PENGENALAN ARSITEKTUR MELALUI PROSES PEMBELAJARAN ANAK DI SEKOLAH DASAR

Donny Arief Sumarto, Rinal Hardian, Ella Andini Lidia

Abstract


Pengenalan arsitektur sejak dini memiliki peran penting dalam perkembangan kognitif dan kreativitas
anak. Sekolah Dasar (SD) sebagai lembaga pendidikan formal memiliki potensi untuk menjadi wadah
efektif dalam mengenalkan konsep-konsep dasar arsitektur kepada siswa. Artikel ini bertujuan untuk
mengeksplorasi bagaimana proses pembelajaran di SD dapat diintegrasikan dengan pengenalan
arsitektur, serta manfaatnya bagi perkembangan anak. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif,
penelitian ini menganalisis berbagai metode yang dapat diterapkan dalam mengenalkan arsitektur
kepada siswa SD, seperti penggunaan model bangunan, kunjungan ke situs arsitektur, dan proyek desain
sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi arsitektur dalam pembelajaran dapat
meningkatkan pemahaman siswa tentang ruang, bentuk, dan fungsi, serta mengembangkan
keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Selain itu, pengenalan arsitektur juga dapat menumbuhkan rasa
cinta terhadap lingkungan dan budaya sekitar. Dengan demikian, pengenalan arsitektur melalui proses
pembelajaran di SD tidak hanya memperkaya wawasan siswa, tetapi juga membekali mereka dengan
keterampilan yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Rekomendasi dari penelitian ini adalah
perlunya integrasi kurikulum arsitektur dalam pembelajaran di SD, serta pelatihan bagi guru untuk
mengimplementasikan metode-metode tersebut secara efektif.
Kata Kunci: Pengenalan Arsitektur, Pembelajaran Anak, Sekolah Dasar, Kreativitas,
Pendidikan Lingkungan


Full Text:

PDF

References


Muhammad Zaki. (2024). Mengenalkan

Arsitektur Kepada Anak: Menyemai

Kreativitas dan Pemahaman Ruang Sejak Dini.

Tri Suci Hidayati, Tri Yuni Iswati, Leny

Pramesti Pramesti. (2023). Penerapan Psikologi

Arsitektur pada Fasilitas Pendidikan Anak Usia

Dini dan Sekolah Dasar di Kota Surakarta.

Arsitektura: Jurnal Ilmiah Arsitektur dan

Lingkungan Binaan. Diakses dari

jurnal.uns.ac.id

Ratriana Said Bunawardi, Andi Ola

Wikramiwardana, Suci Qadriana Ramadhani,

Antarissubhi Said. (2022). Penerapan Konsep

Arsitektur Ramah Anak pada Desain

Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif.

Jurnal Linears. Diakses dari

journal.unismuh.ac.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.