STRATEGI KOMUNIKASI BPJS KETENAGAKERJAAN KANTOR CABANG BANDA ACEH DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM JAMINAN PENSIUN

Niza Mulhayat, Iwan Budhiarta

Abstract


ABSTRAK

 

Strategi  komunikasi  sangat  berperan  penting  dalam  membentuk  suatu  program  baru  didalam  sebuah perusahaan. Pentingnya strategi komunikasi yang baik diterapkan agar program baru tersebut berjalan sesuai visi misi perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan bentuk strategi komunikasi BPJS Ketenagakerjaan kantor cabang Banda Aceh dalam mensosialisasikan program jaminan pensiun dan untuk mengetahui hambatan yang dihadapi BPJS Ketenagakerjaan dalam mensosialisasikan program jaminan pensiun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan komunikasi. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi yang digunakan BPJS Ketenagakerjaan Kacab Banda Aceh dalam mensosialisasikan program jaminan pensiun yakni dengan mengenal atau menentukan target audiensnya, menyusun pesan dalam hal ini UU BPJS Ketenagakerjaan, Peraturan Pemerintah (PP), Peraturan Menteri Tenaga Kerja (PMTK), Visi dan Misi BPJS ketenagakerjaan, Manfaat Program Jaminan Pensiun, tata cara pendaftaran, serta berkoordinasi dengan pemerintah setempat dan dinas sosial dan tenaga kerja terkait sosialisasi program jaminan pensiun, (2) Hambatan yang di hadapi BPJS Ketenagakerjaan Kacab Banda Aceh dalam mensosialisasikan program jaminan pensiun yakni dalam  menentukan  audiens  dimana  peserta  sosialisasi  yang  hadir  bukan  pekerja  yang  bertugas  mengolah  data perusahaan, sehingga materi pesan menjadi tidak tepat sasaran, serta dalam menetapkan metode dimana kesesuaian waktu antara BPJS Ketenagakerjaan Kacab Banda Aceh dan Dinas terkait. Diharapkan dari hasil penelitian ini dapat memaksimal bentuk strategi komunikasi dalam sosialisasi untuk program jaminan pensiun kedepannya serta menjadi bahan pengembangan untuk penelitian selanjutnya terkait program jaminan pensiun di BPJS Ketenagakerjaan Kacab Banda Aceh.

 

Kata kunci           : BPJS Ketenagakerjaan, program jaminan pensiun, strategi komuniasi

 


Full Text:

PDF

References


Adisaputro, G. 2010. Manajemen Pemasaran Analisis untuk Perancangan Strategi Pemasaran. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Adnjani, M. D. Mubarok. 2018. Strategi Sosialisasi Sistem Penyiaran Analog ke digital di Jawa Tengah. Jurnal ASPIKOM. Vol. 3

No.4. Hal:755.

BPJS Ketenagakerjaan, 2017. Sejarah BPJS Ketenagakerjaan.Diaksesdalamhttp://bpjsketen agakerjaan.go.id, pada tanggal 25 Desember

Canggara, H. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Damsar. 2011. Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Effendy, OU. 2007. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek Cet. XX. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jaminan Sosial (Jamsos) Indonesia. 2015. Fungsi, Tugas dan Wewenang BPJS. Diakses dalamhttp://www.jamsosindonesia.com/cetak/ printout/268 pada tanggal 25 Desember 2018.




DOI: https://doi.org/10.33143/jecs.v5i2.472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal indexed by: