PENGARUH KREATIVITAS IKLAN TERHADAP PERILAKU KONSUMEN WARDAH YANG DIMEDIASI OLEH EFEKTIVITAS IKLAN

Lisnawati Lisnawati, Marlizar Marlizar, Finaul Asyura, Irna Musana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Kreativitas Iklan terhadap Perilaku Konsumen melalui Efektivitas Iklan pada masyarakat Kota Banda Aceh. Ukuran sampel penelitian ini sebanyak 96 responden masyarakat Kota Banda Aceh. Data penelitian dikumpulkan melalui daftar pertanyaan/kuisioner dan studi dokumentasi. Pengolahan data ini dilakukan dengan cara menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Peralatan statistik yang dapat digunakan untuk menguji hubungan fungsional antar variabel dependen dengan variabel independen adalah analisis jalur (path analyzing) pada tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukan bahwa Kreativitas Iklan berpengaruh terhadap Efektivitas Iklan.  Kreativitas Iklan berpengaruh secara langsung terhadap Perilaku Konsumen.  Efektivitas Iklan berpengaruh signifikan terhadap Perilaku Konsumen. Kreativitas Iklan berpengaruh signifikan terhadap Perilaku Konsumen melalui Efektivitas Iklan sebagai variabel Mediasi.

Kata Kunci: Kreativitas Iklan, Perilaku Sikap Konsumen dan Efektivitas Iklan

This study aims to examine and analyze the effect of advertising creativity on consumer behaviors through advertising effectiveness in the people of Banda Aceh. The sample size of this research was 96 respondents in the city of Banda Aceh. This data processing is done by using quantitative data analysis techniques. The statistical tool that can be used to test the functional relationship between the dependent variable and independent variables is path analyzing at the 95% confidence level (α = 0,05). The results showed that advertising creativity has a direct effect on advertising effectiveness. Advertising creativity has a direct effect on consumer behaviors. Advertising creativity has a significant effect on consumer behaviors through advertising effectiveness as a mediating variable.

Keywords: Advertising creativity, consumer behavior and advertising effectiveness.


Full Text:

PDF

References


Apriatni dan Nugroho (2015) Pengaruh Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Menabung Tabungan Simpedes di PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk. Cabang Semarang Pattimura. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 1, No. 1, Hal 1-9

Ardiansyah, L. Arifin, Z. Dan Fanani, D. (2015). Pengaruh Daya Tarik Iklan Terhadap Efektivitas Iklan (Survey terhadap iklan honda versi band Nidji “one heartâ€. Jurnal. Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Malang. Vol. 23, No.2, Hal 13-29

Arikunto, Suharmi. (2019). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaslim, Saladin. (2016). Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran. Bandung, Linda Karya.

Ferrinadewi, Erna. (2017). Merek dan Psikologi Konsumen, Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ibrahim, A., dkk. (2018). Metodelogi Penelitian. Makasar: Gunadarma Ilmu.

Kotler dan Armsrong. (2018). Marketing Management. Edisi Keempat belas. Global Edition : Pearson Edition.

Kotler, P. dan Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.

Kotler, Philip. (2018). Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga, Jakarta

Rangkuti Freddy, (2018), Strategi Promosi Yang Kreatif. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama

Schiffman, Leon dan Kanuk, Leslie L. (2017). Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks.

Sendow (2016) Pengaruh Knowledge Management, Skill Dan Attitude Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. Bank Sulutgo Kantor Pusat Di Manado). Jurnal Manajemen, Vol. 1, No. 1, Hal 1-16

Setyowirasti, A. Dan Mudiantono (2016), Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Efektivitas Iklan, Brand Equity (Studi pada sabun Lux di area Semarang). Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro, Vol.5, No. 2, Hal 15-32

Situmeang, Oisina. (2016) Pengaruh Daya Tarik Iklan Televisi Toko Bagus Terhadap Minat Beli (Survey Pada Warga Kompleks Citra Gran Cluster Central Garden, Cibubur). Jurnal Komunikologi Volume 10 Nomor 1, Hal 1-9

Solomon, Michael. R. (2018). Consumer Behaviour: Buying, Having and Being. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Suasana, G. A. (2017). Peran Efektivitas Iklan Memediasi Pengaruh Kreativitas Iklan Terhadap Brand Attitude Pasta Gigi Merek Pepsodent Di Kota Denpasar. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia, Vol. 1, No. 1, Hal 1-13

Sugiyono. (2018).Statistika Untuk Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset




DOI: https://doi.org/10.33143/jecs.v9i1.3007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal indexed by: