Hubungan Pola Asuh dan Pengetahuan Ibu dengan Keberhasilan Toilet Training pada Anak PAUD KB Adil Ibara Kabupaten Aceh Jaya
Abstract
Toilet training yang tidak diajarkan sejak dini akan membuat orang tua semakin sulit untuk mengajarkan kemandirian dalam BAB dan BAK pada anak ketika anak usia 6-8 tahun. Dampaknya anak akan susah mengubah pola yang telah menjadi perilaku anak dan anak tidak dapat mandiri dalam melakukan BAB dan BAK. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan toilet training adalah pendidikan, pekerjaan, pola asuh orang tua, pengetahuan, dan lingkungan. Orang tua harus memberikan stimulasi dan kesiapan secara fisik dan psikologis maupun secara intelektual agar anak mampu mengontrol BAB dan BAK secara mandiri. Tujuan Penelitian: mengetahui hubungan pola asuh dan pengetahuan ibu dengan keberhasilan toilet training pada anak di PAUD KB Adil Ibara Aceh Jaya. Metode Penelitian: Penelitian analitik dengan desain cross sectional, total sampel 35 orang tua anak yang bersekolah di PAUD Adil Ibara. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Penelitian dilakukan akan dimulai tanggal 17 – 29 Oktober 2022. Pengumpulan data menyebarkan kuesioner melalui google formulir. Menggunakan uji chi-square dan analisa secara univariat dan bivariat. Hasil Penelitian : terdapat ada hubungan P value 0,002 pola asuh orang tua, dan ada hubungan P value 0,005 pengetahuan ibu dengan keberhasilan toilet training anak PAUD Adil Ibara. Kesimpulan: terdapat hubungan pola asuh dan pengetahuan ibu dengan keberhasilan toilet training anak PAUD Adil Ibara. Saran: Bagi ibu diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang toilet training agar anak bisa mandiri dalam hal melakukan buang air kecil dan buang air besar tanpa menggunakan diapers. Hal ini juga untuk menjaga kebersihan diri dari anak.
Kata Kunci: pola asuh, pengetahuan, dan keberhasilan toilet training
Toilet training that is not taught from an early age will make it increasingly difficult for parents to teach independence in defecation and defecation to children when children are 6-8 years old. As a result, the child will find it difficult to change the pattern that has become a child's behavior and the child cannot be independent in defecating and defecating. Factors that influence the success of toilet training are education, work, parenting, knowledge, and the environment. Parents must provide stimulation and readiness physically and psychologically as well as intellectually so that children are able to control bowel and bladder independently. Research objective: to determine the relationship between parenting style and mother's knowledge with the success of toilet training in children at PAUD KB Adil Ibara Aceh Jaya. Research Methods: An analytic study with a cross sectional design, a total sample of 35 parents of children who attend PAUD Adil Ibara. The sampling technique is total sampling. The research was conducted from 17 – 29 October2022. Data collection distributed questionnaires through google forms. Using chi-square test and univariate and bivariate analysis. Research results: there is a relationship between P value of 0.002 parenting style, and no relationship P value of 0.005 mother's knowledge with the success of toilet training for PAUD Adil Ibara children. Conclusion: there is a relationship between parenting patterns and mother's knowledge with the success of toilet training for Adil Ibara PAUD children. Suggestion: Mothers are expected to increase their knowledge about toilet training so that children can be independent in terms of urinating and defecating without using diapers. This is also to maintain personal hygiene from children.
Keywords: parenting, knowledge, and success of toilet training
Full Text:
PDFReferences
Ambarwati, F, R. 2012. Asuhan keperawatan Bayi dan Balita. Yogyakarta : Cakrawala Ilmu.
Andriyani, S., Ibrahim, K., & Wulandari, S. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang berhubungan Toilet Training pada Anak Prasekolah. Jurnal Keperawatan Padjadjaran, 2(3), 146–153. https://doi.org/10.24198/jkp.v2n3.2
Gerungan, W. A. 2014. Psikologi Sosial. Jakarta : Salemba Medika.
Hidayat, A. A. 2017. Pengantar Ilmu Keperawatan Anak. Jakarta : Salemba Medika.
Hurlock, E. B. (2017). Psikologi Perkembangan. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.
Hutomo. 2016. Hubungan tingkat Pengetahuan dan Sikap Ibu dengan Praktik Ibu dalam Menerapkan Toilet Training pada Anak Usia Toddler di kelurahan jebres surakarta. Tesis.
Istianah, Indanah, & Farida, U. (2014). Pengetahuan Ibu Meningkatkan Kemampuan “Toilet Training†Anak. Jurnal Keperawatan Anak, 2(1), 28–33.
Mansur, H. 2016. Psikologi Ibu dan Anak untuk Kebidanan. Jakarta : Salemba Medik.
Markam.A.H. 2017. Buku Ajar Ilmu Kesehatan Anak. Jilid I. Jakarta: Penerbit FK-UI .
Mota, D. M., & Barros, A. J. 2018. Toilet training: Methods, parental expectations and associated dysfunctions. Jornal de pediatria, 84(1), 9–17.
Noer, M. S. 2016. Naskah Lengkap Continuing Education Ilmu Kesehatan Anak XXXVI Kapita Selekta Ilmu Kesehatan Anak VI Kuliah Enuresis. Divisi Nefrologi Bagian Ilmu Kesehatan Anak FK Unair RSU Dr. Soetomo Surabaya.
Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Pendidikan Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nursalam. 2016. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis Edisi 4. Jakarta: Salemba Medika.
Nursalam. 2015. Asuhan Keperawatan Bayi Dan Anak. Jakarta: Salemba Medika.
Oktiawati N. 2015. Karakteristik Anak Usia Pra Sekolah. Yogyakarta: Deepublish.
Patmonodewo, S. 2013. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta :
PT Rineka Cipta.
Penny, W & Panulla, K. 2013. Mengajari Anak Pergi ke Toilet. Jakarta : Arcan.
Pusparini, W. 2013. Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Toilet Training dengan Perilaku Ibu dalam Melatih Toilet Training pada Anak Usia Toddler di Desa kadokan Sukoharjo. Skripsi, tidak dipublikasikan, Surakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia.
Rudolf, M. A. 2006. Buku ajar pediatri, Volume 1. Jakarta : EGC.
Soetjiningsih. 2013. Tumbuh Kembang Anak. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suherman. 2016. Buku Saku Perkembangan Anak. Jakarta: EGC.
Supartini, Y. 2014. Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta : EGC.
Wong. 2016. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Volume 1. Jakarta:
EGC.
Yusuf, Syamsu. 2015. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.
Youstiana Dwi Rusita, I. A. (2015). Hubungan Pengetahuan dan Peran Orang Tua dengan Keberhasilan Toilet Training pada Anak Usia 5 Tahun di TK Desa Suwaloh Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Kebidanan Indonesia, 6(2), 29–35. https://doi.org/10.36419
Zaivera, F. 2014. Mengenal dan Memahami Tumbuh Kembang Anak. Yogyakarta: Katahati.
Zulkifli, L. 2016. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Karya.
DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v9i1.2789
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706
Principal Contact
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License