PENINGKATAN KUALITAS RUANG PUBLIK BERBASIS PARTISIPASI MASYARAKAT DI DESA TIBANG KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH

Azriel Zaini, Donny Arief Sumarto, Popi Mercuri

Abstract


Ruang publik desa memegang peran penting dalam mendukung interaksi sosial, kegiatan komunitas,
dan penguatan identitas lokal. Namun, banyak ruang publik di desa-desa mengalami penurunan kualitas
akibat kurangnya keterlibatan masyarakat dalam perencanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk
mengevaluasi potensi partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kualitas ruang publik di Desa Tibang,
Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh. Dengan menggunakan metode kualitatif melalui observasi
lapangan, wawancara dengan tokoh masyarakat, dan forum diskusi kelompok (FGD), ditemukan bahwa
partisipasi aktif warga mampu meningkatkan relevansi fungsi ruang dengan kebutuhan lokal, serta
memperkuat rasa memiliki terhadap ruang tersebut. Penelitian ini menyarankan pentingnya pendekatan
desain partisipatif yang adaptif terhadap konteks sosial dan budaya lokal.
Kata Kunci: ruang publik, partisipasi masyarakat, desain partisipatif, Desa Tibang,
pemberdayaan lokal


Full Text:

PDF

References


Arnstein, S. R. (1969). A Ladder of Citizen

Participation. Journal of the American

Institute of Planners, 35(4), 216–224.

Sanoff, H. (2000). Community

Participation Methods in Design and

Planning. New York: John Wiley & Sons.

Yatmo, Y. A. (2005). Peran Arsitek dalam

Proyek-Proyek Berbasis Masyarakat.

Dimensi Interior, 3(1), 1–7.

Carmona, M., Heath, T., Oc, T., & Tiesdell,

S. (2003). Public Places, Urban Spaces:

The Dimensions of Urban Design. Oxford:

Architectural Press.

Trancik, R. (1986). Finding Lost Space:

Theories of Urban Design. New York: Van

Nostrand Reinhold.

Madanipour, A. (1999). Why are the design

and development of public spaces

significant for cities? Environment and

Planning B: Planning and Design, 26(6),

–891.

Gehl, J. (2011). Life Between Buildings:

Using Public Space. Washington, DC:

Island Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.