PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN BENDA DALAM BAHASA JEPANG (STUDI KASUS NEXTSPACE)

Muammar Khadafi, M. Bayu Wibawa

Abstract


Pembelajaran interaktif pengenalan kata benda dalam bahasa Jepang adalah suatu bentuk media pembelajaran interaktif yang mewujudkan sistem pembelajaran menggunakan teknologi komputer. Media pembelajaran ini dapat membantu tenaga pengajar dan siswa dalam melakukan metode pembelajaran online/jarak jauh. Media pembelajaran ini dibuat semenarik mungkin untuk dapat membantu daya ingat siswa dengan menggunakan audio dan video yang menarik. Untuk menghindari metode belajar yang kurang menarik, media pembelajaran interaktif ini menyediakan game(video bermain) dengan tetap pada konteks awal yaitu mengenal kata benda dalam bahasa Jepang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu dengan melakukan observasi langsung ke tempat penelitian yaitu private class bahasa Jepang Nextspace. Studi literatur diambil dari beberapa situs internet, paper, artikel, makalah, dan mengunjungi langsung pemateri bahasa Jepang di Nextspace. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini setelah adanya media pembelajaran interaktif ini adalah kendala yang dimiliki siswa berada angka 9,1% dari sebelumnya yaitu 54,5%. Minat siswa dalam belajar berada di angka 90,9% dari sebelumnya 50%. Tingkat pemahaman siswa meningkat di angka 90,9% dari sebelumnya 40,9%, dan kualitas hasil belajar siswa meningkat di angka 90,9% dari sebelumnya 40,9%.
Kata Kunci : Jepang, Media Pembelajaran Interaktif, Game, Nextspace


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.