Coping Stress Pada Mahasiswa Menyusun Skripsi (Studi Kasus)

Melda Sofia, Kamarullah Kamarullah

Abstract


Kesulitan-kesulitan yang dialami oleh mahasiswa selama proses menyusun tugas akhir akan menjadi tekanan bagi mahasiswa sehingga bisa mengalami stress. Oleh karena itu, mahasiswa ini perlu memiliki strategi-strategi yang dapat digunakan untuk menghadapi situasi menekan setiap saat yang dapat mengakibatkan stress dengan cara melakukan coping. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasisa tingkat akhir yang menyusun skripsi. Lokasi penelitian di Medan. Metode penelitian yang digunakan menggunakan penelitian kualitatif studi kasus tunggal (single subject). Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek melakukan strategi-strategi coping, baik emotional focussed coping maupun problem focussed coping.

Kata Kunci: Mahasiswa, emotional focussed coping, problem focussed coping.

The difficulties experienced by students during the process of compiling the final project will be pressure for students so that they can experience stress. Therefore, these students need to have strategies that can be used to deal with stressful situations at any time that can lead to stress by means of coping. The subjects in this research are final year students who compose the thesis. The research location  in Medan. The research method uses  a single case study qualitative research (single subject). The results showed that the subject performed coping strategies, both emotional focused coping and problem focused coping.

Keywords: Student, emotional focussed coping, problem focussed coping.


Full Text:

PDF

References


Agista, I. (2011). Penanganan kasus stres dalam menghadapi aktivitas kuliah melalui pendekatan konseling behavioristik dengan teknik pengelolaan diri pada mahasiswa jurusan seni rupa FBS UNNES tahun ajaran 2010/2011. Skripsi. Tidakditerbitkan.

Broto, H.D.F.C (2016). Stres pada mahasiswa penulis skripsi. (studi kasus pada salah satu mahasiswa Program Stidu Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma).Skripsi. Diakses dari: https://repository.usd.ac.id/6189/2/091114024_full.pdf

Dariyo, A. (2004). Pengetahuan tentang penelitian dan motivasi belajar pada mahasiswa. Jurnal Psikologi, 2(1), 44-48.

Gunawati, R, Hartati, S, & Anita, L. (2006). Hubungan antara efektivitas komunikasi mahasiswa dosen Pembimbing utama skripsi dengan stres dalam menyusun skripsi pada mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Jurnal Psikologi, 3(2),93-115.

Herdiani, W.S. (2012). Pengaruh expressive writing pada kecemasan menyelesaikan skripsi. Jurnal ilmiah mahasiswa. 1(1), 1-19.

Intani, F.S. dan Surjaningrum, E.R. (2010), Coping Strategy pada mahasiswa salah jurusan. Jurnal Insan, 12(2). 119-127.

Itsnaini, O. (2007). Gambaran coping stress wanita penyintas usia dewasa madya pasca-gempa bumi di klaten. Skripsi. Diakses dari: http://eprints.undip.ac.id/10677/1/skripsiku(extended).pdf

Januarti, R. (2009). Hubungan antara persepsi terhadap dosen pembimbing dengan tingkat stress dalam menulis kkripsi. Skripsi. Diakses dari: http://eprints.ums.ac.id/4890/1/F100050098.pdf

Lazarus, R., & Folkman, S. (1984). Stress, appraisal, and coping. New York: Springer.

Mariana, R. (2013). Hubungan antara optimisme dengan coping stress pada mahasiswa tingkat akhir yang bekerja part time dalam menghadapi skripsi. Jurnal Psikologi. 1-2.

Mardiana, Y. dan Zelfino. (2014). Hubungan antara tingkat stres lansia dan kejadian hipertensi pada lansia di rw 01 kunciran Tangerang. Forum Ilmiah, 11(2), 261- 267.

McGowan, J. Gardner, D. & Fletcher, R. (2006). Positive nad negative affective outcomes of occupational stress. Journal of Psychology. 35(2). 92-98.

Moleong, L.J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. .Remaja Rosdakarya.

Ningrum, D.W. (2011). Hubungan antara optimisme dan coping stres pada mahasiswa ueu yang sedang menyusun skripsi. Jurnal Psikologi.9(1).1-7.

Panduan Perkuliahan. (2008). Program Studi Strata 1 (S-1) Fakultas Psikologi.Medan: Universitas Sumatera Utara.

Panjaitan, S.M. (2009). Konflik kehidupan seorang Clubber. Skripsi. Diakses dari: http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/14543/1/09E00537.pdf

Poerwandari, K. (2009). Pendekatan kualitatif untuk penelitian perilaku manusia.

Depok (UI): LPSP3.

Putri, D.K.S. & Savira, S.I. (2013). Pengalaman menyelesaikan skripsi: studi fenomenologis pada mahasiswa psikologi universitas negeri surabaya. Character. 2(2), 1-14.

Sarafino, E.P. & Smith, T.W. (2011). Health psychology biopsychosocial interactions. USA: New Jersey andUtah.

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukadiyanto. (2010). Stress dan cara menguranginya. Cakrawala Pendidikan. 29(1).55-66.

Wangit, N dan Sugiyanto. (2013). Identifikasi hambatan struktural dan kultural mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 6(2). 19-28.




DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v8i2.2434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706

Principal Contact

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License