PENGENALAN ARSITEKTUR MELALUI PROSES PEMBELAJARAN ANAK DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Pengenalan arsitektur sejak dini memiliki peran penting dalam perkembangan kognitif dan kreativitas
anak. Sekolah Dasar (SD) sebagai lembaga pendidikan formal memiliki potensi untuk menjadi wadah
efektif dalam mengenalkan konsep-konsep dasar arsitektur kepada siswa. Artikel ini bertujuan untuk
mengeksplorasi bagaimana proses pembelajaran di SD dapat diintegrasikan dengan pengenalan
arsitektur, serta manfaatnya bagi perkembangan anak. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif,
penelitian ini menganalisis berbagai metode yang dapat diterapkan dalam mengenalkan arsitektur
kepada siswa SD, seperti penggunaan model bangunan, kunjungan ke situs arsitektur, dan proyek desain
sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi arsitektur dalam pembelajaran dapat
meningkatkan pemahaman siswa tentang ruang, bentuk, dan fungsi, serta mengembangkan
keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Selain itu, pengenalan arsitektur juga dapat menumbuhkan rasa
cinta terhadap lingkungan dan budaya sekitar. Dengan demikian, pengenalan arsitektur melalui proses
pembelajaran di SD tidak hanya memperkaya wawasan siswa, tetapi juga membekali mereka dengan
keterampilan yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Rekomendasi dari penelitian ini adalah
perlunya integrasi kurikulum arsitektur dalam pembelajaran di SD, serta pelatihan bagi guru untuk
mengimplementasikan metode-metode tersebut secara efektif.
Kata Kunci: Pengenalan Arsitektur, Pembelajaran Anak, Sekolah Dasar, Kreativitas,
Pendidikan Lingkungan
Full Text:
PDFReferences
Muhammad Zaki. (2024). Mengenalkan
Arsitektur Kepada Anak: Menyemai
Kreativitas dan Pemahaman Ruang Sejak Dini.
Tri Suci Hidayati, Tri Yuni Iswati, Leny
Pramesti Pramesti. (2023). Penerapan Psikologi
Arsitektur pada Fasilitas Pendidikan Anak Usia
Dini dan Sekolah Dasar di Kota Surakarta.
Arsitektura: Jurnal Ilmiah Arsitektur dan
Lingkungan Binaan. Diakses dari
jurnal.uns.ac.id
Ratriana Said Bunawardi, Andi Ola
Wikramiwardana, Suci Qadriana Ramadhani,
Antarissubhi Said. (2022). Penerapan Konsep
Arsitektur Ramah Anak pada Desain
Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif.
Jurnal Linears. Diakses dari
journal.unismuh.ac.id
Refbacks
- There are currently no refbacks.