Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar pada Siswa di SMP Negeri 1 Baitussalam Kabupaten Aceh Besar
Abstract
Latar Belakang Masalah: Prestasi belajar merupakan suatu penguasaan pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan dalam mata pelajaran ditunjukan dengan nilai tes yang telah diberikan oleh guru. Keadaan status gizi dan prestasi belajar merupakan gambaran konsumsi zat gizi anak dalam jangka waktu yang lama dan dapat menyebabkan gizi kurang maupun gizi lebih. Prestasi belajar siswa bukan semata-mata karena kecerdasan siswa namun ada faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hal tersebut seperti faktor internal dan faktor eksternal yaitu motivasi siswa dalam belajar. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar pada siswa di SMP Negeri 1 Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini yaitu analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 2 - 6 Maret tahun 2022 di SMP Negeri 1 Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 116 orang. Adapun teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah secara proporsional sampling sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 90 orang. Instrumen penelitian menggunakan lembar kuesioner. Kemudian pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji chi square. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh status gizi terhadap prestasi belajar (p value = 0,000) dan pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar (p value = 0,000). Kesimpulan dan Saran: Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh status gizi dan motivasi terhadap prestasi belajar pada pada siswa di SMP Negeri 1 Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Oleh karena itu, diharapkan kepada siswa agar lebih meningkatkan meningkatkan prestasi belajar dengan memperhatikan status gizi dalam batas normal serta adanya motivasi atau dorongan dalam diri siswa.
Kata Kunci : Status Gizi, Motivasi & Prestasi Belajar
Background: Learning achievement is a mastery of knowledge and skills developed in the subject indicated by the test scores that have been given by the teacher. The state of nutritional status and learning achievement is a description of the consumption of children's nutrients in the long term and can lead to undernutrition and overnutrition. Student achievement is not solely due to student intelligence, but there are factors that can influence this, such as internal factors and external factors, namely student motivation in learning. Research Purposes: To find out the factors that influence student achievement in junior high school state 1 district Baitussalam Regency Aceh Besar. Research Methodolog: The kind of research is analytic by approach cross sectional. This research was conducted on 2 - 6 year 2022 in junior high school state 1 district Baitussalam Regency Aceh Besar. The population in this study were all students amounting to 116 people The technique used in sampling is proportional sampling so that the sample in this study was 90 people. The research instrument uses a questionnaire sheet. Then the data processing is done by usingthe chi square test. The Research Results: The results showed that the effect of nutritional status on learning achievement (p value = 0,000) and the influence of motivation with learning achievement (p value = 0,000). Conclusion and Recommendations: Based on the results of this study, it can be concluded that there is an effect of nutritional status and motivation on student achievement in junior high school state 1 district Baitussalam Regency Aceh Besar. Therefore, it is expected for students to further improve learning achievement by paying attention to nutritional status within normal limits and the existence of motivation or encouragement in students.
Keywords : Nutritional Status, Motivation & Learning Achievement
Full Text:
PDFReferences
Agustini, 2018. Hubungan antara Status Gizi dengan Prestasi Belajar Anak Kelas 4 dan 5
Sekolah Dasar di Kelurahan Maasing Kecamatan Tuminting Kota Manado. Manado:
Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sam Ratulangi
Devi, N. 2017. Gizi Anak Sekolah. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Djamarah, S. 2016. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Hartriyanti, Y. & Triyanti. 2019. Penilaian Status Gizi. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Kemenkes RI. 2017. Buku Saku Gizi Nasional. Jakarta: Kemenkes RI
Krisnawati, S, E. 2019. Hubungan Status Gizi dengan Prestasi Belajar Anak Kelas 1 Sekolah
Dasar Negeri Trisobo II Sidoarjo. Jurnal Keperawatan Vol. II No. 3
Nurasiyah. 2017. Pengaruh Tingkat Pendapatan dan Pendidikan Orang Tua Terhadap
Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS 3 Di SMA Nurul Falah Pekan Baru.
Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Ekonomi
Akutansi, Universitas Islam Riau, Pekan Baru
Oemar, H. 2017. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Pratiwi, D. 2019. Hubungan Motivasi Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri
Gugus 1 Kuta Selatan. Jurnal vol 2 no 3 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas
Pendidikan Ganesha, Singaraja
Profil Kesehatan Indonesia. 2020. Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Kemenkes RI
Profil Kesehatan Provinsi Aceh. 2020. Profil Kesehatan Provinsi Aceh. Aceh: Dinas
Kesehatan Provinsi Aceh
Purwanto, N. 2018. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Riset Kesehatan Dasar. 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Kesehatan
Kementrian Kesehatan RI.
Sa’adah, R, H. 2017. Hubungan Status Gizi dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar
Negeri 01 Guguk Malintang Kota Padangpanjang. Jurnal Kesehatan Andalas
Supariasa, I.D.N. 2016. Penilaian Status Gizi. Jakarta: EGC
Syah, M. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
WHO. 2020. Level And Trends In Child Malnutrition. Geneva: World Health Organization
DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v8i2.2907
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706
Principal Contact
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License