GAMBARAN PENGETAHUAN MENYIKAT GIGI SISWA SDN PULO IE KECAMATAN KUALA KABUPATEN NAGAN RAYA
Abstract
Latar Belakang: Upaya pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut serta pembinaaan kesehatan gigi dan mulut terutama pada anak sekolah perlu mendapatkan perhatian khusus karena pada usia ini anak sedang menjalani proses tumbuh kembang. Berdasarkan pemeriksaan kebersihan gigi dan mulut pada 10 orang anak diketahui bahwa status kebersihan gigi dan mulut berada pada kategori 2,9 (kriteria sedang). Sementara target nasional OHI-S < 1,2 (kriteria baik). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran menyikat gigi siswa SDN Pulo Ie Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya. Penelitian ini bersifat deskriptif, dengan melakukan wawancara menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 33 murid sementara dalam penelitian ini tidak ada pengambilan sampel tapi penelitian pupulasi kelas IV dan V dengan distribusi 33 murid. Dilakukan pada tanggal 27 januari 2024. Hasil penelitian yang didapatkan adalah pengetahuan menyikat gigi paling banyak berada pada kategori sebanyak 20 murid (60,1%) dan yang baik sebanyak 13 murid (39,9%). Siswa murid SDN Pulo Ie masih kurang mengetahui tentang pengetahuan menyikat gigi. Dapat disimpulkan bahwa menyikat gigi berada pada kriteria kurang baik yaitu sebanyak 20 murid (60,1%) sedangkan kategori yang baik berada pada 13 murid (39,9%). Disarankan kepada murid agar dapat lebih menerapkan kebiasaan menyikat gigi dengan cara menyikat gigi teratur supaya menghindari terjadinya penyakit gigi. Bagi sekolah untuk meningkatkan UKGS di sekolah berupa penyeluhan yang diberikan oleh guru UKGS tentang kebersihan dan mulut dan cara menyikat gigi massal guna meningkatkan status kesehatan gigi dan mulut anak. Dan bagi instasi pemerintah untuk memberikan penyeluhan tentang kesehatan gigi dan mulut kepada orang tua murid guna meningkatkan kesehatan gigi dan mulut anak.
Kata Kunci: Pengetahuan Menyikat Gigi, Status Kebersihan Gigi dan Mulut Siswa SDN.
Background: Efforts to maintain dental and oral health and foster dental and oral health, especially in school children, need special attention because at this age children are undergoing a growth and development process. Based on dental and oral hygiene examinations in 10 children, it is known that the dental and oral hygiene status is in category 2.9 (moderate criteria). While the national target of OHI-S 1.2 (good criteria). This study aims to determine the description of tooth brushing of students at SDN Pulo Ie, Kuala District, Nagan Raya Regency. This study is descriptive, by conducting interviews using questionnaires. The population in this study was 33 students while in this study there was no sampling but a population study of classes IV and V with a distribution of 33 students. Conducted on January 27, 2024. The results of the study obtained were that the knowledge of brushing teeth was mostly in the category of 20 students (60.1%) and good as many as 13 students (39.9%). Students at SDN Pulo Ie still lack knowledge about tooth brushing knowledge. It can be concluded that brushing teeth is in the poor criteria, namely 20 students (60.1%), while the good category is 13 students (39.9%). It is recommended that students can better implement the habit of brushing their teeth by brushing their teeth regularly to avoid dental disease. For schools to improve UKGS in schools in the form of counseling provided by UKGS teachers about oral hygiene and how to brush teeth in mass to improve the status of children's dental and oral health. And for government agencies to provide counseling about dental and oral health to parents of students in order to improve children's dental and oral health.
Keywords: Toothbrushing Knowledge, Dental and Oral Hygiene Status of Elementary School Students.
Full Text:
PDFReferences
Budiharto, Pengantar Ilmu Perilaku Kesehatan dan Pendidikan Kesehatan Gigi. Penerbit Buku Kedokteran, Jakarta; EGC, 2013.
Ermerayanti, Ni Putu Eka. 2018. “Gambaran Perilaku Menyikat Gigi Serta Tingkat Kebersihan Gigi Dan Mulut Pada Kader Posyandu Di Wilayah Puskesmas Sukawati I Tahun 2018.” Politeknik Kesehatan Kemenkes Denpasar 2018.
Fadia, et all. 2022."Pendapat Orang Tua Dengan Kejadian Karies Gigi Anak TK Dharma Wanita Persatuan Tambakrejo 1. "Jurnal Ilmiah Keperawatan Gigi". Vol:3. No.2.
Farabi, Sandi, M. 2022. " Gambaran Prilaku Menyikat Gigi Pada Anak Ditinjau Dari Status Kebersihan Gigi Dan Mulut Di SDN Blang Muling Kecamatan Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya".
Fitriandha, Dewi. (2021). "Hubungan Tindakan Menyikat Gigi Dengan Oral Hygiene Pada Anak Kebutuhan Khusus Di SLB Bukesra Banda Aceh.
Gopdianto, et all. 2015. “Status Kebersihan Gigi Dan Perilaku Menyikat Gigi Anak SD Negeri 1 Malalayang.” Skripsi Progam Studi Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran ,.B., & Periodonsia Progam Studi Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratalngi Manado 3 (1).
Hartati. (2019). Kebiasaan Menyikat Gigi Malam Hari Pada Siswa Kelas V SD Methodist 9 Jl. Taduan No.114 Kecamatan Medan Tembung.
Kurnianti, R., Razi, P., Jurusan, D., Gigi , K., & Kemenkes, P. (2015). Perilaku Menyikat Gigi Dengan Status Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Suku Anak Dalam Di Desa Palempang Provinsi Jambi Tahun 2015. Jurnal Poltekkes Jambi, 8, 170-174.
Larasati, R., Wahyuni, D. F., Prasetyowati, S., & Hadi, S. (2022). Pengetahuan Dan Prilaku Menggosok Gigi Pada Anak Usia Dasar. Jurnal Kesehatan Gigi Dan Mulut (JKGM), 4(1), 45-52.
Liska, Mahda. 2023. “Gambaran Status Kebersihan Gigi Dan Mulut Ditinjau Dari Kebiasaan Menyikat Gigi Pada Murid Kelas IV Dan V SDN 13 Jaya Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya”.
Masnawati, Mei. 2022. “Pendidikan Kesehatan Tentang Sikat Gigi Pada Anak Usia Pra Sekolah.” Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA) 17 (1): 34–38.
DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v10i2.4409
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706
Principal Contact
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License