Analisis Sistem Manajemen Pasien Rujukan dengan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Poli Rawat Jalan RSUD Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya Provinsi Kalimantan Tengah

Nency Respina Silitonga, Juliandi Harahap, Masnelly Lubis

Abstract


Permasalaham pada sistem rujukan Di Poli Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya Provinsi Kalimantan Tengah belum optimalnya sistem rujukan pada pasien baru dapat terlihat pada rujukan yang tidak sesuai dengan indikasi rujukan dan penumpukan pasien yang terjadi di RSUD dan pada akhirnya berdampak pada menurunnya kualitas pelayanan kesehatan. Penelitian ini berujuan unuk mengetahui Analisis Sistem Manajemen Pasien Rujukan Dengan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Di Rumah Sakit Umum Daerah Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis review program (evaluasi kebijakan). Dengan 13 informan. Hasil penelitian didapatkan bahwa  permasalah  yang  terjadi  dari  segi Input  : Kualitas SDM yang masih kurang seperti tenaga kesehatan kurang teliti dalam pemeriksaan berkas  seperti petugas  salah  memberikan  SEP  atau  dokumen  dan  salah  memberikan  jadwal kunjungan  pasien, mesin printer yang  dirasa  masih  kurang  untuk  menunjang  pelayanan  dari  beberapa  peralatan   yang  sudah terserdia  seperti  mesin  label  dan  televisi  belum  dimaksimalkan  utilisasinya,  selain  itu  ketersedianya SOP proses pelayanan di rumah sakit yang belum dilakukan petugas dengan benar.  Proses  :  permasalahan  yang  terjadi  pada  proses  pendaftaran  ditemukan  masih  ada beberapa  SDM  belum  bekerja  sesuai  SOP,  masih  kurangnya  informasi  yang  diberikan  oleh petugas  kepada  pasian  mengenai  alur  pelayanan  sehingga  pasien  belum  mengetahui  alur pelayanan di RSUD Puruk cahu. Output  : dengan  melihat  masih  terdapatnya  permasalahan  dalam  pelayanan  baik  dari  segi  input maupun segi proses pelayanan tersediri berdampak pada pasien RSUD Puruk Cahu yang belum maksimal. Disarankan sebaiknya dilakukan monitoring pada pelayanan kepada petugas di bagian pendaftaran dan penilaian terkait pengukuran pengetahuan petugas dalam hal alur pelayanan dan bagaimana implementasinya di lapangan.

Kata Kunci :Manajemen Rujukan Pasien, Sistem Pendaftaran

Problems with the referral system at the Outpatient Polyclinic of the Puruk Cahu Regional General Hospital, Murung Raya Regency, Central Kalimantan Province, the not yet optimal referral system for new patients can be seen in referrals that are not in accordance with referral indications and the accumulation of patients that occurs in hospitals and ultimately has an impact on decreasing quality of health services. This study aims to determine the Analysis of the Referral Patient Management System with National Health Insurance (JKN) at the Puruk Cahu Regional General Hospital, Murung Raya Regency, Central Kalimantan Province in 2023. The research design used in this study was qualitative with the type of program review (policy evaluation). . With 13 informants. The results of the study found that the problems that occurred in terms of input: The quality of human resources was still lacking, such as health workers who were not careful in checking files such as officers incorrectly providing SEP or documents and incorrectly providing patient visit schedules, printer machines that were deemed insufficient to support the services of some equipment. The utilization of available equipment such as label machines and televisions has not been maximized, besides the availability of SOPs for service processes in hospitals that have not been carried out by officers properly. Process: problems that occurred in the registration process were found that there were still some HR who had not worked according to the SOP, there was still a lack of information provided by officers to patients regarding the service flow so that patients did not know the service flow at Puruk Cahu Hospital. Output: by seeing that there are still problems in services, both in terms of input and in terms of service processes, the impact on Puruk Cahu Hospital patients is not maximized. It is suggested that monitoring should be carried out on services to officers in the registration and assessment related to measuring the knowledge of officers in terms of service flow and how it is implemented in the field.

Keywords : Patient Referral Management, Registration System


Full Text:

PDF

References


Ali, Fauziah Abdullah. 2015. “Analisis Pelaksanaan Rujukan Rawat Jalan Tingkat Pertama Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Di Puskesmas Siko Dan Puskesmas Kalumata Kota Ternate Tahun 2014.†Jikmu 5(3).

Faulina, Andita Cindy, Abu Khoiri, and Yennike Tri Herawati. 2017. “Kajian Pelaksanaan Sistem Rujukan Berjenjang Dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Di UPT. Pelayanan Kesehatan Universitas Jember.†Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat 12(2).

Hartini, Hartini, Septo Pawelas Arso, and Ayun Sriatmi. 2016. “Analisis Pelayanan Rujukan Pasien Bpjs Di Rsud Chatib Quzwain Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi.†Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip) 4(4):49–59.

Maulana, Muhammad Arief. 2021. “Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Upt. Puskesmas Karang Intan 1 Kabupaten Banjar Tahun 2021.â€

Rachmayanti, Laily. 2017. “Gambaran Pelaksanaan Sistem Pelayanan Pasien Rujukan Rawat Jalan Pelayanan Tingkat Ii Pada Peserta Bpjs Di Rsai Bandung Tahun 2017.â€




DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v9i1.2886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706

Principal Contact

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License