PENERAPAN DALAM MENGHADAPI MENOPAUSE PADA IBU USIA 40-45 TAHUN DI KEMUKIMAN UNOE KECAMATAN GLUMPANG BARO KABUPATEN PIDIE

Zaitun Zaitun, Desi rizkiyah, Zakia amna Nurmasyitah, Nailatul Qadrina, khairul muna

Abstract


Abstrak

Masalahnya adalah persepsi masyarakat (terutama para ibu) yang menganggap menopause sebagai masa yang menakutkan. Masih banyak orang (ibu) yang belum memahami menopause, penyebabnya, gejala dan faktor-faktor yang mempengaruhi gejala menopause. Masyarakat (ibu) enggan bertanya kepada petugas kesehatan tentang menopause dan akibatnya. Banyak orang (ibu) masih belum mengetahui bagaimana cara mencegah menopause dini, banyak orang (ibu) masih belum mengetahui bagaimana cara hidup sehat selama menopause. Kerangka masalah yang dilakukan adalah pemberian penyuluhan untuk menambah pengetahuan tentang menopause, tanda dan gejala, faktor pemicu, dan gaya hidup menopause. Memberikan penyuluhan kesehatan tentang pengaturan gaya hidup dan pola makan untuk mencegah penyakit penyerta saat menopause. Memberikan penyuluhan kesehatan tentang pola olahraga teratur selama menopause. Meningkatkan pengetahuan tentang pencegahan konsekuensi pascamenopause. Realisasi yang telah dilakukan antara lain penyuluhan kesehatan dengan ceramah tentang menopause dan berbagai penyakit yang menyertai menopause serta penyuluhan tentang gaya hidup yang harus dilakukan dalam menghadapi menopause. Hasil yang diperoleh dari kegiatan penyuluhan kesehatan ini ternyata ibu PKK sangat membutuhkan informasi yang benar dan tepat tentang menopause, karena bila ibu tidak memiliki pengetahuan yang cukup dan akan memiliki persepsi yang salah atau menganggap menopause adalah masa yang menakutkan dan akan muncul kecemasan yang mana akan mengakibatkan munculnya berbagai penyakit penyerta selama menopause. Dalam penyuluhan ini tidak hanya memberikan pengetahuan kepada ibu yang sudah memasuki masa menopause tetapi juga ibu yang akan memasuki masa menopause untuk mempersiapkan diri dengan menjaga kesehatan tubuh yang seimbang agar hidup sehat pada saat menopause.

 

Kata kunci: Pemahaman ibu tentang menopause, penyebab gejala serta cara mengatasi gejala tersebut, pemahaman ibu tentang efek menopause, memotivasi dan menyadarkan masyarakat (ibu) terhadap gaya hidup sehat dan gizi seimbang dalam mencegah menopause dini, memotivasi dan berkembang masyarakat (ibu-ibu) melalui penyuluhan kesehatan tentang gaya hidup sehat, gizi seimbang dan olah raga teratur dalam mencegah konsekuensi menopause lebih lanjut.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.