Perkembangan Anak Usia Prasekolah di TK Ash Shafiyah Kabupaten Bireuen

Sri Raudhati, Agustina Agustina

Abstract


Masa prasekolah disebut juga golden ages, merupakan generasi penerus bangsa yang perlu mendapat perhatian khusus sebagai masa pembentukan pondasi kepribadian yang akan menentukan pengalaman kehidupan selanjutnya. Masalah yang dihadapi anak usia dini, biasanya berkaitan dengan gangguan pada proses pertumbuhan dan  perkembangannya. Maka apabila terjadi gangguan tersebut dan tidak segera diatasi maka dikhawatirkan akan berlanjut pada fase perkembangan berikutnya di sekolah dan dapat menghambat proses perkembangan anak yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini di TK Ash Shafiyah Kabupaten Bireuen. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode deskriptif korelatif dengan menggunakan desain cross sectional study. Sampel penelitian adalah anak usia 4-6 tahun di TK Ash Shafiyah, dengan teknik pengambilan sampel adalah total sampling, yaitu sebanyak 40 anak. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner KPSP, timbangan berat badan, dan pengukur tinggi badan. Metode analisa data dilakukan dengan uji statistik chi-square. Hasil penelitian didapatkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara urutan kelahiran dan status gizi dengan perkembanagan anak di TK Ash Shafiyah Kabupaten Bireuen (p value = 0,039; p value = 0,002). Maka dengan hasil penelitian ini, penulis berharap agar pengelola pendidikan taman kanak-kanak, terus meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak-anak sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak, dan secara rutin melakukan stimulasi dan deteksi dini pertumbuhan dan perkembangan anak usia prasekolah untuk mengetahui dan menindaklanjuti jika terdapat anak yang mengalami masalah pertumbuhan dan perkembangannya.

Kata Kunci : Perkembangan, Anak, Pra Sekolah.

 

The preschool period, also called the golden age, is the next generation of the nation that needs special attention as a period of forming the personality foundation that will determine the next life experience. Problems faced by early childhood are usually related to disturbances in the process of growth and development. So if the disorder occurs and is not immediately addressed, it is feared that it will continue in the next phase of development at school and can hinder the process of optimal child development. The purpose of this study was to analyze the growth and development of early childhood in Ash Shafiyah Kindergarten, Bireuen Regency. This research is a type of quantitative research that uses a descriptive correlative method using a cross sectional study design. The research sample was children aged 4-6 years in Ash Shafiyah Kindergarten, with a total sampling technique of 40 children. The tools used in this study were the KPSP questionnaire, weight scales, and height measurement. The method of data analysis was carried out with the chi-square statistical test. The results showed that there was a significant relationship between birth order and nutritional status with child development in Ash Shafiyah Kindergarten, Bireuen Regency (p value = 0.039; p value = 0.002). So with the results of this study, the authors hope that kindergarten education managers continue to improve the quality of education for children in accordance with the developmental needs of children, and routinely stimulate and detect early growth and development of preschool-aged children to find out and follow up if there are any children with growth and development problems.

Keywords: Development, Children, Pre-School

Full Text:

PDF

References


Almatsier, S.(2010). Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Apriana, R. (2009). Hubungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Prasekolah di Kelurahan Tinjomoyo Kecamatan Banyumanik. Universitas Diponegoro Semarang.

BPS. (2019). Profil Anak Indonesia 2018. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan Anak dan Badan Pusat Statistik.

Dewi, P. P. Nyoman, N. Ribek, N, I. Sumarni, M. (2013). Hubungan Status Gizi dengan Tingkat Perkembangan Usia toddler (12-36 Bulan) di Kelurahan Sanur Wilayah Kerja Puskesmas II Denpasar Selatan. Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana.

Fuaddha, F. (2013). Hubungan Urutan Kelahiran Anak dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) di Taman Kanak-Kanak Bangunsari Pacitan. Skripsi. Retrieved from eprints.ums.ac.id

Hardibroto, I. (2002). Anak Sulung, Tengah, Bungsu, dan Tunggal. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Hidayat, A.A. (2009). Pengantar Ilmu Kesehatan Anak untuk Pendidikan Kebidanan. Jakarta : Salemba Medika. Fakultas Keperawatan Universitas Ngudi Waluyo Ungaran.

Huda (2020). Hubungan Status Gizi Dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah di PAUD Genuk Ungaran Barat

Hurlock, E. (2002). Psikologi Perkembangan suatu Pendekatan Sepanjang Rentan Kehidupan. Jakarta: Erlangga

Kemenkes RI. (2016). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembnag Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Khadijah & Armanila. (2017). Permasalahan Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing

Kusnandar, Viva Budy. (2021). Anak Balita di Jawa Barat Terbanyak Nasional. Diakses melalui: https://databoks.kata.co.id/ tanggal 06 Juni 2022

Soetjiningsih dan Ranuh, G. (2013). Tumbuh Kembang Anak Ed 2. Jakarta: EGC

Soekirman. 2013. Situational Analysis of Nutrition Problems in Indonesia: Its Policy, Programs and Prospective Development.

Suhardjo. (2003). Berbagai Cara Pendidikan Gizi. Jakarta: Buku Kedokteran. EGC

Santrock, J. W. (2007). Life Span Development: Perkembangan Masa Hidup. Jakarta :Erlangga

Supariasa. (2012). Penilaian Status Gizi. Jakarta : EGC.

Suryani, E, & Badi’ah, A. (2017). Asuhan Keperawatan Anak Sehat Berkebutuhan Khusus (2nd ed.). Jakarta : EGC: Bursa Ilmu.

Tasya, I.. (2020). Perbedaan Sibling Rivalry Ditinjau Dari Urutan Kelahiran Pada Remaja Akhir di Fakultas Psikologi Universitas Medan Area. http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/13014.

Venetsanou, F, & Kambas, A. (2010). Enviromental factors affecting preschoolers’ motor development. Early childhood Educ Journal.Vol.37




DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v8i2.2323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706

Principal Contact

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License