Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Kerja Petugas Kesehatan di Puskesmas Sibreh Kabupaten Aceh Besar

Fauziah Andika, Eva Rosdiana, Nuzulul Rahmi

Abstract


Puskesmas adalah salah satu instansi pemerintah yang berperan dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, dituntut untuk meningkatkan kualitas kinerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan yang diberikan mampu memenuhi, kebutuhan, keinginan dan harapan masyarakat serta mampu memberikan kepuasan disamping  meningkatkan kesehatan masyarakat. Pengumpulan data dilakukan di Puskesmas Sibreh dengan jenis penelitian bersifat deskriptif analitik dengan menggunakan desain Cross sectional dan uji bivariat chi square dengan CI (Confident Interval) 95%. Analisa data menggunakan program statistik SPSS versi 17.0. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 25 November s.d 01 Desember 2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh petugas kesehatan yang ada di Puskesmas Sibreh dengan teknik pengambilan sampel total population. Dari hasil penelitian diketahui bahwa petugas kesehatan yang puas dalam bekerja sebesar 60% dan 40% tidak puas, petugas yang 1-10 tahun bekerja sebesar 56,7% dan 43,3% responden yang bekerja >10 tahun. Responden yang faktor situasionalnya mendukung sebesar 53,3% dan 46,7% tidak mendukung. Sedangkan sarana dan prasarana yang mendukung sebesar 63,3% dan 36,7% tidak mendukung. Hasil uji bivariat menunjukkan bahwa kepuasan kerja berhubungan dengan sarana dan prasarana (p=0,009<0,05).Berdasarkan hasil penelitian disarankan dapat menambah fasilitas di Puskesmas Sibreh agar petugas kesehatan bekerja dengan optimal, karena dengan sarana dan prasarana yang baik mempengaruhi kinerja petugas kesehatan dan para petugas lebih meningkatkan hubungan baik dengan rekan kerja.

Keywords


Kepuasan kerja, sarana dan prasarana

Full Text:

PDF

References


Alex Nitisemito, (2002). Manajemen Personalia, Jakarta: Ghalia.

Anonim,(2013), Laporan Puskesmas Lampoh Daya, Maret.

Azwar, Azrul, (2008). Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan, Jakarta: PustakaHarapan

Baskoro Wicaksono, Ardy. (2011), Pengaruh Efektivitas Kepemimpinan terhadap Kepuasan Kerja Karyawan, Universitas Diponegoro, Semarang.

Church Allan H. et al, (1992), Evolution or Revolution in the Values of Organization Development: Commentary on the State of the Field, Journal of Organizational Change Management, 1997

Dinas Kesehatan Aceh. (2011). Profil Banda Aceh.

Depkes RI. (2013). SK Menkes nomor 143/Menkes/II/2004 tentang pelayanan kesehatan. Jakarta, Dirjen PPM dan PLP diakses tanggal 10 maret 2013

Gibson, (2007). Organisasi, Perilaku, Struktur, Proses, Jilid I, Jakarta:Erlangga.

Handoko, Hani T. (2010) Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edis 2. Yogyakarta :BPPE.

Ilyas, Yaslis,(2010), Kinerja, Jakarta. Irfan, http://www.acehkita.com/berita/puskesmas-diminta-jadi-pionir-hidup-sehat-warga/, 16-1, 2013.(Diakses tanggal 10 Maret 2014).

_______,(2010). Manajemen Sumber Daya Manusia Kesehatan, Jakarta.

Jai Prakash Sharma dan Baipai, (2010). Effective Leadership and its Linear Dependence on job Satifacyion: A Comparative Study in Public and Private Organization in India, India.

Kreitner, Robert, (2008). Perilaku Individu dalam Organisasi. Jakarta:Salemba Empat.

Mahmudi, (2012). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Jakarta : UPP AMP YKPN

Mangkunegara, P.A.A.A.,(2001),Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Penerbit, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nawawi, Hadari . (2003). Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi, Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2009). Metode Penelitian kesehatan, Jakarta:Rineka Cipta.

Ratminto dan Atik Septi Winarsih,(2009),Manajemen Pelayanan, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Rivaiyanto, (2010), Manajemen Sumber Daya Manusia,Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Robert, Maltis, (2008), Perspektif Sumber Daya Manusia,Jakarta:Salemba Empat.

Setyawan, Donny, (2005). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasaan Kerja dan Relevansinya Terhadap Komitmen Organisasi, Universitas Diponegoro.

Stoner, James. (2008). Manajemen, jilid II Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: Prenhalindo.

Suwanto. (2010). Azas-Azas Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v2i1.350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706

Principal Contact

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License