Pengaruh Promosi Kesehatan Menggunakan Media Video dan Media Umpan Balik Terhadap Pengetahuan Tentang Protokol Kesehatan pada Penderita Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Onan Ganjang Tahun 2022
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi kesehatan menggunakan media video dan media flipchart terhadap tingkat pengetahuan tentang protokol kesehatan pada penderita hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Onan Ganjang tahun 2022 WHO sejak Januari 2020 telah menyatakan dunia berada dalam keadaan darurat global terkait virus ini. Kasus kematian dengan penyakit penyerta yaitu Diabetes Mellitus 9,4%, Hipertensi 9,2% dan Penyakit Jantung 4,8%. Berdasarkan pengamatan bahwa penerapan protokol kesehatan masih rendah dan dari survei awal yang dilakukan terhadap 10 pasien hipertensi ditemukan masih kurangnya pengetahuan tentang protokol kesehatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan One Group Pretest – Posttest Design yang diberikan perlakuan promosi kesehatan dengan media video dan perlakuan promosi kesehatan dengan media flipchart. Populasi dalam penelitian ini adalah penderita hipertensi yang tergabung dalam Posbindu PTM di 12 desa dan sampel penelitian sebanyak 124 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikan promosi kesehatan menggunakan media video skor pengetahuan meningkat (mean score 7,15 menjadi mean 10,50) setelah diberikan perlakuan media video dengan p-value 0,000 < Level of Significant = 0,05. dan media flipchart meningkatkan skor pengetahuan (rerata skor 6,15 menjadi mean 12,95) setelah diberi perlakuan media flipchart dengan p-value 0,000 < Level of Significant = 0,05.
Kata Kunci: Media Video, Media Flip Sheet, Pengetahuan, Protokol Kesehatan, Penderita Hipertensi
The purpose of this study was to determine the effect of health promotion using video media and flipchart media on the level of knowledge about health protocols in patients with hypertension in the work area of the Onan Ganjang Health Center in 2022. WHO since January 2020 has declared the world to be in a global emergency related to this virus. Cases of death with comorbidities are Diabetes Mellitus 9.4%, Hypertension 9.2% and Heart Disease 4.8%. Based on the observation that the implementation of health protocols is still low and from an initial survey conducted on 10 hypertension patients, it was found that there was still a lack of knowledge about health protocols. The type of research used was a quasi-experiment with the One Group Pretest – Posttest Design given health promotion treatment with video media and health promotion treatment with flipchart media. The population in this study were hypertension sufferers who were members of the PTM Posbindu in 12 villages and the research sample was 124 respondents. The results showed that after being given health promotion using video media the knowledge score increased (mean score 7.15 to mean 10.50) after being given video media treatment with a p-value of 0.000 < Level of Significant = 0.05. and flipchart media increased knowledge score (mean score 6.15 to mean 12.95) after being treated with flipchart media with p-value 0.000 < Level of Significant = 0.05. Thus the effect of health promotion using video media and flipchart media on the level of knowledge about health protocols in patients with hypertension in the Work Area of the Onan Ganjang Health Center is significant with different score levels.
Keywords: Video Media, Flip Sheet Media, Knowledge, Health Protocol, Hypertension Patients
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
A'Ayun, Q., Hasan H., Bintang, AP, & Oktarianita. (2021). Pengaruh Edukasi Protokol Kesehatan Menggunakan Media Video terhadap Pengetahuan Anak Panti. Jurnal Kesehatan Masyarakat Khatulistiwa. Vol 8, No 4, Hal. 205-212. http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/JKMK/article/view/3149.
Carter, W. (2012). Manajemen Bencana: Buku Pegangan Manajer Bencana. Manila: ADB.
Djamarah, S. Bahri & Zain, A. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dumar, AM(2012). Flu Babi: Yang Perlu Anda Ketahui. LLC: Wildside Press
Herawati. (2013). Pendidikan Kesehatan Dalam Keperawatan. Jakarta: EG.
Kementerian Kesehatan RI. (2018). Hasil Utama Riskesdas 2018. Jakarta:Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. https://www.litbang.kemkes.go.id/hasil-utama-riskesdas-2018/.
Kementerian Kesehatan RI. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Coronavirus (Covid-19). Jakarta: Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat. https://covid19.kemkes.go.id/protokol-covid-19/kmk-no-hk-01-07-menkes-413-2020-ttg-pedoman-pencegahan-dan-pengendalian-covid-19.
Kementerian Kesehatan RI. (2019). Penyakit Menular Masih Jadi Perhatian Pemerintah. http://www.depkes.go.id/article/view/19042500004/penyakit-menular-masih-jadi-perhatian-pemerintah.html.
Kementerian Kesehatan RI. (2013). Riset Kesehatan Dasar 2013. Jakarta:Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. https://pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/general/Hasil%20Riskesdas%202013.pdf.
Khayati, FN, Nabilla, N., & Suparti, S. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Lembar Media Balik terhadap Tingkat Pengetahuan Orangtua tentang Perkembangan Anak Kejang Demam. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, 2, No.1(1), 1–8.
Linda. (2018). Faktor Risiko Penyakit Hipertensi. Jurnal Kesehatan Prima. Vol.11(2):150–157. http://jkp.poltekkes-mataram.ac.id/index.php/home/article/view/9.
Musfirah & Masriadi. (2019). Analisis Faktor Risiko dengan Kejadian Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Takalala Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Jurnal Kesehatan Global. Vol.2(2):93-102. http://ejournal.helvetia.ac.id/index.php/jkg/article/view/4316.
DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v9i1.2804
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706
Principal Contact
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License