Analisis Faktor Praktik Pemberian Makanan dan Sosial Ekonomi dengan Anemia Defisiensi Gizi Besi pada Balita di Ruang Anak Rumah Sakit Umum Tgk Chik Ditiro Kabupaten Pidie

Nuzulul Rahmi, Azimar Azimar, Fauziah Andika

Abstract


Upaya penanggulangan anemia gizi masih difokuskan pada sasaran ibu hamil, sedangkan kelompok lainnya seperti bayi, anak balita, anak sekolah dan buruh berpenghasilan rendah belum ditangani. Padahal dampak negatif yang ditumbuhkan anemia gizi pada anak balita sangatlah serius, karena mereka sedang dalam tumbuh kembang yang cepat, yang nantinya akan berpengaruh terhadap perkembangan kecerdasannya. Mengingat mereka adalah penentu dari tinggi rendahnya kualitas pemuda dan bangsa kelak. Penganganan sedini mungkin sangatlah berarti bagi kelangsungan pembangunan. Jenis penelitian adalah penelitian analitik dengan rancangan cross sectional Penelitian dilakukan di poli kebidanan Rumah Sakit Umum Tgk Chik Ditiro Sigli pada tanggal 17 Oktober-13 November 2017. Teknik pengambilan sampel secara accidental sampling terhadap 57 ibu balita. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Pengolahan data menggunakan uji statistic (chi square test) dengan tingkat kepercayaan 95% (p ≤ 0,05). Hasil penelitian menunjukan bahwa dari segi kejadian anemia mayoritas balita mengalami anemia gizi besi ringan yaitu berjumlah 21 orang (36,8). Dari segi sosial ekonomi mayoritas ibu balita memiliki sosial ekonomi dalam kategori rendah yaitu berjumlah 36 orang (63,2%). Dari segi praktek pemberian makanan oleh ibu balita mayoritas berada dalam kategori kurang baik yaitu berjumlah 37 orang (64,9%). Hasil bivariat menunjukkan faktor sosial ekonomi berhubungan dengan kejadian AGB pada balita (P-value 0,015) dan faktor praktek pemberian makanan berhubungan dengan kejadian AGB pada balita (P-value 0,002).

Keywords


Anemia, Defisiensi gizi besi, Sosial ekonomi dan Praktik Pemberian makanan

Full Text:

PDF

References


Kemenkes RI. 2016. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2015. Jakarta : Kemenkes RI.

Kemenkes RI. 2017. Laporan Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Kemenkes RI.

Kepmenkes RI. 2012. Pedoman Operasional Keluarga Sadar Gizi di Desa Siaga. Direktorat Jendral Bina Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Kepmenkes RI.

Rahmawati. 2015. Hubungan Tingkat Pendidikan Dan Status Pekerjaan Ibu Dengan Pengetahuan Ibu Tentang Anemia Pada Anak Balita Di Kelurahan Nambangan Kidul Kecamatan Manguharjo Kota Madiun. Surakarta: Naskah Publikasi UMS

Sri Setyaningsih. 2012. Pengaruh Interaksi, Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Praktek Ibu Dalam Pencegahan Anemia Gizi Besi Balita Di Kota Pekalongan Tahun 2012. Semarang: UNDIP.

Supartini. 2012. Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta: EGC.

Wahyuni. 2014. Anemia Defisiensi Besi Pada Balita. Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat/Ilmu Kedokteran Pencegahan/Ilmu Kedokteran Komunitas Fakultas Kedokteran USU.




DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v5i1.340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706

Principal Contact

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License