PENGARUH MOTIVASI DAN GAYA HIDUP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN PUSAT KEBUGARAN FITNESS DI KOTA BANDA ACEH

Lisnawati Lisnawati, Marlizar Marlizar, Badrul Munir, Herawati Herawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pengaruh Motivasi dan Gaya Hidup Konsumen Terhadap Keputusan Menggunakan pusat kebugaran Fitness di kota Banda Aceh. Metode yang di gunakan adalah metode assosiatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh atau hubungan antar dua variabel atau lebih dalam suatu penelitian. Jumlah sampel yang ada dalam penelitian ini sebanyak 96 orang pengunjung dan member dari pusat kebugaran Fitness di kota Banda Aceh. Teknik penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Purba. Teknik analisis yang di gunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan pusat kebugaran Fitness di kota Banda Aceh, gaya hidup secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan pusat kebugaran Fitness di kota Banda Aceh. Motivasi dan gaya hidup secara simultan berpengaruh terhadap keputusan menggunakan pusat kebugaran Fitness di kota Banda Aceh.

Kata Kunci: Motivasi, Gaya Hidup dan Keputusan Konsumen

 

This research aims to analyze the effect of consumer motivation and lifestyle on the decision to use a fitness center in the city of Banda Aceh. The method used is the associative method which aims to determine the influence or relationship between two or more variables in a study. The number of samples in this study were 96 visitors and members of the fitness center in Banda Aceh. The technique for determining the number of samples in this study using the ancient formula. The analysis technique used is multiple linear regression analysis. Showed that motivation partially had a positive and significant effect on the decision to use a fitness center in Banda Aceh, lifestyle partially had a positive and significant effect on the decision to use a fitness center in Banda aceh. Motivation and lifestyle simultaneously influence the decision to use the fimess fitness center in the city of Banda Aceh.

Keywords: Motivation, Lifestyle and Consumer Decisions.


Full Text:

PDF

References


Ibrahim, A., dkk. (2018). Metodelogi Penelitian. Makasar: Gunadarma Ilmu.

Kotler, Philip dan Armstrong. (2018). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Salemba Empat, Jakarta.

Poltak, Hendra., Sumarsih, Sri Hastutik. (2021). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep dan Strategi Pada era Digital). Bandung: Media Sain Indonesia.

Priansa, Donni Junni . (2017). Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Sangadji, E.M., dan Sopiah. (2018). Prilaku Konsumen:Pendekatan Praktis. Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Septiana, Aldila. (2017). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Kreatif. Jawa Timur: Duta Mulia.

Solomon, Michael. R. (2018). Consumer Behaviour: Buying, Having and Being. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Sudaryono. (2016) Manajemen Pemasaran: Teori dan Impliaksi. Yogyakarta: ANDI.

Sumarwan, Ujang. (2017). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sutisna. (2018). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung : Rosda Karya.




DOI: https://doi.org/10.33143/jecs.v8i2.2533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal indexed by: