SHARIA E-COMMERCE AS A DIRECT INVESTMENT STRATEGY OF BPKH BASED ON PROFITABILITY AND PRODUCTIVITY OF SMES
Abstract
Penyelesaian permasalah yang dihadapi BPKH terkait dengan pengelolaan keuangan haji melalui strategi investasi secara langsung, dapat dilakukan dengan mendirikan perusahaan e-commerce syariah. Perusahaan e-commerce tersebut akan membantu UKM dalam memberikan layanan pemasaran online untuk peningkatan produktivitas dan daya saing UKM. Strategi investasi secara langsung ini diharapkan dapat memberikan nilai manfaat baik bagi jamaah haji maupun masyarakat pada umumnya. Penulisan paper ini bertujuan untuk memberikan gambaran bagi BPKH melalui studi profitabilitas dan produktivitas UKM atas pendirian perusahaan e-commerce syariah sebagai bentuk investasi langsung dari pengelolaan dana haji. Adapun penulisan paper ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dan dikatagorikan sebagai penelitian kepustakaan, yaitu penelitian yang data-data dan informasinya diperoleh dari data sekunder yang bersumber dari buku, paper/artikel dan sumber-sumber internet yang terkait dengan permasalahan dalam penulisan ini. Hasil dari penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pemanfaatan e-commerce terhadap produktivitas UKM yang diukur dari 3 indikator, yaitu penjualan produk, pendapatan dan relasi UKM.
Kata Kunci: BPKH, E-Commerce Syariah, UKM, Profitabilitas, Produktivitas
The resolution of the problems faced by BPKH related to the financial management of Hajj through a direct investment strategy, can be done by establishing a sharia e-commerce company. The e-commerce company will assist SMEs in providing online marketing services to increase SME productivity and competitiveness. This direct investment strategy is expected to provide value for both the hajj pilgrims and society in general. This paper aims to provide an overview for BPKH through a study of the profitability and productivity of SMEs for the establishment of a sharia e-commerce company as a form of direct investment in managing Hajj funds. The writing of this paper uses descriptive qualitative methods, and is categorized as library research, namely research in which data and information are obtained from secondary data sourced from books, papers/articles and internet sources related to the problems in this writing. The results of the study show that there is an effect of the use of e- commerce on the productivity of SMEs as measured by 3 indicators, namely product sales, income and SME relationship.
Keywords: BPKH, Sharia E-Commerce, SMEs, Profitability, Productivity
Full Text:
PDFReferences
Akbar, M.A. dan Sitti Nur Alam. (2020). E-Commerce – Dasar Teori Dalam Bisnis Digital. Yayasan Kita Menulis, Jakarta
Buyung, H., Aulia S. And Nirma K. (2016). Peningkatan Kinerja Usaha Kecil Jamu Madura: Pemanfaatan Teknologi Informasi. Journal Kompetensi. 10(1), 43-48
Dhewi, R. M., Stefani N. E., and Eusi S. (2019). E-Commerce Implementations For Recycled Products By Small Medium Enterprises. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 1(1), 34-39
Farida, N., Agus N., and Ahyar Y. (2017). Model of Relationship Marketing and E- Commerce in Improving Marketing Performance of Batik SMEs. Jurnal Dinamika Manajemen, 8 (1), 20-29
Fadah, I. & Randika F. (2018). Chasing Left Behind of The Micro, Small, and Mediun Enterprises Using Technology in Situbondo City. International Journal of Applied Business and Economic Research. 16(1), 51- 57
Fauziyah. (2018). MSMEs Empowerment through Business Organization Account Based on E-commerce (Case Study at the Jember Regency KSRN SME Online Forum) Jurnal Ilmu Manajemen Advantage 2(02), 11 - 16
Firdamansyah, A. (2017). Dynamic System Model for Improved Performance of Small Medium Enterprises through The Use of E-Commerce (Case Study: Craft Business in Lamongan). Skripsi. Fak. Teknologi Informasi. Institute Teknologi Sepuluh November.
Fidowaty, T., et all. (2021). E-Commerce in Small and Mediium Business. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research. 5(3), 584 - 589
Handarkho, Y. D., et all. (2017). Implementation of E-business Strategy to Increase Excellence Competitiveness of Micro, Small and Medium Enterprises in Indonesia (Case Study of Trooper Electronic Yogyakarta). Jurnal Buana Informatika. 8(4), 201-212
Hadi, N. (2017). Bentuk Optimalisasi Teknologi Informasi Dalam Mendukung E-Commerce Usaha Kecil dan Menengah. Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam. 5(2), 213 -224
Hendrawan, A., Hari S., and Kristian C. (2018). E-Commerce in Small and Medium Enterprises (SMEs) in order to Improve Performance. Jurnal Terapan Manajemen dan Bisnis. 4(2), 208-215.
Julisar and Eka M. (2013). Pemakaian E-Commerce Untuk Usaha Kecil Dan Menengah Guna Meningkatkan Daya Saing. Jounal ComTech. 4(2), 638-645
Muttaqin, R. (2017). Implementation of E-Commerce Website Application as Effort to Improve Marketing Promotion Small and Medium Business. Journal Rekayasa. 15(2), 112 - 115
Naninsih, N., and Syamsul A. (2019). Penerapan Pemasaran Kain Sutra Melalui E-Business pada Industri Alat Tenun Bukan Mesin Di Kabupaten Wajo. Seminar Nasional Pangan, Teknologi, dan Enterpreneurship. Makassar, 09 Februari 2019. 377 -383
Nuary, D. (2010). Implementasi theory of planned behavior dalam adopsi e-commerce oleh UKM. Skripsi. Fak. Ekonomi Manajemen. Universitas Sebelas Maret. Surakarta
Nugroho, L. (2020). E-Commerce to Improve Homemaker Productivity (Women Entrepreneur Empowerment at Meruya Utara, Kembangan District, West Jakarta, Indonesia). Indonesian Journal of Community Research & Engagement. 1(1),13-24
Karmawan, I G.M. (2014). Dampak Peningkatan Kepuasan Pelanggan Dalam Proses Bisnis E-Commerce Pada Perusahaan Amazon.Com. Journal ComTech, 5(2), 748-762
Lesmono, I.D. (2015). Pengaruh Penggunaan E-Commerce Bagi Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Dengan Pendekatan Teknology Acceptance Model, Journal Evolusi 3(1), 49 - 60
Manurung, A.H. (2015). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Cetakan Pertama. Penerbit Universitas Terbuka. Jakarta.
Mayasari, Chandra, Prasetyia, and Ferry. (2021). Competitiveness and E-Commerce: An Empirical Study on MSMEs Producing Tempe Sanan Chips in Malang City. Journal of Indonesian Applied Economics. 9(2), 10-16
Oktaviani, R. F. (2017). Mapping the Condition of SMEs in Indonesia in Adopting Ecommerce. International Journal of Pure and Applied Mathematics. 117(15), 973-982
Purwati, D., Susinah Kuntadi. (2017). Biaya Produksi, E-Commerce dan Penjualan Produk Pada Sentra Kaos Bandung. Journal Online Insan Akuntansi. 2(2), 217 – 228
Ramadhani, F., and Yaenal A. (2013). Optimalization of E-Commerce – Based Infomartion Technology as a Marketing Media for Small Medium Business to Increase Competitiveness in Facing The Asean Economic Community 2015. Economics Development Analysis Journal. 2 (2), 135 - 139
Rozaq, A., Raden K. H., and Ramadani (2016). Implementation of E-Commerce Model to Increase The Competitiveness of Small and Medium Business Products Sasirangan Banjarmasin City. Jurnal POSITIF. I(2), 1 - 7
Rakanita, A. M. (2019). Pemanfaatan E-Commerce Dalam Meningkatan Daya Saing UMKM Di Desa KarangSari Kecamatan Karang Tengah Kabupaten Demak. Journal EKBIS. 20(2), 1280 - 1289
Rerung, R.R. (2018). E-Commerce Menciptaka Daya Saing Melalui Teknologi Informasi. Depublish. Yogyakarta.
Sakinah. (2014). Investasi dalam Islam. Journal Iqtishadia, 1(2), 248-262
Slamet, R,. et all. (2016). Development Strategy of Digital Start Up to Confront The Era of Free Market. Journal Manajemen Indonesia. 16(2), 136 – 147
Setiawan, W., Eddy S., and Willyanto K. K. (2020). PKM Durenan Indah di Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11(3), 307-315
Setyorini, D., Ety Nurhayati, and Rosmita. (2019). Pengaruh Transaksi Online E-Commerce Terhadap Peningkatan Laba UKM (Studi Kasus UMKM Pengolahan Besi Ciampea Bogor Jawa Barat). Journal Mitra Manajemen. 3(5), 501-509
Sugiharto, T. (2009). Impact of Information Technology on Business Performance of Small – Sized Agribusiness Firms. Jurnal 162 Ekonomi Bisnis. 3(14), 161- 167
Sunarti et all. (2019). Increasing SMEs Income in Hacord Galery with E-Commerce Marketplace Web Application. Jurnal Terapan Abdimas. 4(2), 166-171
Sultoni, M. H. (2014). Peran Perdagangan Elektronik Sebagai Sebagai Pemasaran Strategi Usaha Kecil Menengah (UKM) Untuk Meningkatkan Keungan Kompetitif Di Tingkat Pemasaran ASEAN. Proceeding Seminar Nasional & Call For Papers (SCA-4). 4(1), 361 – 368
Tirtayasa, S., Ira N. & Hazmanan K. (2021). Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Kinerja UMKM dimoderasi Teknologi pada masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis. 22(2), 245-260
Triandini, E Arif D., and Daniel S. (2013). Factors Influencing E-Commerce Adoption by SMES Indonesia: A Conceptual Model. Journal Lontar Komputer. 4(3), 301 – 311
Tulung, J. C., Joyce L. and Farlane S. R. (2017). Analyzing The Relation Between The E- Commerce Development and Small Medium Enterprise in Manado. Jurnal EMBA
(2), 2958-2966
Wati, H., et all. (2016). Implementasi E-Commerce Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatan Pendapatan Usaha Kecil Menengah Produksi Kain Perca Di Kecamatan Banyumas. Jurnal Kelitbangan Pengembangan dan Inovasi Iptek Kabupaten Pringsewu. 1(1), 85 -103
Widodo, S. R., et all (2021). Digitalisasi pemasaran bagi UKM ternak telur di Desa Sumberagung. Journal Community Empowerment. 6(8), 1489-1494
Wibawa, M. B. and Fahrizal (2019). Pelatihan E-Commerce Bagi UKM Aceh. Jurnal Pengabdian Masyarakat INOTEC UUI. 1(2), 6 - 9
Zainul, Z.R. dan Khairanis. (2019). Analisis Pengelolaan Dana Haji pada PT. Bank Aceh Syariah. Journal Ekonomi Syariah Equilibrium, 7(2), 240-258.
Zakiah, A., Ardhian E., and Eka A. L. (2019). Implementation of Action Research for Improving the Competitive of SMEs with E-Commerce. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik. 23(1), 54-62
Website Reference:
Arti kata dan definisi menurut para ahli.(2020). Diakses 17 Agustus 2020. https://www.pengertianmenurutparaahli.net/pengertian-pengelolaan-keuangan-menurut-para- ahli/
https://www.bps.go.id/searchengine/result.html
Fenalosa, A. (2021). [Analisis] Bagaimana Cara Perusahaan E-commerce Indonesia MendapatPemasukan. Diakses 7 November 2021. Dari: https://iprice.co.id/trend/insights/kanal-monetisasi-pemasukan-perusahaan-e-commerce- indonesia/
https://bpkh.go.id/. Diakses 10 Agustus 2020
Irfan, M. (2020).Badan Pengelola Keuangan Haji Harus Lebih Berdaya.Diakses 14 Agustus 2020. Dari: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-01315923/badan-pengelola- keuangan-haji-harus-lebih-berdaya
Kompas. Ulya, F. (2020). BI Prediksi Transaksi E-Commerce Melonjak Sampai Rp 429 Triliun Sepanjang 2020. Dari: https://money.kompas.com/read/2020/10/22/051200926/bi-prediksi-transaksi-e- commerce-melonjak-sampai-rp-429-triliun-sepanjang-2020
Statista. (2019). Pengguna dan Tingkat Penetrasi E-Commerce di Indonesia 2017-2023. Dari: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/10/tren-pengguna-e-commerce- 2017-2023
Tasropi.(2020), Kinerja BPKH Belum Maksimal.Diakses 15 Agustus 2020. Dari: https://radarsemarang.jawapos.com/berita/semarang/2020/02/04/kinerja-bpkh-belum- maksimal/
We Are Social & Hootsuite. (2020). Digital Data Indonesia 2020. In Data Reportal. Dari: https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia
Widiyani, R. (2020). Ada Kemungkinan Kuota Haji Indonesia 2020 Bertambah.diakses 25 Agustus 2020, https://news.detik.com/berita/d-4871899/ada-kemungkinan-kuota-haji- indonesia-2020-bertambah
Witjaksono, B., et all. (2019). Apa dan Bagaimana Investasi Keuangan Haji BPKH. Website BPKH.
www.haji.kemenag,co,id. Diakses 14 Agustus 2020.
DOI: https://doi.org/10.33143/jecs.v8i2.2443
Refbacks
- There are currently no refbacks.

