PROSEDUR DAN TEKNIK PENGELOLAAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN KEBERHASILAN PROSES BELAJAR MENGAJAR BAHASA INGGRIS

Murnia Suri, Nelliraharti Nelliraharti, Salwa Hayati

Abstract


Salah satu faktor pendukung dalam proses belajar mengajar adalah prosedur dan teknik yang digunakan. Prosedur dan teknik tersebut tidak hanya berkaitan dengan pemilihan namun juga pelaksanaan keduanya dalam proses transfer ilmu tersebut. Artikel ini membahas tentang prosedur dan teknik yang dapat diterapkan oleh tenaga pengajar dalam pembelajaran bahasa khususnya bahasa Inggris yang memiliki tujuan pembelajaran berupa penguasaan empat skill, mendengar, membaca, berbicara dan menulis. Untuk mendapatkan keempat skill berbahasa tersebut diperlukan prosedur dan teknik yang tepat sesuai dengan kemampuan dasar peserta didik dan juga kondisi kelas saat pembelajaran berlangsung. Prosedur dan teknik dalam pembelajaran bahasa Inggris yang dibahas pada artikel ini mengkhususkan pada prosedur dan teknik komunikasi, pengelolaan kelas dan usaha dalam mengatasi masalah yang timbul dalam pelaksanaannya.

Kata kunci: prosedur dan teknik, pengelolaan kelas, pembelajaran bahasa Inggris


Full Text:

PDF

References


Bosch, K. 2016. Planning Classroom Management: A Five –Step Process to Create a Positive Learning Environment 2nd Ed. Thousand Oaks: Corwin Press.

Cece Wijaya. 2011. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Danim Sudarwan. 2016. Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Fuad Ikhsan. 2005. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rieneka Cipta.

Jones, V.F & Jones, L.S. Comprehensive Classroom Management, Creating Communities of Support and Solving Problems 10th ed. Upper Saddle River. NJ Pearson.

Khadijah. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.

Mulyasa. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosda Karya.

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ruswandi.2013. Seni Mengajar di Depan Kelas. Bandung. Cipta pesona Sejahtera.

Slamet.2000. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (edisi revisi). Jakarta: Direktorat Dikmenum. Ditjen dikdasmen, Depdiknas.

Sodikin. 2012. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Airlangga.

Suharsimi Arikunto. 2008. Pengelolaan Kelas dan Siswa. Jakarta: Rajawali.

Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Suyanto.Abbas. 2004. Wajah dan Dinamika Pendidikan Anak Bangsa. Yogyakarta.: Adicita Karya Nusa.




DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v7i2.1826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706

PRINCIPAL CONTACT

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda