Analisis Hubungan Burnout Dengan Perilaku Caring Pada Pendidik Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Bukesra Ulee Kareng Banda Aceh

Miftahul Jannah, Maimun Tharida, Iskandar Iskandar

Abstract


Perilaku Burnout merupakan suatu reaksi seseorang sebagai respon penyesuaian terhadap berbagai tuntutan baik yang bersumber dari dalam maupun dari luar yang dirasakan sebagai peluang dan ancaman serta tuntutan yang tinggi terhadap karyawan yang meningkatkan tingkat stres dalam pekerjaannya. Prevalensi gangguan mental emosional berupa stres dan depresi pada masyarakat Indonesia berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (2013), sekitar 14 juta orang (sekitar 6%) dari total seluruh penduduk. Penelitian ini bertujuan untuk tingkat burnout dengan perilaku Caring Pada Pendidik Anak berkebutuhan khusus di SLB BUKESRA Ulee Kareng Banda Aceh tahun 2023. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Korelatif dengan pendekatan Cross Sectional yang dilaksanakan dari Januari s/d Juni 2023 di SLB BUKESRA. Populasi dalam penelitian ini keseluruhan dari pendidik di SLB BUKESRA sebanyak 47 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Pengumpulan data menggunakan data primer. Teknik analisa univariat dan bivariat. Hasil penelitian ada hubungan burnout dengan perilaku Caring Pada Pendidik Anak berkebutuhan khusus di SLB BUKESRA Ulee Kareng Banda Aceh (p=0,009). Diharapkan kepada pengajar terutama yang memiliki beban kerja yang tinggi agar lebih aktif mencari informasi dalam penerapan caring yang baik sehingga tingkat burnot yang dialami semakin berkutang

Kata Kunci : Burnout, Perilaku Caring, Anak Berkebutuhan Khusus

Burnout behavior is a person's reaction in response to adjustments to various demands both from within and from outside which are perceived as opportunities and threats as well as high demands on employees which increase stress levels in their work. The prevalence of mental emotional disorders in the form of stress and depression in Indonesian society is based on Basic Health Research (2013), around 14 million people (about 6%) of the total population. This study aims to determine the level of burnout with Caring behavior in Educators of Children with Special Needs at SLB BUKESRA Ulee Kareng Banda Aceh in 2023. This type of research is Correlative Descriptive with a Cross Sectional approach which was carried out from January to June 2023 at SLB BUKESRA. The population in this study consisted of 47 educators at SLB BUKESRA. The sampling technique in this study is total sampling. Data collection uses primary data. Univariate and bivariate analysis techniques. The results of this study show that there is a relationship between burnout and caring behavior in educators of children with special needs at SLB BUKESRA Ulee Kareng Banda Aceh (p=0.009). It is hoped that teachers, especially those with a high workload, will be more active in seeking information in the application of good caring so that the burnout level they experience is getting worse.

Keywords: Burnout, Caring Behavior, Children with Special Needs


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v9i2.3411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706

Principal Contact

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License