PENGGUNAAN METODE GRAMMAR TRANSLATION METHOD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESCRIPTIVE

Leli Mainandar, Murnia Suri

Abstract


Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Calang selama tiga bulan sejak bulan Juli sampai September 2015. Penelitian tindakan kelas ( PTK ) dengan judul Penggunaan  Metode Grammar translation untuk meningkatkan kemampuan menulis Teks Descriptive  pada siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Calang  adalah bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks Descriptive sesuai dengan fungsi,struktur teks dan unsur kebahasaan  sesuai dengan konteks penggunaannya. Unsur yang di nilai adalah bagaimana siswa dapat menulis kalimat  dengan benar sesuai dengan struktur dan unsur kebahasaan  yang di pakai dalam menulis teks Descriptive. Hasil penelitian adalah sebagai berikut :pretes  siswa mendapat nilai rata – rata 36 (hampir semua kalimat tidak benar). Siklus I nilai rata-rata 50,25 .Siklus II nilai rata-rata 59,25 dan siklus III nilai rata-rata 70. Dari 20 orang siswa, ada 16 orang siswa yang  masuk kategori B, jika di persen kan maka 80 % siswa menulis sebagian besar kalimat  dengan benar . Jika 75 % sampai 84 % siswa bisa menguasai materi pembelajaran   maka termasuk dalam kategori  bagus. Jadi siswa berhasil meningkatkan kemampuan menulis  dengan menggunakan  Metode Grammar translation dan siswa lebih aktif dalam proses belajar.

Kata kunci   : Grammar Translation Method, Teks Descriptive

This research was conducted at SMA Negeri 1 Calang for three months from July to September 2015. Classroom action research (CAR) with the title Using the Grammar translation Method to improve the ability to write descriptive text in class X IPA 1 SMA Negeri 1 Calang is aimed at improve students' ability to write descriptive text according to the function, structure of the text and linguistic elements according to the context of its use. The element that is assessed is how students can write sentences correctly according to the structure and linguistic elements used in writing descriptive text. The results of the study are as follows: pretest students get an average score of 36 (almost all sentences are not true). Cycle I average value is 50.25. Cycle II average value is 59.25 and cycle III average value is 70. Of the 20 students, there are 16 students who fall into category B, if the percentage is right then 80% of the students write most of the sentences correctly. If 75% to 84% of students can master the learning material, it is included in the good category. Thus, the students succeeded in improving their writing skills by using the Grammar translation method and students were more active in the learning process.

Keywords : Grammar Translation Method, Descriptive Text


Full Text:

PDF

References


Moh. Uzer Usman. (2009) Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: PT.Remaja Rosda Karya.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, dkk. (2017).

Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT.Bumi Aksara.

Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT.Rineka Cipta

MGMP 2008 Model – Model Pembelajaran. ( wordpress. com. 2008 ).

Th.M.Sudarwati. (2006). Look Ahead 1 An English Course For Senior high Scool Student Year X.

Depdiknas. (2006). Standar Kompetensi mata Pelajaran Bahasa Inggris SMA /MA Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

DepdiknaS. (2003). Pedoman Teknis Pelaksanaan CAR (Classroom Action Research ). Jakarta : Dirjen Pendidikan Dasar, Menengah dan Lanjutan Pertama.

Martin H. Manser. (1995), oxford Learner’s Pocket Dictionary, Oxford University Press

Suherman, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA

https://www.englishcafe.co.id/pengertian-descriptive-text-dalam-bahasa-inggris-beserta-contohnya/

https://www.ilmubahasainggris.com/descriptive-text/

https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-linking-verbs




DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v8i2.2430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706

PRINCIPAL CONTACT

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda