PELATIHAN E-COMMERCE BAGI UMKM ACEH
Abstract
ABSTRAK. UMKM merupakan salah satu usaha mikro yang memberdayakan industri rumahan atau handmade. Jumlah UMKM di Banda Aceh hanya 9.591, tahun 2018 naik jadi 10.944 dan semakin meningkat pada tahun 2019 menjadi 12.012 UMKM. Perkembangan dari tahun ke tahun disebabkan juga adanya pemanfaatan teknologi yang berkembang saat ini. E-commerce merupakan salah satu teknologi yang mendukung perkembangan UMKM dan perdagangan saat ini. E-commerce ini memberi pemanfaatan dalam peningkatan strategi pemasaran produksi. E-commerce dibangun dengan mengunakan aplikasi wordpress guna memudahkan para UMKM dalam mengelola bisnis mereka, sehingga para pelaku usaha dapat mempromosikan hasil usaha dengan mudah. Sasaran utama E-commerce ini adalah UMKM industri kerajinan tas Aceh, kopi Aceh dan masakan Aceh. Hasil dari Pengabdian Masyarakat menciptakan UMKM berbasis online sehingga pemsaran hasil produksi dapat di jangkau oleh masyarakat luar, baik itu dalam negera maupun luar negara..
Â
Kata Kunci: UMKM Aceh, e-commerce, digital marketing, bisnis online .
Refbacks
- There are currently no refbacks.