PERSEPSI DAN SIKAP PELAJAR TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA BIMBINGAN BELAJAR BIMAFIKA DI KOTA BANDA ACEH

Awwaliah Awwaliah, Soraya Lestari, Ridha Ansari, Akrajal Mar'a Alriadi, Aisyah Aisyah

Abstract


Pemilihan bimbingan belajar Bimafika oleh pelajar di awali dengan terbentuknya seperangkat motif, persepsi dan berujung pada sikap. Ketika adanya rangsangan (motif) untuk mencapai keberhasilan/karier pendidikannya, pelajar akan terdorong untuk mencari dan menggunakan bimbingan belajar. Persepsi membantu konsumen dalam memilih, mengatur dan menginterprestasikan kondisi yang diinginkan sehingga munculnya bimbingan belajar Bimafika dalam perangkat keputusannya. Sampai sejauh mana para pelajar akan bertindak menggunakan lembaga pendidikan Bimafika ditentukan oleh sikap mereka, Tujuan penelitian: Untuk mengetahui pengaruh motivasi, perspektif dan pengaruh sikap pelajar terhadap keputusan menggunakan jasa bimbingan belajar Bimafika di Kota Banda Aceh Hasil penelitian: Berdasarkan hasil pengujian, pengolahan, dan analisis data yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan sebegai berikut: Berdasarkan uji secara serempak variabel Motivasi, Persepsi dan Sikap berpengaruh secara nyata terhadap keputusan menggunakan jasa bimbingan belajar Bimafika di Kota Banda Aceh. Berdasarkan uji secara parsial variabel Motivasi, Persepsi dan Sikap mempengaruhi keputusan menggunakan jasa bimbingan belajar Bimafika di Kota Banda Aceh. Dari hasil penelitian diperoleh variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan menggunakan jasa bimbingan belajar Bimafika di Kota Banda Aceh yaitu Sikap.

Kata Kunci: Sikap Pelajar, Jasa bimbingan

The choice of Bimafika tutoring by students begins with the formation of a set of motives, perceptions and ends in attitudes. When there is a stimulus (motive) to achieve success/educational career, students will be encouraged to seek and use tutoring. Perception helps consumers choose, organize and interpret the desired conditions so that Bimafika tutoring appears in their decision tools. To what extent students will act using Bimafika educational institutions is determined by their attitudes. Research objectives: To determine the influence of motivation, perspective and the influence of students' attitudes on the decision to use Bimafika tutoring services in Banda Aceh City. Research results: Based on the results of testing, processing and data analysis that has been carried out, the following conclusions can be drawn: Based on simultaneous tests, the variables Motivation, Perception and Attitude have a real influence on the decision to use Bimafika tutoring services in Banda Aceh City. Based on a partial test, the variables Motivation, Perception and Attitude influence the decision to use Bimafika tutoring services in Banda Aceh City. From the research results, it was found that the variable that most dominantly influences the decision to use Bimafika tutoring services in Banda Aceh City is attitude.

Keywords: Student Attitude, Guidance Services


Full Text:

PDF

References


Boone, Kurtz, (2005), Manajemen Pemasaran, Adipura, Jakarta.

Charles W.Lamb, Joseph F. Hair, Carl Mc Daniel, Pemasaran, (2006) Pemasaran, Salemba Empat.

Chirtine Tantrisna dan Kanya Prawitasar (2005) Analisa Harapan Dan Persepsi Penumpang Terhadap Kuailitas Makanan Yang Disediakan Oleh Maskapai Penerbangan Di Indonesia, Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra Surabaya

Dina Andriana (2006) Pengaruh motivasi persepsi dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian sepeda Motor Merek Honda di Kawasan Banda Aceh, Jurnal Bisnis dan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala Darussalam Banda Aceh.

Ghozali, Imam (2006) Struktural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square Badan Penerbit Universitas Diponegoro 2006

Gujarati, Damondan N (2005), Basic Ekonomics, Singapore, Mc Graw-Hill, Inc.

Irianto Agus (2005) Statistik: Konsep dan Aplikasi, Kencana, Jakarta.

Jasman J. Ma,ruf (2005) Riset Perilaku Konsumen : Niat Membeli Melalui Internet, Program Magister Manajemen UNSYIAH, Banda Aceh.

Jogiyanto, Hartono (2005) Metodelogi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-pengalaman, BPFE UGM, 2005

John C. Mowen dan Michael Minor (2005) Perilaku Konsumen, Erlanga, Jakarta.

Kotler dan Armstrong (2006) Prinsip-prinsip Pemasaran, Erlangga, Jakarta.

Kotler Philip (2006) Manajemen Pemasaran Edisi Pemasaran Milinium, Erlangga, Jakarta.

Malhotra, Naresh (2005), Marketing Research: An Applied Orientation, 4th ed, Prentince Hall, Inc

Monle Lee dan Carla Johnson (2005) Prinsip-prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif Global, Prenada Media, Jakarta.

Prasetejo Ristiyanti dan John J.O.I Ihalauw (2005) Perilaku Konsumen, Andi Offset, Yogyakarta.

Rangkuti Freddy (2005) Riset Pemasaran, Gramedia, Jakarta

Richard L. Daft (2006) Manajemen, Erlanga, Jakarta.

Santoso (2005) Metode Statistik, Rosda Karya, Bandung

Sarwono, Indra, (2006), Psikologi Sosial dalam Masyarakat, Prehhalindo, Jakarta.

Schifman Leon dan Kanuk Leslia Lazap (2007) Perilaku Konsumen, Edisi Ketujuh, Indec, Jakarta.

Sekaran Uma (2005) Research Methods For Business :Metode Penelitian Untuk Bisnis, Jakarta: Salemba Empat.

Setiadi Nugroho J. (2005) Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, Kencana, Jakarta.

Simamora, Bilson (2005), Panduan Riset Perilaku Konsumen, Edisi Kedua, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Smith PR (2006). Jawaban Jitu Untuk Berbagai Pertanyaan Pemasaran, Erlanga, Jakarta.

Staub, D. W. and Gefen, D., Karahanna, E. (2005). “Trust and TAM in Online Shopping: An Integrated Model.†MIS Quarterly, 27(1),51-90.

Sudarmanto (2005) Analisis regresi Linear Berganda dengan SPSS, Graha Ilmu, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.33143/jecs.v9i1.3305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal indexed by: