PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER BAGI PESERTA DIDIK DI ERA DIGITAL

Nelliraharti Nelliraharti, Rahmat Fajri, Fitriliana Fitriliana

Abstract


Menurunnya kualitas  moral dalam  kehidupan manusia dewasa ini terutama di kalangan peserta didik karena lemahnya pendidikan karakter baik di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Di era digital yang serba bebas dan terbuka  dimana arus informasi dapat diakses dari mana saja, maka pendidikan karakter menjadi penting diimplementasikan dalam kehidupan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pentingnya pendidikan karakter bagi peserta didik di era digital. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka (library research) yaitu penelitian yang objek kajiannya menggunakan data pustaka  berupa buku-buku dan jurnal sebagai sumber datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter (jujur, disiplin, kreatif, tanggung jawab, kerja keras, religius, dan lain-lain) sangat penting diajarkan dan diterapkan semenjak dini dalam kehidupan sehari-hari melalui metode pembiasaan, keteladanan, dan lain-lain agar peserta didik memiliki  kepribadian yang baik. Pendidikan karakter dapat dilaksanakan melalui pendidikan formal, informal dan non formal. Penguatan  pendidikan moral atau pendidikan karakter sangat penting diterapkan untuk mengatasi krisis moral yang melanda di negara kita

Kata Kunci : Pendidikan karakter, peserta didik, era digital

The decline in moral quality in human life today, especially among students, is due to weak character education in the family, school and the community. In this freedom and open digital era where the flow of information can be accessed from anywhere, character education is important to implement in life. The purpose of this research is to find out the importance of character education for students in the digital era. The research method was used is library research, namely research in which the object of study uses library data in the form of books and journals as the data source. The results of the study show that the values of character education (honesty, discipline, creativity, responsibility, hard work, religion, etc.) are very important to be taught and applied from an early age in everyday life through habituation, exemplary methods, and so on. other so that students have a good personality. Character education can be carried out through formal, informal and non-formal education. Strengthening moral education or character education is very important to be applied to overcome the moral crisis that has happened in our country.

Keywords: Character education, students, digital era


Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional (2003). Undang- Undang Republik Indonesia No 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas.

Hariyanto, M.S. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Kezia, Priscila Natalia. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 5 No 2.

Mulyasa, E. (2016). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta : Bumi Aksara.

Nelliraharti, Nurmalina. (2022). Manajemen Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di Era Revolusi Industri 4.0. Journal Of Education Science, Vol. 8 No 1.

Putri, D.P. (2018). Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Ar-Riayah : Jurnal Pendidikan Dasar, Vol.2 No.1.

Riberu, K. Arifin, I. Juharyanto. (2021). Urgensi Pendidikan Karakter di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Simposium Nasional Gagasan Keprofesian bagi Alumni AP, MP dan MPI dalam Menghadapi Tantangan di Era Global Abad




DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v9i1.2883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706

PRINCIPAL CONTACT

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda