Kualitas Pelayanan Kesehatan Memengaruhi Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RSUD Selasih Kab. Pelalawan Riau
Abstract
Menurut WHO (World Health Organization), rumah sakit adalah bagian integral dari suatu organisasi sosial dan kesehatan dengan fungsi menyediakan pelayanan paripurna (komprehensif), penyembuhan penyakit (kuratif) dan pencegahan penyakit (preventif) kepada masyarakat. Rumah Sakit juga merupakan pusat pelatihan bagi tenaga kesehatan dan pusat penelitian medik. Tujuan penelitian untuk ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi teknis, efesiensi dan keselamatan pasien terhadap kepuasan keluarga pasien. Desain penelitian menggunakan survei analitik dengan rancangan crossectional. Populasi Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien di Ruang Rawat Inap RSUD Selasih Kab. Pelalawan Riau sebanyak 167 orang. Di Ruang Rawat Inap RSUD Selasih Kab, Pelalawan Riau sebanyak 167 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Jumlah sampel yang akan di teliti adalah 118 orang. Analisa data dilakukan dengan analisis univariat, bivariat dan multivariat. Hasil penelitian variabel kompetensi teknis diperoleh nilai p-value = 0,000, efesiensi 0,000, dan keselamatan pasien 0,000 < α 0,05, artinya ada pengaruh antara kompetensi teknis, efesiensi dan keselamatan pasien terhadap kepuasan keluarga, dari hasil analisis multivariat didapatkan variabel yang paling berpengaruh dalam penelitian ini adalah variabel kompetensi teknis dengan nilai Exp B 4.981. Kesimpulan ada pengaruh antara kompetensi teknis, efesiensi dan keselamatan pasien sedangkan analisa multivariat menunjukkan hasil bahwa faktor yang paling dominan adalah variabel kompetensi teknis terhadap kepuasan keluarga. Disarankan kepada pihak rumah sakit agar dapat meningkatkan kompetensi teknis perawat Ruang Ruang Rawat Inap dengan cara mengadakan pelatihan dan workshop baik pelatihan internal maupun eksternal.
Kata Kunci:    Kompetensi Teknis, Efisiensi dan Keselamatan Pasien, Kepuasan KeluargaAccording to the WHO (World Health Organization), a hospital is an integral part of a social and health organization with the functions of providing comprehensive (comprehensive) services, curative (curative) and disease prevention (preventive) services to the community. The Hospital is also a training center for health workers and a medical research center. . The purpose of this research is to find out and analyze the influence of technical competence, efficiency and patient safety on patient family satisfaction. The research design used an analytic survey with a cross-sectional design. Population The population in this study were all patients in the Inpatient Room of Selasih Hospital, Kab. Pelalawan Riau as many as 167 people. In the Inpatient Room of the Selasih District Hospital, Pelalawan Riau, there were 167 people. The sampling technique uses accidental sampling. The number of samples to be examined is 118 people. Data analysis was performed using univariate, bivariate and multivariate analysis. The results of the research on the technical competency variable obtained a p-value = 0.000, efficiency of 0.000, and patient safety of 0.000 <α 0.05, meaning that there is an influence between technical competence, efficiency and patient safety on family satisfaction, from the results of multivariate analysis it was found that the most influential variable in this study is the technical competency variable with an Exp B value of 4,981. The conclusion is that there is an influence between technical competence, efficiency and patient safety while the multivariate analysis shows that the most dominant factor is technical competency variable on family satisfaction. It is suggested to the hospital to be able to improve the technical competence of nurses in the Inpatient Room by holding training and workshops, both internal and external training.
Keywords: Technical Competence, Efficiency and Patient Safety, Family Satisfaction
Full Text:
PDFReferences
Armin ardiansyah, A. A. (2021). Hubungan Waiting Time Triage Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Rsud Sekayu Tahun 2021. STIK Bina Husada Palembang.
Ema khayrunniyah, E. M. A. (2021). Asuhan Keperawatan Pasien Post Laparatomi Dalam Pemenuhan Kebutuhan Rasa Aman Dan Nyaman. Universitas Kusuma Husada Surakarta.
Imran, B., & Ramli, A. H. (2019). Kepuasan pasien, citra rumah sakit dan kepercayaan pasien di Provinsi Sulawesi barat. Prosiding Seminar Nasional Pakar, 2–48.
INDAR ASMARANI, P., Tahir, R., & Muhsinah, S. (2018). Asuhan Keperawatan Pada Pasien Asma Bronkial Dalam Pemenuhan Kebutuhan Oksigenasi Di Ruang Laikawaraka Rsu Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara. Poltekkes Kemenkes Kendari.
Irwanti, F., Guspianto, G., Wardiah, R., & Solida, A. (2022). Hubungan Komunikasi Efektif dengan Pelaksanaan Budaya Keselamatan Pasien di RSUD Raden Mattaher Provinsi Jambi. Jurnal Kesmas Jambi, 6(1), 32–41.
Pengertian Rumah Sakit Menurut WHO. (2015). Universitas Sumatra Utara, 2.
Profil Rumkit TK II Kesdam Medan. (2016).
Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Alfabet.
Suhartina, S., Ginting, T., Suyono, T., & Sipayung, W. A. (2020). Pengaruh Kompetensi Dan Kualitas Petugas Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Sei Agul Medan. Jurnal Kesmas Prima Indonesia, 4(2), 86–97.
Supartiningsih, S. (2017). Kualitas pelayanan kepuasan pasien rumah sakit: kasus pada pasien rawat jalan. Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit, 6(1), 9–15.
Wardana, R. N. P., Sommeng, F., Ikram, D., Dwimartyono, F., & Purnamasari, R. (2020). Waktu pulih sadar pada pasien operasi dengan menggunakan anastesi umum propofol di rumah sakit ibnu sina makassar. Wal’afiat Hospital Journal.
Zaniarti, D. (2011). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Jaminan Kesehatan Masyarakat di Rumah Sakit Umum Daerah Salatiga. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v9i1.2930
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706
Principal Contact
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License