Pengaruh Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Praktikum terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Mahasiswa dalam Penanganan Distosia Bahu di Universitas Ubudiyah Indonesia

Ulfa Farrah Lisa, Bethy S. Hernowo, Ruswana Anwar

Abstract


Distosia bahu merupakan salah satu penyebab paling bermasalah dalam kebidanan yang berkaitan erat dengan morbiditas bahkan mortalitas janin. Tenaga kesehatan harus siap dalam  menangani kedaruratan obstetrik ini. Tenaga bidan yang berkualitas dihasilkan oleh institusi pendidikan kebidanan yang dikelola dengan memperhatikan perkembangan ilmu  pengetahuan, teknologi informasi dan regulasi, salah satunya adalah pembelajaran praktikum selama pendidikan menggunakan media video. Kegiatan praktikum  menggunakan metode dan media pembelajaran yang tepat dan bervariasi akan membawa mahasiswa kepada pembentukan keterampilan dan kreativitas dalam menerima pengetahuan. Metode penelitian adalah quasi eksperimental dengan rancangan control group design. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester IV Prodi DIII kebidanan Universitas Ubudiyah Indonesia yang berjumlah 32 orang.Teknik pengambilan sampel menggunakan populasi seluruhnya. Analisis digunakan analisis univariat, bivariat dengan uji Mann Whitneydan t test dan multivariatmenggunakan uji manova dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pengetahuan pada kelompok perlakuan dari 76,7 menjadi 86,7, sedangkan pada kelompok kontrol 66,7 menjadi 80 yang berbeda signifikan (p=0,001).  Peningkatan keterampilan pada kelompok perlakuan 50,8 menjadi 90, pada kelompok kontrol 48,6 menjadi 75,5,  perbedaan ini secara statistik bermakna (p<0,001). Penggunaan media video berpengaruh secara bersamaan terhadap pengetahuan dan keterampilan pada kelompok perlakuan (p<0,001). Simpulan hasil penelitian, pengetahuan dan keterampilan mahasiswa tentang distosia bahu lebih tinggi pada kelompok yang menggunakan media video dibandingkan dengan kelompok tanpa media video.

Keywords


media video, pengetahuan, keterampilan, penanganan distosia bahu

Full Text:

PDF

References


Kemenkes-RI. (2013) Bidan Berperan Penting Turunkan AKI dan AKB. Jakarta: buk.depkes.go.id.

Badan Pusat Statistik BKKBN Kemenkes. (2012). Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia 2012. Kementrian Kesehatan RI, editor. Jakarta: Measure DHS & ICF Internasional.

Cunningham FG, Leveno KJ, Bloom SL, Hauth JC, Rouse DJ, Spong CY. (2013). Obstetri Williams. 23 ed. Jakarta: EGC.

Politi S, D’Emidio L, Cignini P, Giorlandino M, Giorlandino C. (2010). Shoulder Dystocia: An Evidence-Based Approach. Prenatal Medicine.

Kementerian-Kesehatan-RI. (2011). Kurikulum Inti Pendidikan D-III Kebidanan. In: BPPSDM, editor. Jakarta: Bakti Husada.

Kurniawan D. (2011). Pembelajaran Terpadu: Teori, Praktik dan Penilaian. Bandung: Pustaka Cendikia Utama.

Toyibah A, Hamarno R. (2008). Strategi Optimalisasi Pembelajaran Laboratorium Skill Sebagai Usaha Meningkatkan Kompetensi Menolong Persalinan di Pendidikan Kesehatan (Kebidanan). ejournal umm.

Ali L, Nisar S, Ghassan A, Khan SA. (2011). Impact Of Clinical Skill Lab On Students’ Learning In Preclinical Years. J Ayub Med Coll Abbottabad.

Simamora RH. (2009). Buku Ajar Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: EGC.

Nursalam, Efendi F. (2009). Pendidikan dalam Keperawatan. Angriani R, editor. Jakarta: Salemba Medika.

Sutirman. (2013). Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sadiman AS, Rahardjo R, Haryono A, Rahardjito. (2012). Media Pendidikan: Pengertian, Penegembangan dan Pemanfaatan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sulastri, Ridwan M. Thaha SSR. (2012). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Menggunakan Video dalam Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) terhadap Perubahan Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri di SMAN 9 Balikpapan. Makasar: Universitas Hasanuddin

Rahmawati I, Sudargo T, Paramastri I. (2007). Pengaruh Penyuluhan Dengan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Ibu Balita Gizi Kurang dan Buruk di Kabupaten Kota Waringin Barat Propinsi Kalimantan Tengah. Gizi Klinik Indonesia.

Davis BG. (2013). Perangkat Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Ditjen_PMPTK. (2008). Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. In: Departemen-Pendidikan-Nasional, editor. Jakarta: Kompetensi Supervisi Akademik O3-B5 & Pengawas Sekolah Pendidikan Menengah.

Sagala S. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Cruse E. (2007). Using Educational Video in the Classroom: Theory, Research and Practice. http://www.zaneeducation.com/

Akhmad SA, Marfianti E. (2011). The effect of Video on Learning of Anamnesis Skill in Musculoskeletal System Block. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Sri F. (2009). Perbedaan Pengaruh Metode Latihan Demontrasi dengan MediaAudiovisual Terhadap Penguasaan Keterampilan Dasar Senam RitmikPada Anak Pemula Siswa Putri SDN 2 Bantul. Yogyakarta: Universitas Negri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v2i1.348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706

Principal Contact

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License