Pengaruh Penggunaan Multimedia “Edukasi Anemia” Terhadap Perubahan Pengetahuan Dan Sikap Pencegahan Anemia Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Ibrahim Adjie Kota Bandung
Abstract
Wanita hamil sangatlah rentan menderita anemia defisiensi besi dikarenakan kebutuhan akan oksigen yang lebih tinggi yang mengakibatkan meningkatnya produksi erythropoietin (EPO). Penatalaksanaan pencegahan anemia pada ibu hamil perlu didukung pengetahuan dan sikap yang dapat menunjang kesejahteraan ibu hamil. Media edukasi berperan penting untuk meningkatkan pengetahuan serta sikap ibu dalam mencegah anemia pada ibu hamil. Penelitian bertujuan melakukan analisis pengaruh penggunaan multimedia “Edukasi Anemia” terhadap pengetahuan serta sikap ibu mengenai pencegahan anemia dibanding dengan media edukasi konvensional oleh bidan. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian quasi eksperimen. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli- September 2022. Jumlah responden yaitu 84 orang ibu hamil, yang terbagi menjadi 2 kelompok (eksperimen serta kontrol). Teknik consecutive sampling dipakai untuk mengambil sampel. Penelitian memakai analisis uji-t independent antar kelompok maupun sebelum dan setelah perlakuan, N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia “Edukasi Anemia” berpengaruh pada pengetahuan serta sikap dari ibu hamil dalam mencegah anemia (p<0,05). penggunaan multimedia “Edukasi Anemia” lebih mudah digunakan bagi ibu hamil dalam mendapatkan informasi pencehahan anemia dibanding dengan media edukasi konvensional oleh bidan (p<0,05). Simpulan, multimedia “Edukasi Anemia” berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap ibu hamil serta praktis digunakan dibanding dengan media edukasi konvensional oleh bidan.
Kata kunci: anemia, bidan, edukasi, ibu hamil, edukasi konvensional, pencegahan anemia.
Pregnant women are very susceptible to iron deficiency anemia because during pregnancy the demand for oxygen is higher, which triggers an increase in erythropoietin (EPO). production. Management of prevention of anemia in pregnant women needs to be supported by knowledge and attitudes that can support the welfare of pregnant women. Educational media plays an important role in increasing the knowledge and attitudes of mothers in preventing anemia in pregnant women. The aim of the study was to analyze the effect of the use of multimedia "Anemia Education" on the knowledge and attitudes of mothers about anemia prevention compared to conventional educational media by midwives. This research method is quantitative with a quasi-experimental research design. This research was conducted from July to September 2022. Respondents in this study were 84 pregnant women, who were divided into 2 groups (experimental and control). The sampling technique used was consecutive sampling. The analysis in this study was an independent t-test between groups and before and after treatment, N-gain. The results showed that the "Anemia Education" multimedia had an effect on the knowledge and attitudes of pregnant women in preventing anemia (p<0.05). the use of multimedia "Anemia Education" is more practical to use for pregnant women in obtaining anemia prevention information compared to conventional educational media by midwives (p<0.05). In summary, the "Anemia Education" multimedia has an effect on increasing the knowledge and attitudes of pregnant women and is practically used compared to conventional educational media by midwives.
Keywords: anemia, conventional education, education, midwife, pregnant women, preventing anemia.
Full Text:
PDFReferences
Vural T, Toz E, Ozcann A, Biler A, Ileri A, Hamdi IA. Can anemia predict perinatal outcomes in different stages of pregnancy?. Pak J Med SCI. 2016;36(6):1354─9.
WHO. Nutritional anaemias: tools for effective prevention and control. WHO 2017.
Kemenkes RI. Profil Kesehatan Indonesia 2019.
Departemen kesehatan RI. Riset kesehatan dasar (riskesdas), laporan nasional 2018. Jakarta: departemen kesehatan RI.
Hariati, Alim Andi, Thamrin Ali Imran. Kejadian anemia pada ibu hamil. JIKA. 2019 Agustus;1(1)8─17.
DINKES jawa barat. Jumlah ibu hamil mengidap anemia berdasarkan kabupaten kota jawa barat 2021.
Astapani N, Angraini HD, Apriyanti F. Hubungan cara konsumsi tablet fe dan peran petugas kesehatan dengan kejadian anemia pada ibu hamil di desa baru wilayah kerja Puskesmas Siak Hulu III Tahun 2019. JKT. 2020;1(2):70─5.
Purbadewi I, Noor Y. hubungan tingkat pengetahuan tentang anemia dengan kejadian anemia pada ibu hamil. J Gizi Univ. Muhammadiyah Semarang. 2013 April;2(1):31─9.
Orlandini C, Torricelli M, Spirit N, Alaimo L, Di TM, Maria SF, dkk. Maternal anemia effects during pregnancy on males and females fetuses: are there any differences?. The Journal Of Maternal-Fetal &Neonatal Medicine. 2016 Agust; 22:163─9.
Harna, SM, Purnawa L. Program pencegahan anemia pada ibu hamil melalui media aplikatif di puskesmas kecamatan kebon jeruk Jakarta barat. J Abdimas. 2020 Jan;6(2):77─81.
Chandra F, Junifer D, Yuli T. Tingkat pendidikan dan pengetahuan ibu dengan status anemia. Indonesian Nursing Scintific Jurnal. 2019;9(4):653─9.
Intan P, Tiurma R. Strategi dalam penanggulangan pencegahan anemia pada kehamilan. JIW. 2016 Jan-Juli;3(3):1─9.
Susanti N, Anggriawan F. Pengaruh video edukasi terhadap kepatuhan konsumsi tablet besi ibu hamil anemia di puskesmas kota palangka raya. MGMI. 2020 Des;12(1):75─84.
Melas CD, Zampetakis LA, Dimopoulou A, Moustakis V. Modeling the acceptance of clinical information sistems among hospital medical staff: an extended TAM model. J Biomed Inform. 2011;44(4):553−64. doi:10.1016/j.jbi.2011.01.009 21.
Venkatesan S, Nguyen JS, Siebers PO. A novel framework for evaluating the impact of individual decision-making on public health outcomes and its potential application to study antiviral treatment collection during an influenza pandemic. PLoS One. 2019;14(10):1−14.
Sukmawati, Mamuroh L, Nurhakim F. pengaruh edukasi pencegahan dan penanganan anemia terhadap pengetahuan dan sikap ibu hamil. J keperawatan. 2019 April;6(1):42─7.
Rista E, Demsa S, Emy Y. Edukasi gizi dengan camil sama efektif dengan leaflet dalam perilaku pencegahan anemia pada ibu hamil. J ilmu dan teknologi kes. 2018 September;10(10):82─93.
Rizkah Z, Mahmudiono T. Hubungan antara umur, gravida, dan status bekerja terhadap resiko Kurang Energy Kronis (KEK) dan anemia pada ibu hamil. Amerta Nutr. 2017;10:72─9.
Mulyana I, Prajuhana A, Iqbal M. Buku ajar desain grafik dan multimedia teori dan implementasi. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pakuan. Bogor, 2009.
Munir. Multimedia Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta; 2012.
Mariza A. Hubungan pendidikan dan social ekonomi dengan kejadian anemia pada ibu hamil di bps t yohan way halim Bandar lampung tahun 2015. Jurnal Kesehatan Holistik. 2016 jan;10(1):5─8.
Yanti DAM, Sulistianigsih A, Keisnawati. Faktor-faktor terjadinya anemia pada ibu primigravida di wilayah kerja puskesmas pringsewu lampung. J keperawatan. 2015 Juli;6(10):79─87.
Muzayan A, Santoso S, Sa’diah N. Hubungan tingkat pengetahuan dengan kejadian anemia pada ibu hamil di wilayah puskesmas godean I. KIA. 2018 Juli;9(1):1─5.
Kemenkes RI. Pedoman pelayanan antenatal terpadu edisi ketiga. Jakarta: Kemenkes RI; 2022.
Rofiasari L, Noprianty R, Yusnita I, Mulyani Y, Suryanah A. Pendamping kelas ibu hamil dalam memberikan motivasi antenatal care sebagai upaya untuk meningkatkan kesehatan ibu dan janin dimasa pandemic COVID-19. Jurnal Peduli Masyarakat. 2020 Des;2(4):197─204.
Jogiyanto. Sistem informasi keperilakuan. Yogyakarta: ANDI; 2008.
avis FD. A technology acceptance model for empirically testing new enduser information sistems: theory and results. Univ Arkansas. 1985. doi:oclc/56932490
Gardner C, Amoroso DL. Development of an instrument to measure the acceptance of internet technology by consumers. Proc Hawaii Int Conf Syst Sci. 2004;37:4143−52. doi:10.1109/hicss.2004.1265623
Wibowo A. Kajian tentang perilaku pengguna sistem informasi dengan pendekatan technology acceptance model (TAM). Konferensi Nasional Sistem Informasi.2008 Jan 1:1−8.
Notoatmodjo S. Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2012.
Soekanto S. Sosiologi suatu pengantar. Jakarta: Rajawali Pers; 2012.
Kholid A. Promosi kesehatan dengan pendekatan teori perilaku, media, dan aplikasinya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada; 2012.
Notoatmodjo S. Promosi kesehatan teori dan aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta; 2010.
Oka G. Media dan multimedia pembelajaran. Yogyakarta, Februari 2017.
Kementrian Kesehatan. Pedoman pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) bagi ibu hamil pada masa pandemik COVID-19 bagi tenaga kesehatan. KEMENKES RI. 2020. Tersedia dari https://promkes.kemkes.go.id/kumpulan-media-tetap-sehat-bebas-anemia.
Dahlan S. Besar sampel dan cara pengambilan sampel dalam penelitian kedokteran dan kesatan. Jakarta: Salemba Medika; 2016.
Jahn WT. The 4 basic ethical principles that apply to forensic activities are respect for autonomy, beneficence, nonmaleficence, and justice. J Chiropr Med. 2011;10(3):225−6. doi:10.1016/j.jcm.2011.08.004
Singh JP, Hylton T. Autonomy/respect for persons. Encycl Clin Psychol. 2015:1−3. doi:10.1002/9781118625392.wbecp014
Wahid A. Pentingnya media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar. Istiqra’ 2018 Maret;5(2):1─11.
Amaliah N. Pemakaian aplikasi mobile “sahabat bumil” meningkatkan pengetahuan dan sikap ibu dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan kehamilan. J Bul Penelit Kesehat. 2018;46(3):155−68. doi:10.22435/bpk.v46i3.880
Saraswati RS, Kartini A, Agushybana F. Pengaruh aplikasi android aneminfo terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri terkait anemia defisiensi besi. J Promosi Kesehat Indones. 2020;15(2):65−9. doi:10.14710/jpki.15.2.65-69
Sormin T, Puri A. Perbedaan pengetahuan dan sikap ibu yang mendapat penyuluhan menggunakan media aplikasi android dan yang mendapat penyuluhan menggunakan booklet tentang senam hamil. J Kesehat. 2019;10(3):438−44. doi:10.26630/jk.v10i3.1386
Pepi H, Padmawati R. efektifitas pendidikan kesehatan melalui multimedia dan tatap muka terhadap pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang asi dan menyusui. J Care. 2017;5(2):156─167.
Rudkin A. Digital childhood. Addresing chidhood development milestones in the digital environment. Res Gate. 2018.
Novianti N, Sulistiyowati N, Simarmata OS. Evaluasi pelaksanaan Pis-Pk di Puskesmas Kabupaten Labuan Batu. J Ekol Kesehat. 2020;19(1):59−75. doi:10.22435/jek.v19i1.2633
DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v10i1.4084
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706
Principal Contact
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License