PENGARUH KOMPETENSI DOSEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kompetensi dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa, dimana kompetensi dosen disini berfokus pada kompetensi pedagogik dan profesional. Populasi penelitian yang digunakan adalah total sampling mahasiawa psikologi di salah satu kampus swasta dikota Medan yang berjumlah 150 mahasiswa. Alat ukur disusun berdasarkan dimensi dan aspek yang terdapat pada masing-masing variable penelitian dimana kompetensi guru disusun berdasarkan pendapat yang dikemukakan oleh Mulyasa (2012) mengenai indikator kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Sedangkan alat ukur motivasi belajar disusun berdasarkan aspek-aspek yang dikemukakan oleh teori Cherniss dan Goleman (2001; 2019). Analisa yang digunakan menggunakan analisis regresi dengan komputerisasi dengan aplikasi IBS SPSS statistic 25.00. Hasilnya menunjukkan (1) Terdapat pengaruh yang positif kompetensi pedagogik dosen sebesar 71,8% terhadap motivasi belajar mahasiswa di Medan, (2) terdapat pengaruh yang positif kompetensi profesional dosen sebesar 31,2% terhadap motivasi belajar mahasiswa di Medan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Irma, F.N. (2020) Pengaruh Kompetensi dosen dan kinerja dosen terhadap motiVASI belajar mahasiswa pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis universitas islam malang. Skripsi universitas islam malang diakses https://repository.unisma.ac.id/bitstream/handle/123456789/975/S1%20FEB%2021601081391%20Febytria%20Nur%20Imawati.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Baniati, H., Isnaini, M., & Fauzi, M. (2023). Problematika Problematika Tugas Mengajar Dengan Bidang Keahlian Guru. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(3), 558-568 diakses https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i3.455
Rivana. (2017) Strategi Pemanfaatan E-learning dalam mengatasi keterbatasan jumlah dosen. Jurnal teknologi Pendidikan Kwangsan Vol 5 No. 2 (hal 129-145) diakses https://jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalkwangsan/article/view/46/46
Tafonao., T (2018) Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Jomunikasi Pendidikan Vol. 2 No. 2 diakses http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/113/101
Aziz., S (2016) Manajemen Mutu perguruan tinggi koreksi dan Implementasi. Yogyakarta; Gava Media.
Moeheriono. (2010) Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi (competency based human resource management) Bogor, Ghalia Indonesia.
Wagiran. (2013) Kinerja Guru (Teori, Penilaian dan Upaya Peningkatannya) Yogyakarta; Deepublish
Ganyaupfu., E. M. (2013) Factor influencing academic Achievement in Quantitative Courses among Business Students of Private Higher Education Institutions 4 (15), 57-66. Retrieved from http://pakacademicsearch.com/pdf-files/edu/413/57-65 Vol 4,No. 15 (2013)pdf
Hadi., S. (2000). Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset.
Cherniss., C., & Goleman, D. (2001). The emotionally intelligent workplace: How to select for, measure, and improve emotional intelligence in individuals, groups, and organizations. San Francisco: Jossey-Bass.
Mulyasa., E. (2012). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosdakarya
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen.
Santrock., J.W. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana
Uno., B.H. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara
DOI: https://doi.org/10.33143/jhtm.v11i1.4777
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2615-109X
p-ISSN: 2442-4706
Principal Contact
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License