PERANCANGAN GAME TEBAK KATA ISTILAH ILMU KOMPUTER BERBASIS ANDROID STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS UBUDIYAH INDONESIA

Nuzulidar Nuzulidar, Nurul Hamdi

Abstract


ABSTRAK

 

Penggunaan mobile smart phone dalam pendidikan dapat berkaitan dengan usaha peningkatan mutu pendidikan khususnya di  Universitas Ubudiyah Indonesia. Banyak istilah-istilah dalam bidang ilmu  komputer yang belum di  pahami oleh mahasiswa Universitas Ubudiyah Indonesia. Perkembangan perangkat lunak game (permainan) saat ini sudah mulai beralih kearah mobile smart phone, yang memungkinkan pengguna dapat memainkan dimana saja dan kapan saja. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi game tebak kata istilah ilmu komputer berbasis android, sebagai salah satu bentuk usaha pemanfaatan fasilitas media smart phone  kedalam media pendidikan. Metode penelitian yang digunakan merupakan  jenis  penelitian  dan  pengembangan  Research  and  Development (R&D).  Studi  kasus  di  ruang  lingkup Universitas Ubudiyah Indonesia  yang meliputi uji validasi dengan kuissioner. Perancangan Game Tebak Kata Istilah Ilmu Komputer berbasis Android menggunakan software Unity 3D, yang dapat membantu dalam pembuatan aplikasi game tebak kata. Aplikasi game tebak kata istilah ilmu komputer dapat memberikan pemahaman kepada mahasiswa dalam istilah ilmu komputer. Hasil uji validasi dengan kuissioner, 88% responden/mahasiswa menyatakan bahwa aplikasi game tebak kata istilah ilmu komputer ini sangat baik dan dapat membantu memberikan pemahaman kepada mahasiswa dalam istilah ilmu komputer.

 

Kata Kunci: Ilmu komputer, Game Tebak kata, Unity 3D, Android.


Full Text:

PDF

References


Afrian. 2014. Perancangan Aplikasi Game Asah Otak Tebak Kata Berbasis Android dengan Menggunakan Metode Linear Congruent Method (LCM), [online] Tersedia: http://pelita-informatika.com/berkas/jurnal/8.

%20Afrian.pdf.[19 November 2015].

Blackman, Sue. Beginning 3D Game Development With

Unity. New York:Apress. 2011.

Denning, Peter. Computer Science: the Discipline, In Encyclopedia of Computer Science (A. Ralston and D. Hemmendinger, Eds), 1999. [online] Tersedia: http://keingintahuankita.blogspot.co.id/2015/03/defenisi- ilmukomputer.html.[31Juli 2016].

Dharma K, Akhmad. Kolaborasi Dahsyat Android dengan PHP dan MySQL. Lokomedia: Yogyakarta.

Goldstone, Will. Unity Game Development Essentials. Packt Publishing Ltd. BIRMINGHAM-MUMBAI. 2009.

Goldstone, Will. Unity 3D Game Development

Essentials.New York: Packt Publishing. 2011.

Grady Booch, Jim Rumbaugh, danIrvan Jacobson, UML

user guide, Addison-Wesley. 1999.

Harmaini.RancangBangunSistemInformasiPendaftaran Unit KegiatanMahasiswapadaUniversitasUbudiyah Indonesia.KaryaTulisIlmiah. 2015.

H, NasruddinSafaat. PemrogramanAplikasiMobile Smartphone dan Tablet PC (EdisiRevisi) + CD. Informatika, Jakarta. 2012.

Jenuings, dan Hurd. Standardized Educational Games

Ratings : Suggested Criteria. Karya Tulis Ilmiah. 2009.

Joefakri I.S, Deny. Rancang Bangun Aplikasi Cyber Berbasis Android Terintegrasi Dengan Sistem Informasi Akademik (SIKAD) Universitas Ubudiyah Indonesia. KaryaTulisIlmiah. 2015.

Malone, T. W., &Lepper, M. R. (1987).Making Learning

Fun: A Taxonomy ofIntrinsic Motivations for Learning.

Aptitude, Learning, and InstructionVolume 3: Conative and Affective Process Analyses. [online] Tersedia: http://eprints.uny.ac.id/20794/1/MIRZA%20HIKMATY AR%2010520244033.pdf. [31 Juni 2016].

Marbun. 2010. [online] Tersedia: http://wisuda.unud.ac.id/pdf/11040509-3-BAB%202.pdf. [08 Agustus 2016].

Maseleno, Andino. 2003. Kamus Istilah Komputer dan Informatika. [online] Tersedia: http://elibrary.bsi.ac.id/ebook/Kamus_Istilah_Koputer.pd f. [31Juni 2016].

Munawar.Pemodelan Visual dengan UML.GrahaIlmu : Yogyakarta. 2005.

Puspita1, Katharina Candradan Muhammad Fairuzabadi2.2013. Rancang Bangun Aplikasi Game “Puzzle Kata” Istila hTeknik Informatika Menggunakan Macromedia Flash 8. [online] Tersedia:http://dinamika- informatika.upy.ac.id/wp- content/uploads/2013/01/RANCANG-BANGUN- APLIKASI-GAME.pdf. [06 September 2015].

Puspita, Yolanda, Imam Kuswardayan, dan Dwi Sunaryono. 2014. Rancang Bangun Perangkat Lunak Permainan Acak Kata dengan Metode Bracktracking dan Metode Stimming Portel pada Android. [online]Tersedia:http://digilib.its.ac.id/public/ITS-paper-

-5108100114-Paper.pdf. [31Juli 2016].

Rosa. A.S & M. Shalahudin.Modul Pembelajaran

Rekayasa Perangkat Lunak. Modula, Bandung. 2011.

Setiawan, Heri Hakim. Rancang Bangun Sistem Informasi dan Notifikasi Jadwal Kuliah Berbasis Android Menggunakan Web Service Restful. Karya Tulis Ilmiah. 2016.

Sibero, C. Ivan. Langkah Mudah Membuat Game 3D. Mediakom: Yogyakarta. 2009.

Suherman, E. dan Sukjaya, Y. Evaluasi Pendidikan

Matematika. Wijaya Kusumah: Bandung. 1990.

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan

R&D. Alfabeta: Bandung. 2011.

Supardi, Yuniar. Semua Bisa Menjadi Programmer

Android. Elex Media Komputindo. Jakarta. 2012.




DOI: https://doi.org/10.33143/jics.Vol5.Iss2.558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal indexed by

Google Schoolari-Journalsi-FocusPortal Garuda