PENGEMBANGAN JIWA ENTERPRENEURSHIP DI KALANGAN GENERASI MUDA PADA SMK NEGERI 3 BANDA ACEH

Putra Ilhamsyah, Herawati Herawati, Rafni Fajriati

Abstract


Perkembangan  ekonomi  kreatif  tidak  dapat  terlepas  dari  generasi  muda  sebagai  “gudang†kreativitas.  Semakin  banyak  anak  muda  yang  berkecimpung  di  dunia  wirausaha, semakin  banyak  pula  produktifitas  yang  dihasilkan  sehingga  berdampak  pula  pada  meningkatnya  perkembangan  ekonomi  nasional. Kewirausahaan adalah praktek kerja yang bertumpu atas konsep dan teori, bukan intuisi. Mengingat dunia ketenagakerjaan yang belum menjamin ketersediaan lapangan pekerjaan yang memadai bagi siswa khususnya saat usai menyelesaikan masa studi. Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan atau edukasi untuk menumbuhkan kesadaran akan kewirausahaan dan menanamkan semangat wirausaha dan jiwa yang tangguh, kompetitif, kreatif serta inovatif. Metode pelaksanaan pengabdian ini secara garis besar menggunakan konsep sosialisasi. Solusi terbaik yang diambil adalah buat target dan tujuan masa depan, cepat melihat peluang, mempelajari kisah sukses orang lain, rutin melakukan inovasi, kreatif, dan fokus pada tujuan dengan mengadakan seminar terkait dengan pembahasan Pengembangan Jiwa Enterpreneurship dikalangan generasi muda melalui kegiatan pembekalan.

Kata Kunci : Enterpreneurship, Pengembangan Jiwa, Generasi Muda

The development of the creative economy cannot be separated from the younger generation as a "storehouse" of creativity. The more young people who are involved in the world of entrepreneurship, the more productivity is generated so that it also has an impact on increasing the development of the national economy. Entrepreneurship is a work practice that is based on concepts and theory, not intuition. Given the world of employment that has not guaranteed the availability of adequate jobs for students, especially after completing the study period. This Community Service aims to provide knowledge or education to raise awareness of entrepreneurship and instill an entrepreneurial spirit and spirit that is tough, competitive, creative and innovative. The method of implementing this service in outline uses the concept of socialization. The best solution taken is to set future targets and goals, quickly see opportunities, learn other people's success stories, routinely innovate, be creative, and focus on goals by holding seminars related to the discussion of Entrepreneurship Spirit Development among the younger generation through debriefing activities.

Keywords : Entrepreneurship, Spirit Development, Young Generation

Full Text:

PDF

References


E. Suwarni, (2014). “Pertumbuhan Ekonomi, Kemiskinan Dan Kesejahteraan,†in Prosiding Seminar Nasional Riset Inovatif, vol. 2, p. 107,

E. Suwarni, K. Sedyastuti, and A. H. Mirza, (2019). “Peluang dan Hambatan Pengembangan Usaha Mikro pada Era Ekonomi Digital,†Ikraith Ekon., vol. 2, no. 2, pp. 29-34,

Fadianti, (2011). Pengelolaan Usaha Boga (Catering Management). Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.