Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar pada Siswa di SMP Negeri 1 Baitussalam Kabupaten Aceh Besar

Syarifah Asyura, Junaidi Junaidi, Sri Mulyani Jamil

Abstract


Latar Belakang Masalah: Prestasi belajar merupakan suatu penguasaan pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan dalam mata pelajaran ditunjukan dengan nilai tes yang telah diberikan oleh guru. Keadaan status gizi dan prestasi belajar merupakan gambaran konsumsi zat gizi anak dalam jangka waktu yang lama dan dapat menyebabkan gizi kurang maupun gizi lebih. Prestasi belajar siswa bukan semata-mata karena kecerdasan siswa namun ada faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hal tersebut seperti faktor internal dan faktor eksternal yaitu motivasi siswa dalam belajar. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar pada siswa di SMP Negeri 1 Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini yaitu analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 2 - 6 Maret tahun 2022 di SMP Negeri 1 Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 116 orang. Adapun teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah secara proporsional sampling sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 90 orang. Instrumen penelitian menggunakan lembar kuesioner. Kemudian pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji chi square. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh status gizi terhadap prestasi belajar (p value = 0,000) dan pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar (p value = 0,000). Kesimpulan dan Saran: Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh status gizi dan motivasi terhadap prestasi belajar pada pada siswa di SMP Negeri 1 Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Oleh karena itu, diharapkan kepada siswa agar lebih meningkatkan meningkatkan prestasi belajar dengan memperhatikan status gizi dalam batas normal serta adanya motivasi atau dorongan dalam diri siswa.

Kata Kunci : Status Gizi, Motivasi & Prestasi Belajar

Background: Learning achievement is a mastery of knowledge and skills developed in the subject indicated by the test scores that have been given by the teacher. The state of nutritional status and learning achievement is a description of the consumption of children's nutrients in the long term and can lead to undernutrition and overnutrition. Student achievement is not solely due to student intelligence, but there are factors that can influence this, such as internal factors and external factors, namely student motivation in learning. Research Purposes: To find out the factors that influence student achievement in junior high school state 1 district Baitussalam Regency Aceh Besar. Research Methodolog: The kind of research is analytic by approach cross sectional. This research was conducted on 2 - 6 year 2022 in junior high school state 1 district Baitussalam Regency Aceh Besar. The population in this study were all students amounting to 116 people The technique used in sampling is proportional sampling so that the sample in this study was 90 people. The research instrument uses a questionnaire sheet. Then the data processing is done by usingthe chi square test. The Research Results: The results showed that the effect of nutritional status on learning achievement (p value = 0,000) and the influence of motivation with learning achievement (p value = 0,000). Conclusion and Recommendations: Based on the results of this study, it can be concluded that there is an effect of nutritional status and motivation on student achievement in junior high school state 1 district Baitussalam Regency Aceh Besar. Therefore, it is expected for students to further improve learning achievement by paying attention to nutritional status within normal limits and the existence of motivation or encouragement in students.

Keywords : Nutritional Status, Motivation & Learning Achievement


Full Text:

PDF

References


Agustini, 2018. Hubungan antara Status Gizi dengan Prestasi Belajar Anak Kelas 4 dan 5

Sekolah Dasar di Kelurahan Maasing Kecamatan Tuminting Kota Manado. Manado:

Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sam Ratulangi

Devi, N. 2017. Gizi Anak Sekolah. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Djamarah, S. 2016. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Hartriyanti, Y. & Triyanti. 2019. Penilaian Status Gizi. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Kemenkes RI. 2017. Buku Saku Gizi Nasional. Jakarta: Kemenkes RI

Krisnawati, S, E. 2019. Hubungan Status Gizi dengan Prestasi Belajar Anak Kelas 1 Sekolah

Dasar Negeri Trisobo II Sidoarjo. Jurnal Keperawatan Vol. II No. 3

Nurasiyah. 2017. Pengaruh Tingkat Pendapatan dan Pendidikan Orang Tua Terhadap

Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS 3 Di SMA Nurul Falah Pekan Baru.

Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Ekonomi

Akutansi, Universitas Islam Riau, Pekan Baru

Oemar, H. 2017. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Pratiwi, D. 2019. Hubungan Motivasi Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri

Gugus 1 Kuta Selatan. Jurnal vol 2 no 3 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas

Pendidikan Ganesha, Singaraja

Profil Kesehatan Indonesia. 2020. Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Kemenkes RI

Profil Kesehatan Provinsi Aceh. 2020. Profil Kesehatan Provinsi Aceh. Aceh: Dinas

Kesehatan Provinsi Aceh

Purwanto, N. 2018. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Riset Kesehatan Dasar. 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Kesehatan

Kementrian Kesehatan RI.

Sa’adah, R, H. 2017. Hubungan Status Gizi dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Negeri 01 Guguk Malintang Kota Padangpanjang. Jurnal Kesehatan Andalas

Supariasa, I.D.N. 2016. Penilaian Status Gizi. Jakarta: EGC

Syah, M. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

WHO. 2020. Level And Trends In Child Malnutrition. Geneva: World Health Organization




DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v8i2.2907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706

Principal Contact

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License