HUBUNGAN MASA KERJA DAN SIKAP TENAGA KESEHATAN DENGAN PENGETAHUAN MENGENAI TRIAGE DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA BANDA ACEH

Chairanisa Anwar, Mahmudin Mahmudin, Finaul Asyura

Abstract


Triage memiliki fungsi penting di IGD terutama apabila banyak pasien datang pada saat yang bersamaan. Hal ini bertujuan untuk memastikan agar pasien ditangani berdasarkan urutan kegawatannya untuk keperluan intervensi. Studi pendahuluan terhadap 10 petugas kesehatan, rata-rata lama masa kerja berkisar antara 1-2 tahun. Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan sikap dan masa kerja dengan pengetahuan triage di Rumah Sakit Bhayangkara Banda Aceh tahun 2022. Metode Penelitian: Penelitian analitik dengan desain cross sectional, total sampel 66 orang tenaga kesehatan di Rumah Sakit Bhayangkara Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel adalah stratified random sampling. Menggunakan uji chi-square dan analisa secara univariat dan bivariat. Hasil Penelitian : tidak ada hubungan P value 0,619 masa kerja, tidak ada hubungan P value 1,179 sikap tenaga kesehatan dengan pengetahuan tentang triage di Rumah Sakit Bhayangkara Banda Aceh tahun 2022. Saran: pengetahuan bagi tenaga kesehatan untuk menambah wawasan serta keterampilan terutama dalam keterampilan dalam kemampuan triage di instalasi gawat darurat.

Kata Kunci: Masa Kerja, Sikap, Triage

Triage has an important function in the ED, especially when many patients come at the same time. This aims to ensure that patients are treated in order of urgency for intervention purposes. Preliminary study of 10 health workers, the average length of service t ranges from 1-2 years. Research Objectives: To determine the relationship between attitude and tenure with triage knowledge at Bhayangkara Hospital Banda Aceh in 2022. Research Methods: An analytic study with a cross sectional design, a total sample of 66 health workers at Bhayangkara Hospital Banda Aceh. The sampling technique is stratified random sampling. Data collection distributed questionnaires through google forms. Using chi-square test and univariate and bivariate analysis. Research results: there is no relationship P value 0.619 years of service, there is no relationship P value 1.179 attitude of health workers with knowledge about triage at Bhayangkara Hospital Banda Aceh in 2022. Conclusion: There is no relationship between tenure and attitude of health workers with knowledge of triage at Bhayangkara Hospital Banda Aceh in 2022. Suggestion: knowledge for health workers to add insight and skills, especially in skills in triage abilities in emergency units.

Keywords: tenure, attitude, triage


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. (2017) Psikologi Perkembangan. Edisi Revisi. Jakarta: Rhineka Cipta.

Andini, A. B., Kairupan, B. R., & Gannika, L. (2019). Hubungan Stres Kerja Dengan Produktivitas Kerja Perawat di RSU GMIM Bethesda Tomohon. e-Journal Keperawatan, 1-7

Antoni dkk, 2017. Hubungan Tingkat Pengetahuan Perawat Tentang Triage dengan Penerapan Triage di IGD Rumah Sakit Umum Daerah patut Patuh Patju Kabupaten Lombok Barat: Vol 3 nomor 1 Maret – Juni 2017, ISSN : 2477-0604.

Azwar. 2015 . Sikap manusia. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Fitriani, S. (2011). Promosi kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Gerungan, W.A. 201. Psikologi Sosial. Bandung: Eresco.

Gilboy, N. (2015). Australasian triage scale. Australia: Emergency Department.

Hartati S. Response Time Perawat Di Ruang Instalasi Gawat Darurat. J Keperawatan Kebidanan - Stikes Dian Husada Mojokerto. 2016;4(3):1–7.

Karokaro TM, Hayati K, Sitepu SDEU, Sitepu AL. Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Waktu Tanggap (Response Time) Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Grandmed. J Keperawatan Dan Fisioter. 2020;2(2):172–80.

Kartikawati N. D, 2013. Buku Ajar Dasar-Dasar Keperawatan Gawat Darurat. Jakarta: Salemba Medika.

Koesindratmono, Ferry., Septarini, B.G., (2011). Hubungan Masa Kerja Dengan Perbedaan Psikologis pada karyawan PT. Perkebunan Nusantara X (persero).[Jurnal Ilmiah] Jurnal Psikologi, Universitas Airlangga. Surabaya.

Kurniati, Amelia, dkk, 2010. Keperawatan Gawat Darurat dan Bencana Sheehy. Singapore: Hooi Ping Chee. Oman, dkk, 2018. Panduan Belajar Keperawatan Emergency. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Lusiana, Linda. (2011). Faktor-faktor yang mempengaruhi perawat dalam pelaksanaan triage di UGD RS Puri Indah Jakarta. Diperoleh tanggal 07 Januari 2021 dari: digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU- Undergraduate-1647-ABSTRAK.pdf

Lutfi, A. dkk.2017. Hubungan Lama Masa Kerja Tenaga Kesehatan Dengan Kemampuan Triage Hospital. Jawa Timur : Univesitas Jember.

Mardalena, Ida, 2019. Asuhan Keperawatan Gawat Darurat. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Nitisemito, 2020, Manajemen Personalia. Cetakan ke 9. Edisi ke 4. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Notoatmodjo, Soekidjo. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta. Rineka Cipta. 2012. h. 131-207

Ranupendoyo dan Saud. (2015). Manajemen Personalia. Yogyakarta: Pustaka Binawan.

Ringu YT. Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Response Time Perawat di IGD RSU Tipe C di Kupang Berdasarkan Teori Kinerja Gibson. Universitas Airlangga; 2017.

Ritonga. (2017). Manajemen Unit Gawat Darurat Pada Penanganan Kasus Kegawatdaruratan Obstetrik. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Schuetz , Philipp; et al. 2013. Optimizing triage and hospitalisation in adult general medical emergency patient : the triage project. BMC Emergency Medicine,1-11.

Setiadi, 2013. Konsep & Penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Setyohadi,B. dkk .2012. EIMED PAPDI Kegawatdaruratan Penyakit Dalam (Emergency in Internal Medicine). Volume I . Jakarta : Internal publishing.

Suma’mur, PK. 2014. Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja. Jakarta: Sagung Seto.

Sunaryo, Y.E. (2014). Pelaksanaan Triage Oleh Perawat Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Immanuel Bandung. Diperoleh tanggal 11 Agustus 2013 dari: www.rsimmanuel.com/index.php?option= com_content&view...

Wawan & Dewi M. 2019. Teori dan Pengukuran Pengetahuan , Sikap, dan Perilaku Manusia. Cetakan II. Yogyakarta : Nuha Medika.




DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v10i2.4287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706

Principal Contact

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License