Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Ibu Hamil dalam Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak di Puskesmas Kuta Baro Aceh Besar

Raudhatun Nuzul Z A., Rahmayani Rahmayani

Abstract


Berdasarkan hasil survei yang peneliti lakukan pada bulan Januari 2015 terlihat bahwa kunjungan ke unit pelayanan KIA dari bulan januari s/d maret  sebanyak 275 orang.  Dari 10 responden yang diwawancarai 6 orang mengatakan puas dan diberikan pelayanan sesuai dengan harapan dan 4 mengatakan ketidakpuasannya terhadap pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan harapan, waktu tunggu yang cukup lama dikarenakan harus mengantri. Survei analitik dengan rancangan penelitan cross sectional, tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan tehnik non random sampling dengan teknik pemilihan purposif acidental sampling. Hasil penelitiam Tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Kuta Baro Aceh Besar Tahun 2015 mayoritas pada kategori puas yaitu sebanyak 24 responden (80,0%). Sarana Prasarana di Puskesmas Kuta Baro Aceh Besar Tahun 2015 mayoritas pada kategori lengkap yaitu sebanyak 28 responden (933%). Sikap bidan di Puskesmas Kuta Baro Aceh Besar Tahun 2015 mayoritas pada kategori Positif yaitu sebanyak 20 responden (66,7%). Kualitas pelayanan di Puskesmas Kuta Baro Aceh Besar tahun 2015 mayoritas pada kategori sesuai standar sebanyak 26 responden (86,7%).

Keywords


kepuasan ibu hamil , pelayanan kesehatan ibu dan anak

Full Text:

PDF

References


Azwar, A. (2003). Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Azwar, A. (2006). Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Budiarto, E. (2002). Biostatistika untuk Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta: EGC.

Cut, I. (2012). Kepuasan pasien terhadap pelayanan KIA oleh bidan Di Puskesmas Baituirrahman Banda Aceh. Karya Tulis Ilmiah. Dinas Kesehatan. 2011. Profil Kesehatan Provinsi Aceh.

Depkes, RI . (2009). Rancangan Pembangunan Kesehatan. Jakarta : Depkes RI.

G. (2004). Survey Kepuasan Pengguna Jasa Pelayanan Kesehatan Perjan Rumah Sakit Sanglah Denpasar ,Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan Fakultas Kedokteran UGM. Vol.07/No.03/Juni/2013 p: 115-123.

Lita, P.Pr. (2004). Pengaruh Sistem Penyampaian Jasa terhadap citra Rumah Sakit dan dampaknya terhadap Kepercayaan Pelanggan pada Rumah Sakit Umum Sumatera Barat,Bandung: Ilmu Ekonomi Program Pasca Sarjana Universitas Padjadjaran.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan.Jakarta :Rineka Cipta

Pohan, Imbalo. (2007). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan :Dasar-Dasar Pengertian Dan Penerapan. Jakarta: EGC.

Siregar, Ch. J. P, dan Amelia, L. (2004). Farmasi Rumah Sakit, Teori Dan Penerapan. Jakarta: EGC.

Soepardian,S .(2007). Konsep kebidanan. Jakarta: Perpustakaan Nasional.

Sulastomo. (2007). Menajemen Kesehatan,Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wijono.D. (2001). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan, Vol. 1. Airlangga University Press, Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v2i1.343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706

Principal Contact

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License