MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENENTUKAN STRUKTUR TEKS NEGOSISASI DENGAN METODE THINK PAIR SHARE

Yuslinar Yuslinar, Fitriliana Fitriliana

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar bahasa indonesia khususnya dalam keterampilan membaca menentukan struktur teks negosiasi kelas X SMA Negeri 1 Calang. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan bahwa metode Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan menentukan struktur teks negosisasi kelas X IPS. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Alat yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar jawaban pengamatan, lembar soal evaluasi, dan lembar penilaian. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Data yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, yaitu hasil evaluasi tertulis siklus 1 adalah 63,1 % siklus 2 84,2 %.

Kata kunci: kemampuan siswa, think pair share, struktur teks negosiasi.

This research is motivated by the low learning outcomes of Indonesian, especially in reading skills to determine the structure of negotiating texts for class X SMA Negeri 1 Calang. The purpose of this study is to prove that the Think Pair Share method can improve the ability to determine the structure of the negotiating text for class X IPS. The research was carried out in two cycles. The tools used in this study include observation answer sheets, evaluation question sheets, and assessment sheets. The method used is a quantitative method. The data obtained showed an increase in learning outcomes, namely the results of the written evaluation in cycle 1 were 63.1% for cycle 2, 84.2%.

Keywords: student ability, think pair share, negotiating text structure




Full Text:

PDF

References


http://www.oke.or.id/tutorial/BI-pembelajaran metode Think Pair Share .pdf (diunduh 4 Februari 2020).

http://baguspsi.blog.unair.ac.id/2020 langkah-langkap pembelajaran Think Pair Share.

http://media.diknas.go.id/media/document/3553.pdf

Kosasi, E dan Kurniawan, Endang. (2009). 22 Jenis Teks & Strategis Pembelajaranya di SMA-SMK-MA/SMK. Bandung: Yrama Widya.

Akhadiah,S. et al. (1998). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Ambary, Abdullah, dkk. (1999). Penuntun Terampil berbahasa Indonesia dan Petunjuk guru. Bandung: Trigenda Karya.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Bandung: Reneksa Cipta.

_______. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Cohran-Smith, M. (1986). Reading to Children: A model for Understanding Texts. In. E. Schieffelin & B.B. Gilmore (Eds.), The acquisition of literacy: Ethnographic perspective perspectives,34-35. Norwood: NJ. Abex.

Gilbert A. Churchil. (1991). Marketing Research Metodological Foundations. New York: The Dryden Press.

Harisiati, Titik. (1999). Penelitian Tindakan Sebagai Aplikasi Metode Ilmiah dan Pemecahan Masalah Pembelajaran bahasa Dalam Seminar FPBS IKIP Malang.

Holdaway D. (1979). The Foundation of Literacy. Sydney: Bridge Printery.

Goodman K.S. (1986). What’s Whole in Whole Language? Portsmounth: N.H. Heinemann.

Kemmis, S. and Mc. Taggart, R. (1988). The Action Research. Victoria: Deakin University.

Melvin. L. Silberman. (2004). Active Learning. 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa dan Nusamedia.

Poerwadarminta, WJS. (1979). ABC Karang Mengarang. Yokyakarta. UP.

Riduwan. (2005). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Strickland, D.S. (1988). Some Tips for Using Big Books. The reading teacher, 42, 966-977.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumardi & Nur Anggraeni. (2005). Terampil Berbahasa Indonesia Untuk SMA. Jakarta: Erlangga.

Semi,M. Atar. (2003). Menulis Efektif.Padang: Angkara Raya.

Tarigan. Djago. (2009). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v8i2.2423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706

PRINCIPAL CONTACT

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda