcoms. 2013. Adobe Flash CS3 Professional.
Yogyakarta: CV Andi Offset.
Mulyono, S. Dan Agus, S. 2013. Kumpulan Software
Pilihan Paling Dicari. Jakarta Selatan:
Media Kita.
Naseer, M. Dan Hasemadi, G. 2013. Sistem
Multimedia. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Nurhakim, S. 2014. Buku Pintar Dunia Alam
Semesta. Jakarta Timur: Bestari.
Permana, D. 2012. Sejarah, pengertian, dan
kegunaan dari Blender. http://dmaz091292.
blogspot.com. Tanggal akses 02 November
Purnama, Bambang Eka. 2013. Konsep Dasar
Multimedia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan
(Pendekatan Kuatintatif, Kualitatif dan
R&D). Bandung: Alfabeta.
Wibisono, D. 2013. Panduan Menyusun Skripsi,
Tesis, dan Desertasi. Yogyakarta:CV
Andi Offset.
Refbacks
- There are currently no refbacks.