IMPLEMENTASI PSIKOLOGI PENDIDIKAN OLEH GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 2 BANDA ACEH

Andi Syahputra, Arif Sultanic

Abstract


Psikologi pendidikan adalah dasar pengetahuan yang mendasari profesi mengajar. Seorang guru yang memiliki pengetahuan psikologi pendidikan akan mampu mengembangkan serta menggunakan prinsip-prinsip psikologi dalam mengajarkannya dengan baik, pengetahuan guru tentang belajar dan syarat-syarat keberhasilan memungkinkan ia memilih, merencanakan dan mengevaluasi prosedur dan proses belajar mengajar. Setiap guru wajib memahami psikologi pendidikan, karena dengan hal tersebut guru dapat memahami setiap anak didik yang mengalami berbagai masalah seperti halnya anak didik kurang semangat dalam belajar, kurang memperhatikan pelajaran yang diikutinya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui implementasi psikologi pendidikan oleh guru dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Kota Banda Aceh Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sifat penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif.

Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi psikologi pendidikan oleh guru dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 2 Kota Banda Aceh sudah diterapkan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari proses pembelajaran yang telah dilakukan sebagai berikut: (1) Implementasi psikologi pendidikan oleh guru PAI di SMK Negeri 2 Kota Banda Aceh diterapkan oleh guru dengan beragam cara yaitu (a) penggunaan berbagai metode dalam pembelajaran, (b) penggunaan alat dan media pembelajaran, (c) mengedepankan interaksi dengan siswa, (d) pemberian bimbingan, motivasi, perhatian, dan pengarahan, dan (e) guru memberikan nilai kepada siswanya dengan adil. (2) Hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru dalam proses pembelajaran PAI di SMK Negeri 2 Kota Banda Aceh yaitu (a) kurangnya alokasi waktu mata Pelajaran PAI dan (b) kurangnya perhatian siswa pada saat proses pembelajaran. (3) Upaya guru dalam mengatasi hambatan-hambatan dalam proses pembelajaran PAI yaitu dengan cara masuk pelajaran lebih awal dan pemberian nasihat. Pemberian nasihat dilakukan agar siswa lebih memperhatikan pelajaran yang diajarkan, serta teguran dan sanksi agar siswa menjadi jera sehingga siswa tidak akan mengulangi perbuatan tersebut.

Kata kunci: Faktor-Faktor Psikologis, Wanita Dewasa Madya, Wanita Hidup Melajang


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v7i1.3632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706

Principal Contact

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License