Peningkatan Kapasitas Guru Dengan Optimalisasi Teknologi Digital

Ayu Helinda, M Bayu Wibawa, Mirza Purnanda, M Sayuti M Sayuti

Abstract


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah membawa perubahan signifikan dalam sektor pendidikan, yang menggeser metode pembelajaran dari konvensional menuju interaktif dan inovatif. Dalam konteks ini, peningkatan kapasitas guru menjadi sangat penting agar mereka dapat memanfaatkan teknologi digital secara efektif dalam proses pengajaran. Meskipun terdapat banyak platform dan aplikasi edukasi, banyak guru masih menghadapi tantangan dalam menggunakan alat-alat tersebut, dipengaruhi oleh keterbatasan pengetahuan, keterampilan, dan akses terhadap sumber daya teknologi. Oleh karena itu, diperlukan strategi pelatihan yang sistematis untuk mengembangkan keterampilan guru dalam mengintegrasikan teknologi dalam kurikulum dan metode pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi metode dan strategi peningkatan kapasitas guru melalui optimalisasi teknologi digital. Hasil dari penelitian diharapkan dapat memberikan rekomendasi bagi pengembangan profesionalisme guru dan kontribusi positif terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia..

Kata KunciTeknologi Digital, Aplikasi Pembelajaran Digital, Kapasitas Guru

 


Full Text:

PDF

References


Budiman, A., & Setiawan, H. (2021). Implementasi Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa SMA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 5(2), 120-135.

Nugroho, R., & Lestari, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pendidikan: Studi Kasus pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(1), 98-112.

Sari, M., & Wijayanti, A. (2019). Efektivitas Aplikasi Pembelajaran Digital terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(3), 87-102.

Prasetyo, B., & Rahmawati, T. (2022). Digital Learning Transformation: Implementasi dan Tantangan di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Digital, 6(1), 45-60.

Dewi, L. N., & Suryani, W. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Pemanfaatan Aplikasi Pembelajaran Digital oleh Siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 8(2), 110-

Susanto, H., & Wibowo, F. (2020). Pengaruh Penggunaan E-Learning terhadap Peningkatan Prestasi Akademik Siswa SMA. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 5(4), 78-92.

Handayani, T., & Purnomo, A. (2021). Penerapan Teknologi Digital dalam Pembelajaran di Era Industri 4.0. Jurnal Transformasi Pendidikan, 9(1), 34-50.

Kusuma, R. & Wijaya, B. (2020). Inovasi Pembelajaran Berbasis Digital dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 5(3), 65-80.

Putri, A. D., & Santoso, H. (2022). Peran Aplikasi Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Berbasis Teknologi, 10(2), 150-170.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.