PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MEDIA SOSIAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL PADA SMK NEGERI 8 MEDAN

Beni Arbi Batubara, Herawati Herawati

Abstract


AbstrakTujuan utama kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap media sosial dalam proses pembelajaran di era digital. Pengabdian ini dilakukan karena beberapa permasalahan yang banyak dihadapi khususnya para orang tua siswa dikarenakan kurangnya pengawasan orang tua terhadap siswa dalam penggunaan media sosial di era digital. Kondisi demikian merupakan dampak sistematis akibat kurangnya pengawasan orang tua terhadap siswa karena perkembangan media sosial di era digital saat ini. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metode dengan sistem jemput bola (peserta dikumpulkan dalam suatu ruangan aula yang kemudian dilanjutkan dengan focus group discussion). Lama pelaksanaan kegiatan kurang lebih 1 jam yang dimulai dari tahap persiapan, pelaksanaan sampai proses evaluasi dengan melibatkan peserta (siswa) lebih kurang 90 orang. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa setelah diberikan diseminasi, para siswa memiliki banyak pengetahuan dan pelajaran mengenai pentingnya pemahaman kesadaran dalam penggunaan media sosial sebagai media dan sarana pembelajaran siswa di era digital. Kata kuci: Pemahaman, Media Sosial, Era digital

Full Text:

PDF

References


Boyd, D., & Ellison, N. B. (2008). Social network sites: Definition, history, and scholarship. Journal of Computer-Mediated Communication, 13(1), 210-230.

Hew, K. F., & Cheung, W. S. (2014). The use of Web 2.0 technologies in K-12 and higher education: The search for evidence-based practices. Educational Research Review, 12, 40-57.

Junco, R., Heiberger, G., & Loken, E. (2011). The effect of Twitter on college student engagement and academic performance. Journal of Computer Assisted Learning, 27(2), 119-132.

Kirschner, P. A., & Karpinski, A. C. (2010). Facebook® and academic performance. Computers in Human Behavior, 26(6), 1237-1245.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.