PEMBUATAN ANIMASI PROSES TERBENTUKNYA PELANGI DENGAN MENGGUNAKAN BLENDER DI DESA MATA IE

Wildayani MAIVANA, IRADATUL HASANAH

Abstract


Perkembangan teknologi berbasis multimedia semakin berkembang seiring dengan kebutuhan pembelajaran pada
masyarakat luas dan siswa di sekolah. Banyak cara agar para peserta didik dapat mandiri dalam belajar, salah satunya
adalah cara penyampaian materi dengan animasi. Animasi merupakan salah satu bentuk visual bergerak yang dapat
dimanfaatkan untuk menjelaskan materi pelajaran yang sulit disampaikan secara konvensional. Pembelajaran proses
terbentuknya pelangi merupakan salah satu materi tentang pembiasan cahaya dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
bagi siswa kelas V (lima) semester 2 (dua) di Sekolah Dasar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menjadikan
animasi proses terbentuknya pelangi sebagai media pembelajaran kepada siswa. Animasi ini dibuat dengan
menggunakan software Blender. Hasil perancangan animasi proses terbentuknya pelangi berupa penjelasan dasar
mengenai proses pembiasan sinar matahari yang diuraikan dan dipantulkan oleh tetesan-tetesan air hujan yang
dikemas dalam sebuah animasi 3D. Metode pengujian animasi proses terbentuknya pelangi yaitu menggunakan
motode TAM (Technology Acceptance Model). Berdasarkan data kuisioner diperoleh hasil bahwa animasi proses
terbentuknya pelangi mampu memberikan manfaat kepada siswa-siswi. Hal ini dibuktikan dengan tingginya nilai-nilai
positif pada penilaian kuisioner.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta:PT.

Raja Grafindo Persada.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu

Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Binanto, I. 2010. Multimedia Digital - Dasar Teori

Dan Pengembangannya. Yogyakarta: CV

Andi Offset.

Haryanto. 2012. Sains untuk SD Kelas V. Jakarta:

Erlangga.

Madcoms. 2013. Adobe Flash CS3 Professional.

Yogyakarta: CV Andi Offset.

Mulyono, S. Dan Agus, S. 2013. Kumpulan Software

Pilihan Paling Dicari. Jakarta Selatan:

Media Kita.

Naseer, M. Dan Hasemadi, G. 2013. Sistem

Multimedia. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Nurhakim, S. 2014. Buku Pintar Dunia Alam

Semesta. Jakarta Timur: Bestari.

Permana, D. 2012. Sejarah, pengertian, dan

kegunaan dari Blender. http://dmaz091292.

blogspot.com. Tanggal akses 02 November

Purnama, Bambang Eka. 2013. Konsep Dasar

Multimedia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan

(Pendekatan Kuatintatif, Kualitatif dan

R&D). Bandung: Alfabeta.

Wibisono, D. 2013. Panduan Menyusun Skripsi,

Tesis, dan Desertasi. Yogyakarta:CV

Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.