Hubungan Sekolah PAUD dengan Perkembangan Kognitf Anak Usia Prasekolah di Desa Geulanggang Baro Kabupaten Bireuen Tahun 2022
Abstract
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat penting dilakukan sebagai upaya untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki jenjang pendidikan lebih lanjut. Usia dini merupakan usia emas (golden age) yang terjadi sekali selama kehidupan seorang manusia. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui hubungan sekolah PAUD dengan perkembangan kognitif anak prasekolah di Desa Geulanggang Baro Kabupaten Bireuen. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional, Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tehnik Acidental Sampling yaitu 60 responden. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 115 responden. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2022 di Desa Geulanggang Baro Kabupaten Bireuen. Tehnik analisis data univariat menggunakan distribusi frekuensi dan analisis bivariat menggunakan chi square. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan sekolah PAUD dengan perkembangan kognitif anak Prasekolah nilai P-Value = (0,000) < (0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Diharapkan kepada orang tua untuk lebih memperhatikan pendidikan anak pada Usia dini di sekolah yang menyediakan pendidikan untuk anak prasekolah.
Kata Kunci : Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Perkembangan Kognitif
Early Childhood Education (PAUD) is very important as an effort to help physical and spiritual growth and development so that children have readiness to enter further education levels. Early age is a golden age that occurs once during a human's life. The purpose of this study was to determine the relationship between PAUD schools and the cognitive development of preschool children in Geulanggang Baro Village, Bireuen Regency. The research design used is an analytical study with a cross sectional approach. The sampling in this study used the Acidental Sampling technique, namely 60 respondents. The population in this study were 115 respondents. This research was conducted in July 2022 in Geulanggang Baro Village, Bireuen Regency. Univariate data analysis technique using frequency distribution and bivariate analysis using chi square. The results showed that there was a relationship between PAUD schools and Cognitive Development of Preschool children with P-Value = (0.000) < (0.05) so Ho was rejected and Ha was accepted. It is hoped that parents will pay more attention to their children's education at an early age in schools that provide education for preschoolers.
Keywords : Early Childhood Education (PAUD), Cognitive Development
Full Text:
PDFReferences
Apriani. R. 2009. Hubungan pendidikan anak usia dini (PAUD) dengan perkembangan kognitif pada anak usia prasekolah di Kelurahan Tinjomoyo Kecamatan Banyuma Semarang. https://www.google.co.id. Diakses tanggal 1 Juni 2022.
Enung, F. Psikologi perkembangan : perkembangan Peserta didik. 2007. Bandung: CV Pustaka Setia.
Elizabeth, Hurlock 2009, Perkembangan Anak.Jakarta : Gelora Aksara Pratama.
Nirwana. A. B.2011. Psikologi Bayi, Balita, dan Anak. Yokyakarta. Medika. Diakses tanggal 2 Juni 2022.
Rekawati S. Asuhan Keperawatan Bayi dan Anak. salemba medika. jakarta: salemba medika; 2013.
Kemenkes RI. Profil Kesehatan Indonesia 2016. Keputusan Mentri Kesehatan. RI: Jakarta; 2017.
Pekdogan S, Akgul E. Preschool Children’s School Readiness. Int Educ Stud. 2016;10(1):144.
Rahmawati NA. Hubungan Pendidikan Anak Usia Dini dengan Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun di Desa Tawanreja, Bareng, Klaten. J Involusi Kebidanan. 2015;5(15):7.
Wulandari R, Ichsan B, Romadhon YA. Perbedaan Perkembangan Sosial Anak Usia 3-6 Tahun Dengan Pendidikan Usia Dini Dan Tanpa Pendidikan Usia Dini Di Kecamatan Peterongan Jombang. Biomedika. 2017;8(1):47–53.
Susanto. Perkembangan anak usia dini. jakarta: kencana; 2011.
Santrock. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga; 2009.
Septiani R, Widyaningsih S, Khabib M, Igomh B, Studi P, Keperawatan I, et al. Tingkat Perkembangan Anak Pra Sekolah Usia 3-5 Tahun Yang Mengikuti Dan Tidak Mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). J Keperawatan Jiwa. 2016;4(2):114–25.
Siregar. Kemampuan Tenaga pendidik dalam meningkatkan kebugaran anak usia dini. J Pendidik anak. 2011;7(1).
DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v8i2.2514
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706
Principal Contact
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License