Bimbingan Teknis Siswa SMA dalam Pemanfaatan Aplikasi Pembelajaran Digital untuk Meningkatkan Prestasi Akademik

Putri Serianti, Herawati Herawati, M. Bayu Wibawa, Kurnia Rahmayanti, Armia Armia

Abstract


Kemajuan teknologi digital telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk dalam proses pembelajaran di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Salah satu inovasi yang berkembang adalah penggunaan aplikasi pembelajaran digital yang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi belajar siswa. Namun, masih banyak siswa yang belum mampu memanfaatkan aplikasi pembelajaran digital secara optimal. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan bimbingan teknis kepada siswa SMA dalam memahami dan menggunakan aplikasi pembelajaran digital guna meningkatkan prestasi akademik mereka. Kegiatan ini dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu sosialisasi, pelatihan penggunaan aplikasi seperti Google Classroom, Quizizz, dan Ruangguru, serta pendampingan dalam penerapannya di kegiatan belajar sehari-hari. Evaluasi dilakukan untuk mengukur efektivitas program bimbingan teknis ini terhadap peningkatan keterampilan siswa dalam menggunakan aplikasi serta dampaknya terhadap prestasi akademik. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan siswa dalam menggunakan aplikasi pembelajaran digital. Selain itu, siswa yang mengikuti program ini menunjukkan peningkatan motivasi belajar serta hasil akademik yang lebih baik dibandingkan sebelumnya. Oleh karena itu, bimbingan teknis ini dapat menjadi solusi yang efektif dalam mendukung transformasi pendidikan berbasis digital dan peningkatan kualitas pembelajaran.

Kata Kunci: Bimbingan teknis, aplikasi pembelajaran digital, prestasi akademik, siswa SMA

 


Full Text:

PDF

References


Budiman, A., & Setiawan, H. (2021). Implementasi Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa SMA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 5(2), 120-135.

Nugroho, R., & Lestari, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pendidikan: Studi Kasus pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(1), 98-112.

Sari, M., & Wijayanti, A. (2019). Efektivitas Aplikasi Pembelajaran Digital terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(3), 87-102.

Prasetyo, B., & Rahmawati, T. (2022). Digital Learning Transformation: Implementasi dan Tantangan di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Digital, 6(1), 45-60.

Dewi, L. N., & Suryani, W. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Pemanfaatan Aplikasi Pembelajaran Digital oleh Siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 8(2), 110-125.

Susanto, H., & Wibowo, F. (2020). Pengaruh Penggunaan E-Learning terhadap Peningkatan Prestasi Akademik Siswa SMA. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 5(4), 78-92.

Handayani, T., & Purnomo, A. (2021). Penerapan Teknologi Digital dalam Pembelajaran di Era Industri 4.0. Jurnal Transformasi Pendidikan, 9(1), 34-50.

Kusuma, R. & Wijaya, B. (2020). Inovasi Pembelajaran Berbasis Digital dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 5(3), 65-80.

Putri, A. D., & Santoso, H. (2022). Peran Aplikasi Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Berbasis Teknologi, 10(2), 150-170.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.