Analisis Kecemasan Mahasiswa Terhadap Hybrid Learning Era Pandemi Covid-19 di Aceh

Yunia Dila Rosefa, Iskandar Iskandar, Cut Oktaviyana

Abstract


Kecemasan adalah perasaan gelisah  bersifat lama pada sesuatu yang tidak jelas. Hybrid learning merupakan gabungan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online yang termediasi perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui Hubungan tingkat kecemasan mahasiswa keperawatan terhadap hybrid learning pada era pandemi Covid-19 di Universitas Abulyatama. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah Deskriptif korelasi dengan desain pendekatan cross-sectional study. Berdasarkan uji statistik hubungan tingkat kecemasan mahasiswa terhadap hybrid learning didapatkan p-value = 0,037 (P < 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan tingkat kecemasan mahasiswa terhadap Hybrid Learning pada era pandemi Covid-19 di mahasiswa Keperawatan Universitas Abulyatama.

Kata kunci : Covid-19, hybrid learning, kecemasan, persepsi.

 

Anxiety is a long-lasting restless feeling about something that is not clear. Hybrid learning is a combination of face-to-face learning and online learning mediated by Information and Communication Technology devices. The purpose of the study was to determine the relationship between nursing students' anxiety levels and hybrid learning in the Covid-19 pandemic era at Abulyatama University. The type of research in this study is descriptive correlation with a cross-sectional study design approach. Based on the statistical test of the relationship between student anxiety levels and hybrid learning, it was found that p-value = 0.037 (P < 0.05). So it can be concluded that there is a relationship between students' anxiety levels towards Hybrid Learning in the Covid-19 pandemic era at Abulyatama University Nursing students.

Keywords: Covid-19, hybrid learning, anxiety, perception.

 


Full Text:

PDF

References


Annisa, L. M., Suryani, & Mirwanti, R. (2020). Tingkat Kecemasan Mahasiswa Keperawatan dalam Menghadapi Ujian Berbasis Computer Based Test. https://www.worldometers.info/coronavirus

Dewi, E. U. (2020). Pengaruh Kecemasan Saat Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Stikes William Surabaya. Jurnal Keperawatan, 9(1), 18–23. https://doi.org/10.47560/kep.v9i1.210

Dr. Priyono, M. (2019). Metode penelitian kuantitatif.

Ilahi, A. D. W., Rachma, V., Janastri, W., & Karyani, U. (2021). The Level of Anxiety of Students during the Covid-19 Pandemic: Tingkat Kecemasan Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Proceding of Inter-Islamic University Conference on Psychology, 1(1), 1–6.

Jannati, A. E. S. (2021). Skripsi gambaran kecemasan mahasiswa dalam menjalani pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 di universitas hasanuddin kota makassar.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2021). Info covid-19. Kementrian Kesehatan Aceh. https://covid19.acehprov.go.id/

Mahardika, A. (2020). 7 Penyebab Gangguan Kecemasan Mahasiswa di Tengah Pandemi Corona.

Manurung, E., Siagian, N., Indonesia, U. A., Kolonel, J., No, M., & Barat, K. B. (2020). Hubungan Pengetahuan dengan Kecemasan Siswa SMA Swasta Terhadap Pandemi Covid-19. Nursing Inside Community, 3, 8–14.

Muyasaroh, H. (2020). Kajian Jenis Kecemasan Masyarakat Cilacap dalam menghadapi Pandemi Covid 19. LP2M UNUGHA Cilacap, 3. http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/858

Rani. (2020). Kecemasan Dapat Mengganggu Kesehatan Fisik. https://psychology.binus.ac.id/2016/10/21/kecemasan-dapat-mengganggu-kesehatan-fisik/

Resubun, C. C. (2021). Respon Terhadap Pembelajaran Blended Learning Di Era Pandemi Covid 19 Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa. Media Husada Journal Of Nursing Science, 2(3), 154–166. https://doi.org/10.33475/mhjns.v2i3.67

Rusip, B. (2020). Edukasi Olahraga di rumah saja Sebagai Upaya Memelihara Kebugaran Fisik dan Kesehatan Mental di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Implementa Husada, 1(2), 152–161.

Samsul. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Bagi Mahasiswa. Perpustakaan IAIN.

Sari, P., Aini, L. N., Putri, A. F., & Ghozali, R. A. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Metode Pembelajaran Blended Learning Dengan Aplikasi Whatsapp Group Pada Mahasiswa Insud Lamongan. MUDIR (Jurnal Manajemen Pendidikan), 2(1), 25–45.

World Health Organization. (2022). Data sebaran covid-19. Covid.Go.Id. https://covid19.go.id/




DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v8i2.2327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706

Principal Contact

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License