PROTOTYPE WATER LEVEL TANK DENGAN DISPLAY WARNA LED DAN LCD BERBASIS ARDUINO UNO

Muhammad Faisal

Abstract


Abstrak

Aliran air PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) khususnya di Kota Banda Aceh sering tidak stabil. Besarnya

debit air yang mengalir keluar sangat sedikit antara pagi sampai sore hari tetapi sangat deras pada saat malam hari, jumlah air yang   kurang tentu dapat berdampak tidak tersedianya air yang memadai pada tangki atau bak penampungan hal ini bisa jadi disebabkan tidak memiliki waktu yang banyak dalam memonitoring persediaan air didalam tangki penampungan kemudian mengukur tingkat kedalaman air menggunakan tongkat ataupun galah panjang beserta masih kurang akuratnya penggunaan ball floater dan sinker sebagai sensor yang digunakan untuk mendeteksi ketinggian air didalam tangki dikarenakan alat tersebut secara langsung bersentuhan fisik dengan air didalam tangki yang bisa menyebabkan kedua alat tersebut mengalami kerusakan. Namun seiring dengan perkembangan teknologi elektronika kontrol yang terus berkembang pesat dapat ditemukan cara modern lainnya yaitu dengan menggunakan sensor ultrasonik yang di pasang di atas tangki. Dimana sensor tersebut mendeteksi jarak dari sensor ke permukaan air sehingga pendeteksian tidak perlu dilakukan dengan kontak fisik antara sensor dengan permukaan air dan monitoring ketinggian level air dapat dilakukan dengan memasang indikator dari varian warna lampu LED (Light Emitting Diode) dimana varian dari warna LED tersebut berfungsi sebagai monitoring tiap-tiap level air didalam tangki beserta penggunaan LCD (Liquid Cristal Display) yang akan menginformasikan status pompa air on/of dimana keseluruhan komponen tersebut nantinya akan terhubung dengan mikrokontroller arduino uno sehingga pengukuran dapat dilakukan dengan tepat dan akurat. Dimana tujuan dari dibuatnya alat tersebut untuk merancang suatu sistem yang mendeteksi ketinggian air didalam tangki dan mengontrol ketinggiannya dengan sensor ultrasonik dan membuat suatu alat kontrol otomatis untuk selalu mengisi air didalam tangki penampungan yang memiliki manfaat agar stabilitas dan distribusi air selalu terjaga dan memudahkan manusia dalam mengontrol dan memonitoring persedian air pada tangki penampungan.

 

Kata Kunci :

Air, Elektronika Kontrol, Sensor Ultrasonik, Arduino Uno, LED, LCD, Pompa Air


Full Text:

PDF

References


Alsari.Debby.2009.Rancang Alat Kontrol Level Air Otomatis Berbasis Mikrokontroler T89S51:Skripi.Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.Universitas Andalas.

Djuandi.Feri.2011.Pengenalan

Arduino.www.tobuku.com:(diakses tanggal 11

Desember 2016).

Fatwanto.Agung.Ph.D.2013.Analisis Infrastruktur Robot Line Follower Untuk Mahasiswa Difabel Di Lingkungan UIN Sunan Kalijaga:Laporan Hasil Penelitian Individu.Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Http://teknikelektronika.com/pengertian-relay- fungsi-relay/:(diakses tanggal 23 Desember

.

Https://depokinstruments.com/2016/02/23/hc-sr04- ultrasonic-sensor/: (diakses tanggal 20

Desember 2016).

K.Nugraha.Fandi.2015.Makalah Tugas Sensor Ultrasonik HC-SR04:Teknik Elektro.Universitas Hasanudin Makasar.

Putra.Laksana.Berli.2013.Sistem Monitoring Data Tinggi Permukaan Air Sungai Secara Real Time Berbasis Web Dan SMS Gateway:Skripsi.Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.Universitas Lampung.

Rocky.Muhammad.2013.Makalah Saringan Bahan Bakar:SMK Negeri Pinrang. Santoso.Hari.2015.Panduan Praktis Arduino Untuk Pemula:www.elangsakti.com (diakses tanggal 11

Desember 2016).

Satrio.Prima.Andris.2011.Rancang Bangun Sistem Peringatan Dini Banjir Berbasis Mikrokontroler AT89S52 Dengan Sensor Ultrasonik:Skripsi.Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.Universitas Andalas.

Siregar.Simon.2015.Antarmuka Pengguna dan Periferal:Program Studi D3Teknik Komputer Fakultas Ilmu Terapan, Telkom University.

Wakur.Silwanus.Jansen.2015.Alat Penyiram Tanaman Otomatis Menggunakan Arduino Uno:Teknik Elektro Politeknik Negeri Manado.

Yusro.Muhammad.Dr.2016.Modul Teori dan Praktikum Mikrokontroler Platform Arduino:Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33143/jics.Vol5.Iss2.559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal indexed by

Google Schoolari-Journalsi-FocusPortal Garuda