TINJAUAN SISTEM PENYIMPANAN REKAM MEDIS DI KLINIK PSC KOTA DOLOKSANGGUL TAHUN 2021

Notapiaman Harefa

Abstract


Klinik merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan yang menyediakan pelayanan medis dasar dan/ atau spesialistik. Klinik PSC belum memiliki Standar Prosedur Operasional (SPO) Sistem Penyimpanan Rekam Medis. Pada Klinik PSC pasien yang datang mendapatkan nomor rekam medis berbeda saat mendaftar pada poli umum dan poli gigi berdasarkan urutan pada buku register masing-masing poli, sistem penjajaran pada poli umum dan poli gigi sama. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui prosedur pelaksanaan sistem penyimpanan rekam medis dan melakukan perancangan SPO sistem penyimpanan rekam medis di Klinik PSC Kota Doloksanggul. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subyek yang digunakan peneliti yaitu ketua mutu Klinik PSC, penanggung jawab Klinik PSC, dan petugas administrasi Klinik PSC. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa rekam medis di Klinik PSC disimpan di dalam rak penyimpanan besi dengan sistem penyimpanan rekam medis sentralisasi dan menggunakan sistem family folder. Pemberian nama pasien menggunakan cara petunjuk silang. Penomoran menggunakan unit numbering system dengan penyusunan nomornya menggunakan alphanumeric numbering. Penjajaran pada Klinik PSC menerapkan metode alphanumeric. Pengambilan rekam medis belum memanfaatkan tracer sebagai alat pengganti rekam medis yang keluar. Rekam medis dikembalikan ke dalam rak penyimpanan setelah 7 (tujuh) hari disimpan di meja pendaftaran. Klinik PSC belum melakukan pemusnahan sejak tahun 2014. Menghasilkan rancangan SPO sistem penyimpanan rekam medis di Klinik PSC. Melakukan pembenaran dalam sistem penomoran, menggunakan tracer pada proses pengambilan rekam medis, melakukan pemusnahan rekam medis yang sudah melampaui waktu 2 (dua) tahun, penambahan petugas lulusan rekam medis dan informasi kesehatan dan membuat SPO kegiatan sistem penyimpanan rekam medis pada Klinik PSC.

Kata kunci: Administrasi, Klinik, Sistem Penyimpanan Rekam Medis, SPO


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Mekar Dwi dan Saryono. (2010). Metodelogi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dalam Bidang kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Kementerian Pendidikan Nasional.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan dan Prosedur Rekam Medis Rumah Sakit di Indonesia. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Direktorat Bina Upaya Kesehatan Dasar. (2015). Pedoman Penyusunan Dokumen Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan Republik Indonesia.

Hatta, Gemala (Ed). (2013). Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan di Sarana Pelayanan Kesehatan. Jakarta: UI Press.

Hidayah, Aep Nurul. (2015). Konsep Sistem Penyimpanan Rekam Medis. (online), http://aepnurulhidayat.wordpress.com/2016/04/11/konsep-sistem-penyimpanan-rekam-medis-by-aep-nurul-hidayah, diakses tanggal 5 Desember 2019.

Mathar, Irawati. (2018). Managemen Informasi Kesehatan Pengelolaan Dokumen Rekam Medis. Sleman: Deepublish.

Khoirunnisa. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Misfile di Bagian Filing Rawat Jalan Studi Kasus Di UPT Puskesmas Sibela Kota Surakarta. Doloksanggul: Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan.

Konsil Kedokteran Indonesia. (2006). Manual Rekam Medis. Jakarta

Kristina, Indah. & Hajir Indriyani. (2018). Tinjauan Penyimpanan Rekam Medis di Klinik Prodia Occupational Health Center Jakarta Selatan. MEDICORDHIF Jurnal Rekam Medis. 2. 2-9.

Mardyawati, Eka., & Akhmadi. (2016). Pelaksanaan Sistem Penyimpanan Rekam Medis Family Folder di Puskesmas Bayan Lombok Utara. Jurnal Kesehatan Vokasional. 1 (1), 27-33.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2014 tentang Klinik. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 46 tahun 2015 tentang Akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama, Tempat Praktik Mandiri Dokter, dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 269 Tahun 2008 tentang Rekam Medis. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2013 Tentang Jabatan Fungsional Perekam Medis Dan Angka Kreditnya. Jakarta : Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2012 Tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan. Jakarta: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

Pratiwi, Ine. (2017). Redesain Tracer (Outguide) Pada Penyimpanan Berkas Rekam Medis Di Rumah Sakit Panti Nugroho Sleman Yogyakarta. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Achmad Yani Yogyakarta.

Sudra, Rano Indradi. (2017). Rekam Medis (Edisi 2). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Susanto, Edy dkk. (2016). Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Doloksanggul: Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang.

Wijaya, Lily dan Deasy Rosmala Dewi. (2017). Manajemen Informasi Kesehatan III: Sistem dan Sub Sistem Pelayanan RMIK. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v7i1.1897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706

Principal Contact

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License