PENINGKATAN BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE HAPPY FUN DALAM ME NGEMBANGKAN SELF-CONFIDENCE

Yullyzar Yullyzar, Maha Murni, Safrina Khaira K, Fhonna Riski, Nadia Sopia

Abstract


Kemampuan berbahasa Inggris merupakan keterampilan yang penting dalam era globalisasi, namun banyak pembelajar mengalami kesulitan dalam menguasainya, terutama karena kurangnya rasa percaya diri. Metode Happy Fun dikembangkan sebagai pendekatan inovatif untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris dengan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan interaktif. Studi ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode Happy Fun dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris serta kepercayaan diri peserta didik. Partisipan dalam pengabdian kepada masyaakat (PKM) ini adalah 20 orang. PKM menggunakan metode pre-test, post-test dan observasi,. Hasil pengabdian kepada masyarakat khusus kelompok anak menunjukkan bahwa metode Happy Fun secara signifikan dapat meningkatkan keterampilan berbicara, memperkaya kosakata, serta meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri peserta didik dalam percakapan dalam bahasa Inggris. Lingkungan belajar yang mendukung, permainan edukatif, serta interaksi aktif dalam metode ini terbukti mampu mengurangi kecemasan dan meningkatkan partisipasi peserta didik. Simpulan:  Metode Happy Fun adalah salah satu alternatif yang efektif dalam pengajaran bahasa Inggris untuk membangun rasa percaya diri peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Anisa, A., Harmilawati, & Sabaruddin. (2023). Kegiatan Fun English untuk Meningkatkan Kosakata Siswa. PENDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 34–37. https://doi.org/10.47435/pendimas.v2i2.2029

Attamimi, I. F., Kamaliyah, M., Nurjanah, S., & Dewinggih, T. (2021). Meningkatkan Minat Belajar dengan Metode Fun Learning pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Kumbung. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(XXXVI), 83–94.

Hasanah, D. N., & Marmoah, S. (2023). Implementasi Program Kerja Kosa Kata Bahasa Inggris Kampus Mengajar Angkatan 5 di SD Negeri Ngombakan 02.

Hasibuan, P. (2020). Original Articel. Juornal Economic and Strategy (JES), 1(1), 1–10.

Larasaty, G., Anggrarini, N., & Efendi, N. (2022). “Fun English” sebagai Kegiatan dalam Pengajaran Bahasa Inggris untuk Anak Sekolah Dasar di Indramayu. Room of Civil Society Development, 1(2), 96–102. https://doi.org/10.59110/rcsd.v1i2.35Rais, M. R. (2022). Kepercayaan Diri (Self Confidence) Dan Perkembangannya Pada Remaja. Al-Irsyad, 12(1), 40. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i1.11935.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.