ANALISIS LINGKUNGAN KELUARGA DAN ASPEK PSIKOSOSIAL ANAK TK MASYITOH IV SURAKARTA
Abstract
Penelitian ini menganalisis pengaruh lingkungan keluarga terhadap karakteristik psiko-emosional anak di TK di Surakarta. Penelitian kuantitatif ini melibatkan 24 wali murid anak usia 4-6 tahun, dengan data dikumpulkan pada 26-30 September 2024. Hasil menunjukkan 75% anak memiliki kondisi psikososial baik, dengan 50% keluarga mendukung dan 50% kurang mendukung. Faktor usia, jenis kelamin, dan lingkungan keluarga memengaruhi perkembangan psikososial anak. Intervensi pada keluarga dengan lingkungan kurang mendukung diperlukan melalui program peningkatan komunikasi, dukungan emosional, dan peran orang tua dalam pengasuhan.
Kata Kunci : keluarga, lingkungan, psikososial
This research analyzes the influence of the family environment on the psycho-emotional characteristics of children in kindergarten in Surakarta. This quantitative research involved 24 parents of children aged 4-6 years, with data collected on 26-30 September 2024. The results showed that 75% of children had good psychosocial conditions, with 50% of families supporting and 50% less supportive. Age, gender and family environment factors influence children's psychosocial development. Intervention in families with less supportive environments is needed through programs to increase communication, emotional support and the role of parents in parenting.
Keywords: family, environment, psychosocial
Full Text:
PDFReferences
Aini, Wiwit Nur, Adriani Rahma Pudyaningtyas, dan Nurul Shofiatin Zuhro. 2022. Korelasi Antara Kualitas Hubungan Orang Tua – Anak Dengan Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia 10(2):120. doi:10.20961/kc.v10i2.58586.
Amnan, Fachri, Syarifah Maryam, Dan Syarifah Aida. 2019. Analisis Tingkat Kesejahteraan Ekonomi Petani Berdasarkan Pendapatan Usahatani Pepaya California (Carica Papaya L.) Di Muang Dalam Kelurahan Lempake Kecamatan Samarinda Utara (Examination Of Financial Success Level Of Rancher Based On Salary Of California P. Jurnal Agribisnis Dan Komunikasi Pertanian (Diary Of Agribusiness And Agrarian Communication) 2(2):87. Doi:10.35941/Jakp.2.2.2019.2647.87-94.
Firmawati, Firmawati, dan Nur Uyuun I. Biahimo. 2021. Lingkungan Keluarga Dengan Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah Di Tk Srikandi Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Zaitun (Jurnal Ilmu Kesehatan) 8(2):852. doi:10.31314/zijk.v8i2.1107
Hastuti, Emma Aprilia, Suryani, dan Aat Sriati. 2022. Masalah Psikososial Ibu Dengan Anak Hindered. Jurnal Keperawatan 'Aisyiyah 9(2):173–86.
Pramesti, Fitria. 2018. Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 2(3):283. doi:10.23887/jisd.v2i3.16144.
Putra, Riko. 2023. Pola Pengasuhan Orang Tua dan Peran Master dalam Pendidikan Awal Anak. Al-Marsus :Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1(1):1. doi:10.30983/al-marsus.v1i1.6414
Saputro, Heri, dan Yuventri Otnial Talan. 2017. Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Psikososial Pada Anak Prasekolah. Diary Of Nursing Hone 1(1):1–8. doi:10.30994/jnp.v1i1.16.
Saripudin, Aip. 2019. Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Equalita:Jurnal Pusat Studi Sex dan Anak 1(1):114. doi:10.24235/equalita.v1i1.5161.
DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v10i2.4406
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706
Principal Contact
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License