FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MUTU PELAYANAN RUMAH SAKIT BHAYANGKARA TK III TEBING TINGGI TAHUN 2021

Nurmala Sitorus, Otniel Ketaren, Asiman Sirait

Abstract


Mutu pelayanan kesehatan adalah menunjuk pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam menimbulkan rasa puas pada diri setiap pasien. Makin sempurna kepuasan tersebut makin baik pula pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antar variabel profesionalitas, efisiensi, keamanan, kepuasan pasien dan aspek sosial budaya dengan mutu dan peluang risiko dengan melihat nilai PR ( prevalence rasio) Rumah Sakit Bhayangkara TK III Tebing Tinggi Tahun 2021. Pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner Analisis data terdiri dari univariat, bivariat dengan uji Chi Square test, dan multivariat dengan uji Regresi Logistik Biner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada hubungan profesionalitas dengan mutu pelayanan  Rumah Sakit Bhayangkara TK III Tebing Tinggi dengan nilai p value 0,033 < 0,05. Ada hubungan efesiensi dengan mutu pelayanan Rumah Sakit Bhayangkara TK III Tebing Tinggi dengan nilai p value 0,026 < 0,05. Ada hubungan keamanan dengan mutu pelayanan Rumah Sakit Bhayangkara TK III Tebing Tinggi dengan nilai p value 0,05 < 0,05. Ada hubungan kepuasan dengan mutu pelayanan Rumah Sakit Bhayangkara TK III Tebing Tinggi dengan nilai p value 0,037< 0,05. Ada hubungan aspek sosial budaya dengan mutu pelayanan Rumah Sakit Bhayangkara TK III Tebing Tinggi dengan nilai p value 0,02 < 0,05. Berdasarkn Hasil analisis multivariat didapatkan bahwa variabel yang paling dominan berhubungan dengan mutu pelayanan di Rumah Sakit Bhayangkara TK III Tebing Tinggi Tahun 2021 adalah variabel aspek sosial budaya dengan nilai exp (eksponen) dari  B 4,1  Artinya ada hubungan aspek sosial budaya terhadap mutu pelayanan rumah sakit.

Kata Kunci : Profesionalitas, Efesiensi, Keamanan, Kepuasan, Aspek Sosial Budaya


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v7i2.1694

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706

Principal Contact

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License