Prosedur Pemberian Informasi Diagnosis di Instalasi Rawat Inap Kelas III RSUD Dr. R.M. Djoelham Binjai
Abstract
Diagnosis merupakan langkah awal untuk menentukan peroses selanjutnya dalam penanganan kesehatan seorang pasien, tanpa adanya diagnosis yang benar dan akurat maka bakal memiliki dampak yang buruk bagi pasien dalam hal pemberian tindakan medis kepada pasien. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui bagaimana pemahaman pasien tentang pemberian Informasi Diagnosis Di Instalasi Rawat Inap Kelas III RSUD Dr. R.M. Djoelham Binjai. Penelitian ini menggunakan yakni kualitatif dari penelitian ini adalah maka sampel sebanyak 7 orang yaitu 4 informan utama yaitu Dokter Spesialis RSUD Dr. R.M. Djoelham Binjai Medan dan Dokter DPJP Ruangan RSUD Dr. R.M. Djoelham Binjai Medan informan kunci sebanyak 1 orang Dan 2 informan pendukung. Hasil penelitian Pemahaman Diagnosis Penyakit pada pasien rawat inap terkendala komunikasi yaitu bahasa yang mudah dimengerti. Dokter DPJP telah memberikan pemahanan penyakit pasien akan tetapi pasien merasa dokter menjelaskan terlalu cepat serta menggunakan istilah medis yang tidak dimengerti oleh pasien  ada pula awalnya menolak akan tetapi setelah dijelaskan perawata dan keluarga dengan benar dan baik pasien mau menerima diagnosisnya. Dengan hasil penelitian ini diharapkan untuk manajemen rumah sakit di RSUD Dr. R.M Djoelham Kota Binjai Medan agar terus memberi masukan bagi tenaga dokter spesialis yang melakukan pelayanan kesehatan dalam memberikan informasi diagnosis bagi setiap pasien rawat inap diharapkan mengikuti standar prosedur yang berlaku. memberikan reward bagi dokter bila menjalankan SOP dengan benar, sebaliknya ada punishment bila dokter tidak lengkap mengisi lembar diagnosis.
Kata Kunci: Pemahaman, Informasi Diagnosis
Diagnosis is the first step to determine the next process in managing a patient's health, without a correct and accurate diagnosis it will have a negative impact on the patient in terms of providing medical treatment to the patient. The purpose of this study was to find out how the patient's understanding of the provision of diagnostic information at the Class III Inpatient Installation at RSUD Dr. R.M. Djoelham Binjai. This study used qualitative research, namely a sample of 7 people, namely 4 main informants, namely Specialist Doctors at RSUD Dr. R.M. Djoelham Binjai Medan and DPJP Doctor Dr. Hospital Room. R.M. Djoelham Binjai Medan 1 key informant and 2 supporting informants. The results of the study of Understanding Disease Diagnosis in inpatients were constrained by communication, namely language that was easy to understand. The DPJP doctor has provided an understanding of the patient's disease, but the patient feels that the doctor explained too quickly and used medical terms that the patient did not understand, some initially refused, but after being explained by the nurse and family properly and well the patient accepted the diagnosis. With the results of this study it is hoped that for hospital management at RSUD Dr. R.M Djoelham Kota Binjai Medan to continue to provide input for specialist doctors who carry out health services in providing diagnostic information for each inpatient, it is expected that they follow the applicable standard procedures. giving rewards to doctors when carrying out SOPs correctly, conversely there is punishment if doctors do not complete the diagnosis sheet.
Keywords: Understanding, Diagnostic Information
Â
Full Text:
PDFReferences
Diagnosa atau Diagnosis. (2015).
Elita, F. (2016). Pengembangan Protokol Pemenuhan Hak Pasien di Rumah Sakit Daerah Kabupaten Aceh Tamiang. Universitas Sumatera Utara.
Gufran, A., & Budiarti, A. (2020). Kelengkapan Pengisian Formulir Informed Consent di Puskesmas Betungan Kota Bengkulu. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan (Health Information Management), 5(2).
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2018 Tentang Kewajiban Rumah Sakit Dan Kewajiban Pasien, Pub. L. No. 4/2018, 1 (2018).
Pemerintah Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit. 1. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Pendidikan, D. (2021). Diagnosa.
Prahesti, R., & Putriningrum, E. (2021). Pemberian Informasi Dan Kelengkapan Pengisian Informed ConsentPada Pasien Sectio Caesarea Di Rs Pku Muhammadiyah Gamping Yogyakarta. J Rekam Medis Dan Inf Kesehat, 4(1), 1–7.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan, (2009).
DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v9i1.2885
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706
Principal Contact
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License