ANALISIS PROGRAM PELAYANAN KESEHATAN PADA PEKERJA TPA MENCIRIM KOTA BINJAI

Fahmi Syahreza Tarigan, Erni Susilawati, Syahrul'an Syahrul'an, Herawati Herawati

Abstract


Tempat Pembuangan Akhir (TPA) adalah salah satu layanan yang harus selalu beroperasi dalam suatu kota. Berdasarkan data yang didapatkan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (2021), bahwa produksi timbunan sampah di Indonesia sampai saat ini berjumlah 18,2 Juta ton/tahun. Berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai pada tahun 2023 di Kota Binjai memproduksi sampah sekitar 1.800 ton/hari. Mengingat tingginya resiko kerja petugas yang ada di TPA dan adanya keluhan gangguan kesehatan pada pekerja TPA maka perlu dilakukan penelitian analisis program pelayanan kesehatan pada pekerja TPA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Penelitian dilakukan di Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai dan TPA Mencirim Binjai pada bulan Desember 2024. Penentuan Subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian terdiri dari Kasubbag Keuangan dan Program Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai sebagai Informan Utama, Ka. UPTD Pengolahan Sampah dan TPA Kota Binjai sebagai informan utama, dan 3 orang petugas TPA sebagai informan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan petugas di TPA Mencirim Kota Binjai belum mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai dikarenakan kurangnya anggaran yang tersedia saat ini. Saat ini Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai hanya dapat melakukan pelayanan program BPJS Ketenagakerjaan untuk melindungi petugas TPA dari kecelakaan akibat kerja dan jaminan kematian.

Kata Kunci : Pelayanan Kesehatan, Program Pelayanan Kesehatan, Pekerja TPA


Full Text:

PDF

References


Hardani. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group

Khafifah, N. and Razak, A. (2022) ‘Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Bpjs Puskesmas Pangkajene’, Hasanuddin Journal of Public Health, 3(2) Available at: https://doi.org/10.30597/hjph.v3i2.21360.

Malik, S.A. (2023) ‘Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Mamboro Kecamatan Palu Utara Kota Madya Palu Propinsi Sulawesi Tengah Tahun 2023 Relationship between Health Service Quality and Patient Satisfaction at the Mamboro Health Center , Nort’, 6(6), pp. 552–562.

Prima Maharani Putri, Pelayanan Kesehatan di Era Jaminan Kesehatan Nasional Sebagai Program Badan Penyelenggara Jaminan Soisal Kesehatan, Jurnal Fakultas Hukum Universitas Slamet Riyadi, 2019

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nomor 71 Tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan Program Jaminan Kesehatan

Sri agustini, Analisis mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien, Jurnal program studi magister kesehatan, STIK Bina Husada, 2024

Undang-Undang RI Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial

Undang-Undang RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan




DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v10i2.4653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706

Principal Contact

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License