PEMBUATAN APLIKASI AR GEOKUL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BENTUK MOLEKUL PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Zalfie Ardian, Pratiwi Eka Ariani, Raudhatun Nuzul ZA

Abstract


Abstrak - Kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib dalam kurikulum pendidikan, mempelajari Kimia ini tidak cukup dengan materi saja tetapi harus diimbangi dengan praktik, sehingga dalam proses belajar mengajar guru memerlukan sebuah media pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk lebih memahami materi pembelajaran kususnya pada materi Geometri molekul yang merupakan susunan beberapa dimensi dari atom-atom sehingga membentuk suatu molekul tertentu. Dengan permasalahan tersebut penulis memanfaatkan teknologi Augmented Reality pada smartphone android sebagai media pembelajaran yang dapat menvisualisasikan molekul dengan metode Makerless sehingga molekul tampak lebih nyata dalam bentuk tiga dimensi yang ditampilkan langsung diatas marker yang dibuat dengan menggunakan Vuforis SDK untuk memudahkan tracking pada marker sehingga menampilkan objekk 3D pada Smartphone Android, Dengan kombinasi antara materi kimia dari buku cetak dan teknologi augmented reality pada smartphone android diharapkan dapat menjadi aplikasi alternatif untuk membantu guru dalam menyampaikan materi secara lebih baik.

Kata Kunci : Kimia, Media Pembelajaran, Augmented Reality, Makerless, Vuforia


Full Text:

PDF

References


Arifianto, Teguh. (2011). Membuat Interface Aplikasi Android Lebih Keren dengan LWUIT. Yogyakarta: AndiPublisher

Clark, A and A Dunser. (2012). An Interactive Augmented Reality Coloring Book. Journal. IEEE Symposium on 3D User Interface (3DUI), pp.7-10.

Heinich, D. Russell, Molenda., dan E Smaldino. 2009. Instructional Technology and Media for Learning. New Jersey, Columbus, Ohio: Pearson Merrill Prentice Hall. Upper Saddle River.

Hermawan S, Stephanus. 2011.“Mudah Membuat Aplikasi Android”.Yogyakarta : Andi Offset.

Kitti, Sura.2010. Kimia itu Asik XI. Tangerang: Kandel Golden Baulevard

L. Madden, Augmented Reality Browsers for smartphone: Programming for JUNAIO, LAYAR and WIKITUDE, First Edition., vol.1. Wiley Publishing Inc.,2012.

Lee, K. 2012. Augmented Reality in Education and Training. Journal Techtrends Link. Res. Pr. Improve Learn, vol.56, no.2, pp.13-21. http://www2.potsdam.edu/betrusa k/566/Augmented%20Reality%20 in%20Education.pdf

F. Maulina and Z. Ardian, "ARmose: Aplikasi Pembelajaran Monumen Bersejarah Di Kota Banda Aceh Menggunakan Teknologi Augmented Reality Pada Media Buku Berbasis Android," Journal Of Informatics And Computer Science, vol. 5, no. 1, 2019.

O’Brien, James A. dan George M. Marakas. (2010). Management Information Systems. Eight Edition. New York : McGraw-Hill/Irwin.

Rizqi Hanafi, Miftah.2015. Menalisis dan Perancangan Aplikasi Geometra, Media Pembelajaran Geometri mata pelajaran matematika berbasis android. Skripsi Augmented Reality.

Satyaputra,Alfa dan Maulina,Eva. 2016. “Let’s Build Your Android Apps with Android Studio.Jakarta” : Gramedia.

Sri, Mulyani. 2017. Sistem Informasi Rumah Sakit : Analisa dan Perancangan. Bandung: Abdi Sistematika.

Sudjana, Nana. 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo




DOI: https://doi.org/10.33143/jics.Vol7.Iss2.1641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal indexed by

Google Schoolari-Journalsi-FocusPortal Garuda