PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Calang selama 3 bulan di mulai dari bulan Maret sampai bulan Mei 2020 yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengingat dan hasil belajar siswa kelas XI.MIA.2 materi Turunan suatu Fungsi pelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran Problem base Learning (PBL) tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI.MIA.2 SMA Negeri 1 Calang tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 22 orang yang dikategorikan dalam 6 (enam) subjek. Teknik pengumpulan data yaitu yaitu teknik tes dan non tes. Penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus. Data observasi dilakukan dengan melihat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan cara statistik persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dari 86,36 % menjadi 100 % pada siklus II. Dari siklus I ke siklus II kemampuan mengingat siswa mengalami peningkatan menjadi lebih baik dengan tercapainya ketuntasan semua siswa. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari kategori baik meningkat menjadi sangat baik. Penerapan model pembelajaran Problem Base Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan mengingat dan hasil belajar matematika pada materi Turunan Fungsi untuk siswa kelas XI.Mia.2 di SMA Negeri 1 Calang pada tahun pelajaran 2020/2021.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Base Learning, Turunan Fungsi Aljabar
This research was carried out at SMA Negeri 1 Calang for 3 months starting from March to May 2020 which aims to determine the improvement of memory skills and learning outcomes of class XI.MIA.2 students in the Derivatives of a Function in Mathematics by using the Problem base Learning learning model. (PBL) for the 2020/2021 school year. The subjects of this study were students of class XI.MIA.2 SMA Negeri 1 Calang for the academic year 2020/2021, totaling 22 people who were categorized into 6 (six) subjects. Data collection techniques are test and non-test techniques. Classroom action research consists of two cycles. Observation data is done by looking at the activeness of students in the learning process. Data analysis was carried out by means of percentage statistics. Based on the results of the study showed that there was an increase in student learning outcomes in the first cycle from 86.36% to 100% in the second cycle. From cycle I to cycle II, the students' ability to remember has increased for the better with the achievement of all students' mastery. Student learning activities have increased from the good category to very good. The application of the Problem Base Learning (PBL) learning model can improve memory skills and mathematics learning outcomes in Derivative Functions material for class XI.Mia.2 students at SMA Negeri 1 Calang in the 2020/2021 school year.
Keywords: Learning Model, Problem Base Learning, Algebraic Function Derivatives
Full Text:
PDFReferences
Dymyati dan Mudjiono. (2006) Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Kardi dan Nur. (2000).”Ciri – ciri model pembelajaran langsung”. Dalam Trianto.2007. Model – Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi konstruktivistik. Jakarta:Prestasi Pustaka.
Kunandar. (2010). Guru Profesional (Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan sukses dalam sertifikasi guru). Jakarta: Rajawali Pers.
Myers, D. (2006) Pshychology. Edisi Pertama.Neeyork : Work Publishers
Porter, B. D., & Hernacki, M. (2002). Quantum Learning (Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan). Bandung: Kaifa.
Silberman, Melvin L. (2006). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif.
Bandung: Nuansa.
Silberman, Melvin L. (2007). Active Learning Strategi Pembelajaran Aktif.
Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Silberman Mel. (2009),Active learning 101 Strategi pembelajaran aktif, Yogyakarta Islam Madani.
Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inofatif. (Sidoarjo:Masmedia Buana Pusaka)
Tim Penyusun kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1990)
Trianto. (2007) Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana
Wasis D Dwiyogo. (2004). Konsep Penelitian dan Pengembangan. Malang: Lemlit UNM.
Wulandari, T. (2009). Perbedaan Kemampuan Mengingat Ditinjau dari Gaya Belajar. Skripsi tidak diterbitkan, 5.
Zaini, dkk. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Insan Madani. Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v8i2.2433
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706
PRINCIPAL CONTACT
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
This journal indexed by